Sang Rasul Terkasih Muhammad Saw. Cetak E-mail
(1 vote)

Menelaah Keagungan Kepribadian Rasulullah

Sang Rasul Terkasih Muhammad Saw.Empat belas abad silam, tepatnya 12 Rabiul Awwal atau 20 April 571 Masehi, seorang bayi teragung telah lahir ke muka bumi. Sejak itu pula sejarah terbesar dalam peradaban manusia dimulai. Sejak kelahiran hingga kematiannya, terangkai dalam rentetan episode yang mencengangkan akal dan pikiran. Sejak kemunculannya dalam pentas kehidupan, beliau mengerahkan seluruh kekuatan hidupnya untuk menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik. Beliau adalah “kekuatan alam” yang hadir untuk menaklukan ruang dan waktu. Bahkan merupakan “kekuatan ilahiyah” yang datang untuk mengembalikan ruh manusia pada garis edar semula, yakni beredar di sekeliling Allah yang maha Haq. Beliau adalah Muhammad bin Abdillah, penutup para Rasul, yang dengan cahayanya alam semesta ini ada. Pantaslah kiranya, bila semua umat Islam bahkan seluruh umat manusia bersuka cita memperingati kelahirannya.

Beliau begitu bercahaya, bahkan kondisi batinnya dapat dilihat dari fisiknya. Sejak kanak-kanak, remaja, dewasa, sampai didaulat menjadi Nabi dan Rasul, bahkan hingga wafatnya, ribuan pasang mata menjadi saksi keagungan kepribadiannya. Semua perkataanya adalah kebenaran yang memuat sebuah ajaran dan semua tingkah lakunya adalah teladan untuk semua orang. Tentu pengakuan tersebut menjadi wajar bila keluar dari orang Islam yang memang wajib percaya, namun menjadi luar biasa bila itu juga datang dari non-Islam.

Salah satunya Thomas Carlyle. Dalam buku On Heroes, Hero-Worship, and the Heroic in History, dia bahkan melontarkan sindiran kepada petinggi Gereja di Barat yang mengatakan Muhammad Saw pendusta: “Apakah kalian mengatakan Muhammad pendusta?! Seorang pendusta bahkan tidak akan bisa membangun sebuah rumah yang terbuat dari batu. Lalu, bagaimana gerangan dengan seseorang yang membangun dunia dari ajaran-ajaran, jiwa, dan hati?” (hal. 21). Kaisar Heraklius -meski tetap tidak berkenan masuk Islam- setelah mengetahui ciri dan kepribadian Muhammad dari Abu Sufyan langsung mengakui kalau Muhammad adalah benar-benar seorang Nabi (hal. 29). Masih banyak orang-orang besar yang notabene bukan orang Islam yang mengakui keagungan beliau, seperti Lamartine, seorang sastrawan Prancis, dan Rom Landau, ilmuwan di University of the Pacific, California, Amerika Serikat (hal. 41).

Semua itu menunjukkan bahwa Nabi Muhammad adalah manusia sejati yang dalam dakwahnya mengusung kebenaran. Beliau bukan menyamar menjadi Rasul, tetapi terdapat tanda-tanda kenabian yang lekat pada dirinya, dari sebelum hingga kelahirannya. Dan, rahasia tersembunyi di balik penghormatan yang dilancarkan oleh Muslim dan non-Muslim hanyalah interpretasi atas keagungan yang memenuhi ruang hati dan pikiran kita terhadap kebersahajaan, keagungan, dan pengaruh dari sosok terpercaya Rasulullah Saw. Selain itu, ajaran yang disampaikan beliau bersifat universal. Tampaknya pertolongan Allah -dengan mengutus Muhammad Saw- bertujuan untuk melebur berbagai syariat keagamaan yang berbeda-beda ke dalam satu ikatan janji. Semua itu dilakukan-Nya tak lain agar semua manusia melebur dalam satu persaudaraan universal (hal. 64).

Seperti yang sudah disinggung, keagungan Muhammad sudak tampak sejak kanak-kanak. Sikap dan akhlaqnya sudah terjaga. Salah satu bukti adalah keberanian beliau mengatakan pada kawan sebayanya, “Aku tidak tercipta untuk melakukan itu,” ketika diajak mencari hiburan yang melenakan. Kejadian lain, pada suatu malam ia pergi ke tempat hiburan, dimana orang-orang mengobrol dan begadang di sana. Belum juga sampai di tempat itu, beliau kecil justru tertidur pulas dan baru terbangun ketika tempat itu sudah kosong.

Dari situ bisa dilihat, bila dibandingkan dengan anak-anak lain, Muhammad tampak berbeda. Hidupnya sudah terprediksi bakal menjadi apa dan siapa kelak di masa mendatang. Allah telah mengaruniakan padanya watak yang luar biasa, kepribadian mulia, jiwa yang luhur, budi pekerti suci, dan hati nurani yang cemerlang. Semua itu membuat ia sangat dihormati dan dicintai oleh kaumnya. Bahkan, mereka menjulukinya As-Shadiq Al-Amin (jujur nan terpercaya) (hal. 90).

Sementara, pada masa remaja dan dewasa, kita bisa menyaksikan proses transformasi kehidupan yang suci, yang luar biasa, dan agung. Seperti yang diakui oleh Thomas Carlyle bahwa kedatangannya telah membawa perubahan besar dari zaman kegelapan menuju zaman yang benderang.

Masih banyak lagi butir-butir keagungan Rasulullah yang begitu kemilau, yang diuntai penulis dalam buku ini. Sebuah buku yang patut ditelaah oleh semua umat saat memperingati kelahiran Muhammad Saw. (Moh. Romadlon)

 

 

Judul 

: Sang Rasul Terkasih Muhammad Saw.

Penulis

: Khalid Muhammad Khalid

Penerbit 

: Mizania

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam - Rasulullah

Tebal

: 172 Halaman 

ISBN

: 978-6029-255-85-0

 


 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM - RASULULLAH

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447780

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit