Selamat, Kamu Diterima Kerja! Cetak E-mail
(1 vote)

Tak Semua Harus Jadi Wirausahawan

Selamat, Kamu Diterima Kerja!Terkait masih banyaknya pengangguran, gerakan kewirausahaan digalakkan. Tetapi, benarkah menjadi wirausaha (entrepreneur) adalah jalan keluar untuk para pengangguran? Jawabannya ya, tetapi tidak pada semua kasus.

Permasalahannya bukan terletak pada potensi wirausaha atau cara menjalankannya, tapi kenyataan tidak semua berkecenderungan, berkemampuan, dan berkarakter sebagai wirausahawan. Setiap orang lahir dengan kecerdasan berbeda-beda, sebagaimana dijelaskan Howard Gardner, penemu teori Multiple Intelligence, (hlm. 14). Buku ini hendak menyadarkan bahwa mencari pekerjaan tidak memalukan. Manusia selayaknya menyadari ada juga yang tidak memiliki kecerdasan sebagai wirausahawan. Pengangguran tidak akan selesai hanya dengan mengarahkannya menjadi wirausahawan.

Kalau semua begitu, keseimbangan dunia kerja bisa berantakan. Seorang wirausahawan tidak bisa mengurus keuangan, pemasaran, produksi, administrasi, dan lainnya seorang diri, (hlm. 16). Sesungguhnya begitu banyak perusahaan membutuhkan pencari kerja. Lowongan banyak, ratusan lamaran kerja terkirim, tetapi mengapa tetap saja ditolak?

Menurut Adhi Arisman, seorang motivator job seeker, lebih dari 75 persen surat lamaran kerja masuk mesin penghancur kertas sebelum dibuka. Kurang dari 25 persen dibuka. Para pelamar kerja perlu menyadari fakta tersebut, (hlm. 48). Itu karena pencari kerja kurang ilmu.

Surat lamaran kerja yang dibuat dengan susah payah bahkan tidak dibaca karena pelamar tidak mengetahui teknik mengemas dan cara mengirim yang benar. Surat lamaran kerja membosankan dan tidak menarik perhatian Human Resource Development (HRD). Mungkin ada yang bertanya, apa benar pihak perusahaan begitu tega menghancurkan surat lamaran kerja, padahal belum dibuka? Hal ini bisa dimaklumi mengingat banyaknya surat lamaran kerja, padahal yang dibutuhkan hanya satu atau beberapa pekerja. Mencari kerja tidak melulu bermodal percaya diri. Semua sudah tahu cara membuat surat lamaran.

Lebih penting, cerdas dan kreatif membuat surat lamaran kerja. Pelamar harus benar-benar membuat agar direspons perusahaan. Dalam membuat surat lamaran kerja tidak pernah ada aturan baku. Yang penting kreatif. Lamaran akan bernilai tambah bila ditulis dengan lebih powerfull, (hlm. 59). Dalam wawancara, perlu diperhatikan nada bicara dan bahasa tubuh. Menurut psikolog Albert Mehrabian, persentase pengaruhnya 10 persen, 40 persen, dan 50 persen.

Artinya, dalam wawancara kerja, penilaian tidak melulu dari kata-kata dalam menjawab pertanyaan, (hlm. 153). Buku ini perlu dibaca bagi para pelamar kerja. Jangan malu menjadi pencari kerja karena kemampuan dan kapasitas masih dibutuhkan dunia usaha. (Sutopo - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

, Asa Mulchias (2014), "Selamat, Kamu Diterima Kerja!", Laksana, 978-6022-791-11-9 : 216 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PANDUAN MENCARI PEKERJAAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29366405

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit