Mitos-Mitos dan Fakta-Fakta Seputar ASI Cetak E-mail
(1 vote)

ASI Eksklusif, Tanda Sayang Ibu untuk Anak

Mitos-Mitos dan Fakta-Fakta Seputar ASIAir Susu Ibu (ASI) adalah makanan bayi tiada tandingan. Tak ada makanan dan minuman lain yang lebih baik daripada ASI. Para ahli telah membuktikan bahwa kandungan gizi ASI terbaik bagi bayi. Bahkan, ASI dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan gizi bayi sampai usia enam bulan. Buku ini mengupas fakta tentang ASI sekaligus mengoreksi mitos-mitos keliru di masyarakat.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa anak yang diberi ASI eksklusif (memberi ASI saja sampai 6 bulan) memiliki tingkat intelijensi atau kecerdasan yang lebih tinggi daripada anak yang tidak mendapat ASI eksklusif. Pemberian ASI eksklusif juga membuat bayi sehat dan terhindar dari risiko berbagai penyakit baik ringan maupun berat.

Ketika sudah besar, anak akan mengalami beberapa keistimewaan, seperti meningkatnya kekebalan tubuh, menurunnya risiko penyakit kardiovaskuler, tercegahnya kanker pada anak, menurunnya diabetes melitus, tercegahnya infeksi dan alergi.

Jadi manfaat ASI bagi kesehatan dan kecerdasan bayi luar biasa. Realitasnya, masih banyak sekali bayi tidak mendapat ASI eksklusif. Ini terkait salah pandang tentang ASI yang malah menjurus mitos. Misalnya, mitos ASI pertama yang berwarna kekuningan (kolostrum) tidak baik bagi bayi sehingga perlu dibuang lebih dulu sebelum menyusui. Ingat, tidak boleh membuang ASI berwarna kekuningan tersebut! ASI pertama itu sangat baik bagi perkembangan imunitas bayi. Kolostrum adalah zat terbaik (hal. 46).

Kekeliruan lainnya, bayi diberi minuman lain seperti air dan teh sebelum diberi ASI. Ada pula bayi yang belum genap empat bulan sudah diberi makanan lain seperti pisang. Hal ini merupakan sebuah kesalahan yang patut dihindari. ASI eksklusif tidak perlu memberi makanan dan minuman lain kepada bayi sejak lahir sampai berusia 6 bulan.

Pada tahun 2002, WHO menyatakan bahwa ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Dengan demikian, ketentuan sebelumnya bahwa ASI eksklusif itu cukup 4 bulan sudah tidak berlaku lagi (hal. 53). Perlu diketahui, makanan padat tidak dapat diolah usus bayi sebelum usia 6 bulan.

Akibat pemberian pisang atau makanan padat, bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti diare (hal. 76). Mitos bahwa pisang dapat membersihkan usus bayi salah besar. Pisang justru dapat merusak usus bayi karena belum bisa mengolah makanan sampai usia 6 bulan (hal 78). Para ibu juga jangan mempercayai bahwa kombinasi ASI dan susu formula lebih baik bagi bayi (hal. 94).

Bahkan, mengganti dengan susu formula ketika menjumpai masalah ASI tidak keluar lancar bukanlan solusi. Sesungguhnya bayi masih memiliki daya tahan tubuh hingga 2x24 jam sejak kelahiran yang dibawa dari dalam kandungan. Justru yang harus dilakukan mengupayakan agar ASI keluar lancar (hal. 97).

Terkadang, seorang ibu memang harus memancing, misalnya dengan pemijatan, membersihkan puting, serta sering-sering menyusui bayi, meskipun ASI belum keluar. Kelancaran produsi ASI juga tergantung pada seberapa sering bayi menyusu atau seberapa sering puting payudara dihisap bayi.

Di samping itu, konsumsilah makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Ibu menyusui juga wajib menjaga kondisi psikologis diri (hal. 102-105).

Secara keseluruhan, ada 40 mitos yang coba dikoreksi. Buku ini mengajak kaum ibu yang baru melahirkan atau akan melahirkan tidak terjerumus ke mitos-mitos salah. Ibu harus sadar bahwa pemberian ASI, terutama eksklusif, sangat penting bagi tumbuh kembang anak yang optimal. Setiap ibu harus memberikan ASI eksklusif sebagai tanda sayang kepada bayi. (Heti Ergiana - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul 

: Mitos-Mitos dan Fakta-Fakta Seputar ASI

Penulis

: Rianti, A.Md.Keb

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan - ASI

Tebal

: 166 Halaman 

ISBN

: 978-6022-554-57-8

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225595

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit