Duit Ngalir dengan Agrobisnis Cetak E-mail
(2 votes)

Meraih Kesejahteraan lewat Agrobisnis

Duit Ngalir dengan AgrobisnisBermacam cara meningkatkan kesejahteraan. Masyarakat perlu menyadari potensi di sekeliling. Indonesia menyimpan banyak sumber kekayaan, salah satunya  agrobisnis. Usaha ini bisa menunjang pendapatan finansial jika dikelola secara cerdas. Buku ini mengajak pembaca menyelami usaha agrobisnis.

Bisnis ini  terdiri dari peternakan dan budi daya. Semua mudah dijalankan. Harus ada persiapan matang dan perencanaan. Dengan riset dan wawancara peternak di berbagai daerah, penulis menyajikan prospek (peluang), kiat sukses, kebutuhan modal, dan manajemen setiap usaha agrobisnis.

Sebelum memutuskan memulai, perlu menentukan jenis  agrobisnis, misalnya,  peternakan  sapi limosin, sapi brahman, sapi potong, kambing etawa, domba, ayam serama, ayam ketawa, ayam kampung super, ayam arab, kucing anggora, kucing persia, burung murai batu, burung kenari, burung cucak hijau, bebek petelur, kelinci hias, dan kelinci potong.

Peternakan sapi, misalnya, prospeknya menjanjikan, apalagi Indonesia masih impor daging sapi. Bambang Suprapto, peternak sapi limosin asal Pati, Jawa Tengah, mengaku setiap bulan menerima pesanan sekitar 11–16 ekor. Namun, dia hanya bisa memenuhi 5–6 karena keterbatasan stok, (hlm. 20–21). Marjuki Sulaiman, peternak sapi brahman asal Kudus, juga mengatakan banyak yang membutuhkan kulit dan daging sapi brahman, (hlm. 26–27).

Peternakan ayam ketawa juga prospektif. Jenis ayam yang kokoknya mirip orang tertawa ini semakin digandrungi. Haji Amin asal Subang bisa menjual sampai lebih dari 30 ekor dengan harga sekitar 200.000 rupiah per ekor, (hlm. 50).

Bisa juga budi daya jamur tiram, semangka manis tanpa biji, pisang ambon, dan sebagainya. Prospek usaha budi daya mangga arum manis tetap menjanjikan, meski sudah banyak. Buah ini sudah masuk dalam kategori ekspor, (hlm. 171–172).

Bisnis sesuai dengan hobi agar lebih enjoy menjalankan. Bisnis apa pun, modal usaha juga penting dalam menjalankan agrobisnis. Modal yang dimaksud di sini tidak hanya uang, melainkan juga keahlian, semangat, dan ilmu. Jangan hanya bermodal uang.

Harus menentukan konsumen yang akan menjadi target. Ini dapat dilihat dari minat, selera atau kesukaan konsumen. Semakin banyak konsumen yang menjadi target, menunjukkan bahwa usaha mempunyai prospek.

Perlu diketahui, tidak semua lokasi cocok untuk menjalankan usaha agrobisnis. Untuk itu, pilihlah lokasi yang betul-betul mendukung. Lokasi selain sebagai tempat ternak atau budi daya, juga sebagai  area pemasaran. Misalnya, ingin menjalankan budi daya ikan gurameh, lokasinya dekat persawahan atau sungai kecil. Bila ternak sapi brahman, usahanya di dataran cukup tinggi yang masih hijau.

Buku ini tidak sekadar teori, tetapi juga berdasarkan pengalaman riil penulis. Setelah merintis 7 tahun, ternak sapi limosin dan budi daya durian montong Ratih Setyawati sangat sukses. Agrobisnis bisa dilakukan setiap orang guna meningkatkan kesejahteraan finansial. (Armawati - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul 

: Duit Ngalir dengan Agrobisnis

Penulis

: Ratih Setyawati

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Agrobisnis

Tebal

: 252 Halaman 

ISBN

: 978-6022-554-75-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447849

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit