Pondok Mertua Indah; 101 Cara Hidup Bahagia Bersama Mertua Cetak E-mail
(1 vote)

Strategi agar Betah Tinggal di Rumah Mertua

Pondok Mertua Indah; 101 Cara Hidup Bahagia Bersama MertuaMenikah bukan hanya bersatunya lahir dan batin seorang pria dan wanita secara sah, tetapi juga mempertemukan keluarga besar kedua belah pihak. Hal itu tentu memerlukan proses penyesuaian diri dari semua pihak. Toleransi yang lebih besar dibutuhkan apabila pasangan tinggal serumah dengan keluarga salah satu pihak, suami maupun istri. Buku ini memberi pegangan agar betah tinggal bersama mertua.

Buku ini penting karena sering terdengar percekcokan keluarga baru yang harus menumpang di rumah mertua. Belum banyak buku inspirasional yang mengangkat tema demikian. Padahal banyak masalah hubungan mertua-menantu yang tinggal serumah. Sering dilupakan banyak pasangan bahwa, setelah menikah, mertua berarti sama dengan orang tua baru. Mereka bukan musuh yang tidak perlu dihormati (halaman 2 dan 3).

Mindset negatif tentang mertua mirip. Mertua dianggap selalu ingin tahu dan mau mengatur. Maka, tinggal bersama mertua sering menyiksa batin. Namun, ada juga keluarga baru yang nyaman dan enak tinggal bersama mertua. Harus tinggal bersama mertua tidak hanya karena belum mampu membeli rumah sendiri, namun bisa juga karena kondisi mertua yang sudah terlalu sepuh atau sakit untuk ditinggalkan. Bisa juga karena mertua sendiri yang menginginkannya. Suami atau istri merupakan anak satu-satunya. Mereka ingin selalu berkumpul dan banyak sebab lain. Meski demikian, apa pun penyebabnya, jika tinggal di rumah mertua, sudah menjadi kesepakatan berdua ada baiknya niat diluruskan.

Tinggal di rumah mertua juga bisa karena ingin menghormati, berbakti, dan berbuat baik kepada mereka (halaman 17). Jadi, bukan karena keterpaksaan yang menyiksa. Tinggal bersama mertua yang lebih berpengalaman dalam hidup rumah tangga tentu akan memberi banyak pelajaran dan ketenangan. Bagi mereka yang baru menikah, tinggal bersama mertua akan membuat interaksi dengan anggota keluarga lain sehingga bisa mengenal lebih banyak.

Dari situ mereka bisa saling akrab dan berbagai kerja sama bisa lebih cepat terjalin. Namun, jangan sampai membuat keluarga penumpang menjadi manja dan bergantung pada mertua. Mertua juga manusia biasa yang punya berbagai karakter. Kadang bisa klop dengan menantu, tapi juga sering berbanding terbalik. Ingat saja bahwa setiap orang tak hanya memiliki keburukan, namun juga kebaikan. Terima dan cintai mereka dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Bab dua buku ini akan mengurai 25 ilustrasi peristiwa yang mungkin terjadi dalam kehidupan menantu di rumah mertua. Mulai dari keterasingan sebagai "pendatang baru", belum adanya anak setelah beberapa lama menikah, ganti-ganti pekerjaan, beban ekonomi, bahkan saat mertua tidak cukup merestui atau berbeda keyakinan.

Gambaran itu cukup lengkap untuk mewakili berbagai kasus yang banyak terjadi di masyarakat. Kondisi-kondisi yang rawan konflik ini dipaparkan dari sudut pandang menantu pria dan wanita. Problem-problem disampaikan dengan gaya bahasa sederhana, mudah dicerna, namun penuh dengan solusi yang mengena.

Kesimpulan yang bisa diambil dalam menghadapi kehidupan dengan mertua, sangat diperlukan kesabaran. Ia akan berbuah manis pada saatnya nanti. Melarikan diri jika terjadi masalah atau konflik bukan jalan keluar.

"Menikmati kebersamaan dengan mertua menjadikan orang lebih bijak, hebat, kuat, serta membuat hubungan semakin erat. Rasa cinta pasangan akan tambah hangat," (halaman 137). (Anindita Arsanti - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul 

: Pondok Mertua Indah; 101 Cara Hidup Bahagia Bersama Mertua

Penulis

: Nunung Nurlaela

Penerbit 

: Gramedia Pustaka Utama

Tahun

: 2014

Genre 

: Pernikahan

Tebal

: 147 Halaman 

ISBN

: 978-6020-302-00-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PERNIKAHAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447769

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit