Paus Fransiskus; Gereja yang Rendah Hati dan Melayani Cetak E-mail
(1 vote)

Paus Ajak Membumikan Gereja

Paus Fransiskus; Gereja yang Rendah Hati dan MelayaniDewasa ini, Gereja kerap kali mengalami stagnasi, seolah melangit dan tak menginjak Bumi. Gereja hanya mau menerima umat tanpa mau turun gunung. Padahal, di luar Gereja, banyak umat yang menanti sentuhan kasih Yesus melalui Gereja. Sayang, Gereja justru abai dengan kondisi tersebut. Kondisi jumud inilah yang ingin didekonstruksi Paus Fransiskus. Melalui buku ini, T Krispurwana Cahyadi SJ mewartakan kerja keras sang Paus dalam mendekatkan Gereja ke publik, baik sebelum maupun setelah menjadi Paus agar eksistensi Gereja benar-benar dirasakan umat. Paus Fransiskus terlahir dengan nama Jorge Bergoglio di Buenos Aires, Argentina, pada 17 Desember 1936.

Dia lahir dari keluarga menengah keturunan Italia dan memiliki lima saudara. Sejak kecil, Bergoglio terserang infeksi pernapasan sehingga harus menjalani hidup dengan satu paru-paru. Orang tua Bergoglio adalah seorang imigran asal Italia yang serius mempelajari teologi di Jerman (hal. 2). Bergoglio muda tersohor sebagai sosok yang cekatan, cerdas, dan berdedikasi tinggi di bidang pendidikan.

Dia menyelesaikan program sarjana di Universitas Katolik Buenos Aires pada 1960 dengan mengambil jurusan filsafat. Kemudian Bergoglio melanjutkan pendidikan ke jenjang master di bidang kimia di Universitas Buenos Aires. Sebagai pemimpin Katolik bagi umat di Argentina, Bergoglio telah melakukan banyak reformasi. Dia mampu menciptakan paroki baru, merestrukturisasi kantor administrasi, menjaga dengan baik seminari, dan memulai proyek baru kepastoran seperti komisi untuk keluarga. Selain itu, Bergoglio disebut menjadi mediator di hampir semua konflik sosial dan politik di Kota Buenos Aires (hal. 17).

Bergoglio juga dikenal sebagai penentang keras aborsi dan pernikahan sesama jenis. Sebuah media pernah mengabarkan bahwa Bergoglio menentang keras Pemerintah Argentina yang akan melegalkan aborsi. Kritik keras Bergoglio juga dialamatkan kepada pemerintahan Presiden Cristina Fernandez de Kirchner karena di tahun 2010 Argentina menjadi negara Amerika Latin pertama yang mengizinkan pernikahan sesama jenis. Melalui tangan dinginnya, Bergoglio mendorong umat Katolik untuk menentang legitimasi kebijakan tersebut.

Menurutnya, jika kebijakan itu diberlakukan dapat mencederai makna sebuah keluarga yang hakiki. Dalam kapasitasnya sebagai manusia sosial, Bergoglio dikenal sebagai pribadi ramah, rendah hati, dan peduli terhadap mereka yang kurang mampu. Bahkan, untuk menemui umatnya, tak jarang dia bepergian naik bus. Dia blusukan dari satu tempat ke tempat lain untuk berbagi harta dan nasihat kepada mereka yang membutuhkan. Baginya, daripada sekadar menunggu dan menerima, Gereja seharusnya mencoba keluar dari dirinya sendiri. Gereja harus turun gunung menemui umat yang tidak lagi berpartisipasi dalam kehidupan paroki. Karena sangat banyak umat yang tidak mengenal paroki dan bahkan tidak peduli terhadap paroki.

Jika Gereja masih berkukuh untuk berdiam diri, dia akan menjadi tua bangka tak diminati (hal. 27). Saat terpilih sebagai Paus, Bergoglio menggunakan gelar Fransiskus Asisi karena terinspirasi pengabdian orang kudus itu terhadap kaum miskin. Kepedulian Santo Fransiskus pada kaum miskin menjadi spiritnya dalam memimpin umat kristiani seluruh dunia. Paus Fransiskus menekankan supaya Gereja di dunia selalu menjadi tempat perlindungan bagi kaum papa dan mereka yang membutuhkan pertolongan.

Gereja sebagai rumah berpintu terbuka, tempat pengungsian bagi para pendosa, rumah bagi orangorang jalanan, tempat penuh kasih bagi orang-orang sakit, kemah bagi mudamudi, serta sebuah kelas untuk belajar. Maka, dia mengajak para pastor di dunia untuk mengikuti jejak Yesus melayani umat secara total dan siapa pun, tanpa pandang bulu (hal. 64).

(Abdullah Hanif - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul 

: Paus Fransiskus; Gereja yang Rendah Hati dan Melayani

Penulis

: T Krispurwana Cahyadi, SJ

Penerbit 

: Kanisius

Tahun

: 2014

Genre 

: Katolik

Tebal

: 64 Halaman 

ISBN

: 978-979-21-4053-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KATOLIK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203384

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit