Young On Top - New Edition; 35 Kunci Sukses di Usia Muda Cetak E-mail
(1 vote)

Kiat Meraih Sukses di Usia Muda

Young On Top - New Edition; 35 Kunci Sukses di Usia MudaSukses adalah impian semua manusia, terlebih bila itu tiba saat usia masih muda. Membanggakan. Namun faktanya tidak banyak orang yang mampu mewujudkan impian tersebut. Dari jutaan orang yang sudah atau pun akan memasuki dunia kerja, hanya 2% yang benar-benar bisa dikatakan sukses. Selebihnya belum atau bahkan tidak, padahal mereka sama dengan yang 2%; ingin sukses!

Fakta ini yang mengusik seorang Billy Boen, pengusaha muda yang telah berhasil memimpin 3 perusahaan besar sekaligus, untuk menyusun buku ini. Lewat buku ini ia membagikan pengalaman sekaligus mengungkap rahasia meraih kesuksesan lebih cepat dan tahan lama; yang akan menghantarkan seseorang berada di puncak karier di usia muda. Dalam buku edisi baru ini, Billy menambahkan hal-hal yang telah ia shared di buku yang serupa pada edisi lama. Ia coba memberikan semua “tools” yang dibutuhkan untuk bisa berada dipucak karier.

Rahasia kesuksesan pertama-tama adalah mencintai pekerjaan. Hidup itu penuh pilihan dan ketika seseorang dipaksa mengerjakan sesuatu yang tidak disukai maka sulit sekali baginya untuk bisa mencapai hasil terbaik. Sebaliknya, akan sangat mudah melakukan hal terbaik bila semua didasarkan rasa cinta karena ia akan berusaha dengan kemampuan yang maksimal. Hal ini lantaran ketika seseorang telah melakukan sesuatu berdasar cinta, passion akan hadir dalam diri. Ketika passion telah hadir, kegagalan bukan sebuah akhir tapi merupakan awal dari keberhasilan.

Mencari dan mengetahui suatu jenis pekerjaan yang kita sukai merupakan kunci terpenting pembuka kesuksesan. Maka, ketika kita telah terjebak dalam sebuah pekerjaan yang sebetulnya tidak disukai hanya ada dua pilihan; meninggalkannya atau tetap bertahan dan belajar untuk mencintai apa yang dilakukannya. (hal. 9)

Rahasia berikutnya adalah memiliki integritas. Untuk sukses di pekerjaan, seseorang harus menyadari bahwa selain mengincar uang, ada hal penting lainnya, yaitu menjaga nama baik, image, reputasi. Ada banyak cara untuk menjaga integritas salah satunya adalah senantiasa menyelaraskan perbuatan dengan ucapannya dan setiap hal yang diyakini benar. Selain itu, harus selalu berlaku jujur, sebab integritas tidak bisa lepas dari kejujuran. Di dunia kerja, tingkat kejujuran seseorang berjalan seiring dengan tingkat profesionalisme orang tersebut. Hal itu mendorongnya untuk “naik ke atas” dan akhirnya menikmati arti kesuksesan yang sesungguhnya. (hal. 24)

Pantang menyerah juga salah satu sikap penentu kesuksesan. Jalan meraih sukses bukan “jalan bebas hambatan” melainkan jalan bebatuan yang berliku dan berlubang. Sebesar apa pun impian seseorang bila tidak dibarengi sikap pantang menyerah untuk mewujudkannya maka tidak akan berarti apa-apa. Rintangan-rintangan itu memang terkadang akan memperlambat atau bahkan menghentikan langkah kita. Ketika itu terjadi, semua kembali pada diri sendiri. Kitalah pilotnya. Kita yang mengendalikan diri kita, bukan orang lain. Berhasil atau tidak seutuhnya di tangan kita! Kegagalan hanya sebuah kerikil kecil bagi mereka yang memiliki impian besar dan hasrat kuat untuk mewujudukannya. (hal. 59)

Selain sikap pantang menyerah, senantiasa berpikir positif adalah kekuatan maha dahsyat untuk meruntuhkan beragam kendala dan penghalang menuju kesuksesan. Sebab, dengan berpikir positif, seseorang akan selalu menemukan jalan keluar yang sebelumnya terlihat mustahil. Berpikir positif juga akan memperluas pikiran terutama saat menghadapi situasi sulit. Perlu diingat, berpikir positif setiap waktu tidaklah terjadi dengan sendirinya. Latihan dan pendisiplinan diri harus dilakukan sebelum hal itu menjadi bagian hidup. Bila telah berhasil hidup pun menjadi selalu indah, karena pikiran positi akan mendatangkan hal-hal positif (hal. 91-98).

Dukungan dari orang-orang di sekitar kita juga memiliki peran penting bagi sebuah kesuksesan. Sehebat apa pun seseorang tidak akan bisa lepas dari pertolongan orang lain. Di buku Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki bilang bahwa ia tidak memilih teman berdasarkan kekayaannya. Dia selalu belajar dari mereka semua. Semakin banyak teman, semakin terbuka peluang menuju sukses. Dari berbagai teman yang kita miliki, terdapat beribu kesempatan yang akan ‘datang” kepada kita.

Berteman itu penting. Di tempat kerja, dengan banyak teman kita akan mampu melakukan sesuatu dengan lebih baik. Kita akan mendapatkan banyak pertolongan dari teman-teman kita. Di dunia bisnis, berteman dapat meluaskan jaringan, mitra, ataupun konsumen. Maka, jangan sekali-kali membatasi pertemanan karena kita tidak tahu manfaatnya kelak. (hal. 118-126).

Tentu masih banyak rahasia lainnya yang dikupas tandas dalam buku ini, seperti memiliki impian besar, senantiasa berpikir terbuka dan kreatif, bekerja cepat nan cermat. Dari semua rahasia itu, yang perlu dicatat bahwa tidak ada jalan tercepat meraih kesuksesan selain kemauan tinggi untuk sukses! (Moh. Romadlon)
 
 
, Billy Boen (2014), "Young On Top - New Edition; 35 Kunci Sukses di Usia Muda", B-First, 978-6028-864-67-1: 228 Halaman. 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI - SUKSES

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225518

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit