7 kesalahan Fatal Pengusaha Pemula Cetak E-mail
(2 votes)

Perlu Mental yang Tangguh untuk Memulai Usaha

7 kesalahan Fatal Pengusaha PemulaBanyak yang ingin menjadi pengusaha agar bisa bebas waktu dan uang. Sayang menjadi pengusaha sulit, jangan asal action atau hanya ikut-ikutan. “Menjadi pengusaha adalah pilihan, bukan pelarian, apalagi balas dendam” (hal 43). Fakta di lapangan, 50 persen bisnis bangkrut pada tahun pertama, 80 persen tahun ke-5, dan 96 persen tahun ke-10 (hal. 40).

Membangun bisnis yang bisa bertahan dalam jangka panjang dan sukses membutuhkan mental untuk action diikuti strategi pemasaran, operasional, keuangan, dan sumber daya manusia yang andal. Dalam buku ini dikisahkan kiat sukses penulis agar pengusaha pemula tidak jatuh pada lubang yang sama.

Kesalahan pengusaha, antara lain asal action, ikut-ikutan, gampang percaya, ingin cepat, banyak gaya, suka utang, dan buta finansial. Banyak pebisnis tidak sabar dan ingin cepat kaya. Akhirnya mereka tidak mau mengikuti proses, padahal menjadi pengusaha butuh proses bertahap. Dalam dunia bisnis tak ada yang instan atau jalan pintas. Semua harus sesuai aturan dan satu demi satu diselesaikan. Tak bisa dicapai hanya dalam hitungan bulan.

“Segala sesuatu yang diraih dengan cepat akan berakhir cepat pula” (hal. 58). Saat pertama kali bisnis, sebaiknya dia terjun langsung ke lapangan agar tahu seluk beluknya sehingga ketika membuat sistem akan mudah karena sudah merasakan. Kesalahan para pengusaha pemula biasanya ingin segera merekrut karyawan dan segala tugas diserahkan kepadanya.

Memang berbisnis merupakan aktivitas mencari harta, namun bila keinginan tersebut menggebu-gebu tanpa kesabaran akan buruk hasilnya. Saat mengalami masa paceklik dibutuhkan kesabaran mengelolanya (hal. 60).

Kesalahan pengusaha pemula yang sering terjadi mendahulukan gaya menggunakan uang perusahaan. Karena merasa sukses dia mengubah gaya hidup: segera membeli mobil dan rumah agar kelihatan kaya dan sukses. Sayang, uang yang digunakan untuk membeli kemewahan adalah milik perusahaan.

Kesalahan lainnya, dia buta finansial. Ciri-cirinya: salah mendefinisikan uang, tidak memiliki definisi yang jelas tentang bebas finansial, tidak paham istilah keuangan, tidak bisa membuat laporan keuangan, mencampuradukkan keuangan pribadi dan bisnis. Dia salah mengelola aset dan kewajiban. Dia salah pikiran tentang omzet dan tidak paham pentingnya cashflow (hal. 99).

Salah satu alasan utama orang ingin menjadi pengusaha karena ingin mencapai kebebasan finansial. Kalau menjadi karyawan, penghasilan tidak sebanding dengan keringat yang dikeluarkan. Tapi jika menjadi pengusaha berpeluang untuk mencapai kebebasan finansial, walaupun pada kenyataannya banyak juga yang bangkrut.

Orang dapat dikatakan bebas secara finansial bila usahanya berjalan baik walau dia tidak di tempat usaha tersebut. Orang bebas keuangan berarti tidak masalah dengan uang, pengeluaran berapa pun tidak masalah. Namun, untuk mencapai kondisi tersebut jelas tidak mudah, perlu perjuangan, dan pantang menyerah (hal. 102).

Bebas finansial tak mungkin bisa tercapai jika orang hanya coba-coba dalam bisnis. Bebas finansial hanya bisa dicapai dengan kerja keras, cerdas, tuntas, dan pantang mundur. Buku ini bagus bagi mereka yang mau mulai membuka usaha atau sudah berjalan guna mencegah kebangkrutan. (Yati Nurhayati - sumber: www.koran-jakarta.com)
 


 

Judul 

: 7 kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Penulis

: Dewa Eka Prayoga

Penerbit 

: Delta Saputra

Tahun

: 2014

Genre 

: Motivasi - Bisnis

Tebal

: 144 Halaman 

ISBN

: 978-6029-999-91-4

 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI - BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27612960

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit