Hoppipolla Cetak E-mail
(1 vote)

Untuk Mereka yang Gemar Cerita Misteri

HoppipollaKumpulan cerita pendek (cerpen) Hoppipolla memuat 12 judul dari para penulis yang berbeda. Cerita-ceritanya penuh keajaiban. Dalam cerita Hoppipolla dikisahkan seorang pemuda yang mengalami kejadian aneh di dalam mimpi.

Pria itu bermimpi tentang ikan mas koki. Ketika dia terjaga, ikan tersebut benar-benar ada di antara kelompok mahasiswa. Persisnya ikan berada dekat seorang gadis berambut bergelombang, tapi tak menyadarinya (hal. 7).

Kemudian di dalam cerpen Tangan Penyembuh dikisahkan seorang gadis yang mengalami kecelakaan. Dalam kondisi tidak sadar, dia merasakan usapan lembut di keningnya. Bahkan, tangan tersebut menyeka air mata yang membasahi pipi. Sentuhan itu lembut, dingin, dan harum. Dia menyadari bahwa usapan tersebut pernah terjadi (hal. 28).

Sementara itu, cerpen Tembok Misterius menggambarkan betapa hidup terkadang dipenuhi hal-hal misterius. Misalnya, sebuah tembok bisa ditembus seorang manusia begitu saja. Tokoh dalam cerpen ini, Romi, dengan bersusah payah berhasil melompati tembok tersebut. Ada sebuah kekuatan besar mengadang sebelum akhirnya dia terlempar ke desa, tempat bertemu seorang pria.

Jelaslah pria ini tidak percaya pernyataan Romi, berasal dari sebuah desa tanpa nama yang dikurung gunung, sungai, dan tembok (hal. 104-106). Cerita lain yang cukup memesona adalah Titisan Khidir yang menceritakan Nila (bukan nama sebenarnya) dengan kemampuan di atas rata-rata sehingga dianggap sebagai indigo.

Anak indigo dianggap memancarkan aura mistis dengan spektrum warna nila, paduan biru dan ungu (hal. 120). Begitulah, dia akhirnya dinamai Nila. Meskipun tampak sebagai nama perempuan, Nila itu laki-laki (hal. 119). Pada usia empat belas tahun, Nila sudah lulus SMA karena sering lompat kelas. Kemampuannya di atas anakanak seusianya.

Cerpen lain adalah Karnaval Cinta, Watu Loreng, Mimbar Tua Baiturrahim, Sang Pelopor, Tumbal, Selendang Ungu Negeri Trawang Jagad, Beruang di Mimpiku, dan Sayrah Tujuh Ruh dalam Raga Satu. Dari berbagai cerpen tersebut dapat disimpulkan bahwa para penulis memiliki imajinasi luas. Di samping itu, kisah sehari-hari pun tetap menarik dikemas menjadi bahan tulisan dengan sudut pandang lain, unik, dan belum pernah dijadikan cerita.

Namun, meskipun demikian, saya cukup menyayangkan bahwa penulis-penulis dalam buku ini masih terkungkung dalam ikatan tema “magis” sehingga memiliki kecenderungan yang dihubungkan dengan hal-hal yang bersifat mistis. Ini menimbulkan kesan bahwa cerita tidak jauh berbeda dengan cerita horor yang dan menyeramkan.

Apalagi beberapa di antaranya menyebut jin, kesurupan, dan sebagainya. Namun begitu, kumpulan cerpen ini tetap dapat menjadi bacaan alternatif saat pembaca didera rasa bosan menghadapi berbagai problem realitas yang cenderung menjemukan. (Fina Lanahdiana - sumber: www.koran-jakarta.com)
 
 
, Dedek Fidelis Sinabuntar, dkk. (2014), "Hoppipolla", Deka Publishing, 976-6027-195-43-5: 133 Halaman. 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KUMPULAN CERITA PENDEK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225527

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit