Hikayat Syahid Paling Wangi Cetak E-mail
(2 votes)

Kisah Heroik Para Syuhada Islam

Hikayat Syahid Paling WangiDalam wikipedia disebutkan bahwa dalam Islam, syahid/syuhada adalah muslim yang meninggal ketika berperang atau berjuang di jalan Allah membela kebenaran atau mempertahankan hak dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk menegakkan agama Allah. Siapa yang berjuang membela harta miliknya, jiwanya, keluarganya, agamanya, dan meninggal dalam perjuangannya itu, maka ia meninggal fi sabilillah atau mati syahid. Mati syahid merupakan cita-cita tertinggi umat Islam. Salah satu jalan menuju mati syahid adalah berjuang di jalan Allah.

Banyak sekali kemulian yang akan didapat para syuhada. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Nabi bersabda, “Bagi orang yang mati syahid ada 6 keistimewaan, yaitu diampuni dosanya sejak mulai pertama darahnya meluncur keluar, melihat tempatnya di dalam surga, dilindungi dari azab kubur dan terjamin keamanannya dari malapetaka besar, merasakan kemanisan iman, dikawinkan dengan bidadari, dan diperkenankan memberikan syafa’at bagi 70 orang kerabatnya".

Sayang, akhir-akhir ini jalan kematian yang mulia tersebut ternodai oleh aksi-aksi brutal yang mengatasnamakan agama. Mereka mengaku berjihat di jalan Tuhan tapi tak mengindahkan ajaran-ajaran-Nya. Mereka mendambakan mati sebagai syuhada tapi jalan yang ditempuh bukan berperang melawan musuh tapi malah dengan bunuh diri atau berperang melawan sesama orang Islam.

Oleh karena itu, ketika dalam situasi aman tanpa perang seperti sekarang, jihad yang bisa kita lakukan adalah jihad nafs, jihad melawan diri sendiri. Mesti tak ada darah tertumpah, menurut Nabi, jihad nafs merupakan tingkatan jihad tertingi. Ini bisa dimengerti karena bila seseorang yang bersemangat dalam beragama tapi tidak bisa menundukkan nafsu maka ia akan mudah terjebak pada terorisme seperti yang terjadi akhir-akhir ini. Mereka memimpikan mati syahid tapi yang terjadi malah mati sangit. Bukan sebagai pahlawan tapi sebagai pecundang.

Berita paling mutakhir adalah munculnya paham ISIS di Indonesia. Paham radikal ini selalu menampilkan jihad sebagai sebuah pemikat. Namun pada kenyataanya itu semua hanya sebagai siasat mengeruk pengikut demi tercapainya tujuan yang sangat berbau politik. Sayangnya, banyak generasi muda kita yang kepincut pada wajah “jihad” buatan mereka.

Melihat fakta pahit itulah buku ini menjadi sangat penting dibaca khususnya oleh para generasi muda. Di dalamnya akan dikisahkan beberapa tokoh besar Islam yang akhirnya meninggal sebagai syuhada. Dengan menelaah sejarah hidup dan perjuangan mereka pembaca akan tahu perbedaan jihat sejati dengan “jihad” versi para teroris.

Sejarah Islam mencatat, orang pertama yang mati sahid adalah Sumayah binti Hayyat. Ia adalah seorang budak yang bekerja pada salah satu petinggi Quraisy, Abu Huzaifah bin Al-Mughirah. Meski hanya seorang budak, wanita itu memiliki akhlaq yang mulia.

Pada saat mendengar Islam dari anaknya yang telah memeluk Islam terlebih dulu, Sumayah tertarik dan langsung masuk Islam. Awalnya ia menyembunyikan keislamannya. Setelah kaum Quraisy mengetahuinya Sumayah pun harus menerima beragam teror dan siksaan. Mereka menghendaki agar ia melepaskan keyakinanya. Adalah Abu Jahal yang senantiasa melancarkan siksaan dan cemoohan. Menghadapi itu Sumayah tetap sabar. Dalam buku Nisaa min Ashri an-Nubuwwah, Syekh Ahmad Khalili menjelaskah bahwa dalam perkembangan sejarah Islam, tidak ada seorang wanita pun yang memiliki kesabaran seperti Sumayah.

Merasa putus asa menghadapi keteguhan, ketegaran, dan kesabaran Sumayah, kaum Quraisy pun akhirnya membunuhnya. Mereka menghujamkan tombak ke arah kemaluannya. Ia pun menjadi syahidah pertama. Kerasnya ancaman dan siksaan kaum Quraisy menyebankan suami Sumayah juga terbunuh (hal.15-19)

Ammar anak Sumayah juga mati sahid. Ia termasuk sahabat yang sangat taat. Apa pun yang diucapkan Nabi selalu ia jalankan, tak terkecuali berjihad. Bahkan setelah Nabi wafat ia tetap gigih berjihad. Salah satu bukti kegigihannya adalah ketika ia berada di perang Yamamah. Pada saat itu pasukan Islam porak-poranda. Banyak yang melarikan diri. Tapi tidak pada Ammar. Mesti dalam keadaan terluka dimana kupingnya hampir putus, ia tetap teguh dan terus membakar semangat para sahabat hingga mereka kembali berkumpul dan memetik kemenangan.

Kegigihannya juga terlihat ketika perang Shiffin. Dalam peran inilah Ammar terbunuh. Namun sebetulnya, ia sudah tahu kalau ia akan tebunuh karena semasa Nabi masih hidup ia pernah menerima berita ia dari beliau (hal.134-141)

 Dalam buku ini masih banyak kisah perjuangan dari para pejuang Islam lainnya yang patut diteladani oleh generasi muda yang merindukan mati sebagai syuhada. (Moh. Romadlon)

 

 

Judul 

: Hikayat Syahid Paling Wangi

Penulis

: AF. Rozi

Penerbit 

: Sabil

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam - Syahid

Tebal

: 212 Halaman 

ISBN

: 978-6022-557-23-4

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29367229

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit