Mellow Yellow Drama Cetak E-mail
(1 vote)

Upaya Seorang Jenius Mencintai Tanah Air

Mellow Yellow DramaAudrey Yu Jia Hui adalah seorang gadis jenius asal Surabaya yang cinta Tanah Air. Namun, seperti dipaparkan dalam buku, kejeniusan dan kecintaannya pada negara malah berdampak dilematis. Cintanya tidak direspons atau didukungan orang-orang sekitar, termasuk kedua orang tuanya. Suatu kali, seseorang berkata kepadanya, “Walaupun kamu pintar, tetap bukan orang Indonesia asli. Negara ini milik orang-orang seperti aku,” (halaman 60).

Padahal, Audrey berpikir bahwa orang sepertinya, dengan prestasi bagus dan cinta negara, bisa berkontribusi pada ibu pertiwi. Dengan kata lain, cintanya pada tanah air bertepuk sebelah tangan.

Dia lantas berpikir, andai mampu berprestasi tinggi di negeri adidaya, mungkin orang Indonesia akan memperhitungkan cinta tanah airnya. Dia yakin setelah lulus kuliah dari Amerika Serikat (AS), orang tua, kerabat, dan teman-temannya di Tanah Air akan mendukung cintanya pada Indonesia (halaman 68).

Audrey ingin membuktikan kesungguhan cintanya pada Indonesia dengan tekun belajar di negeri orang. Upayanya membuahkan hasil gemilang. Saat usia 16, ia lulus S-1 fisika dengan predikat summa cum laude dari salah satu universitas terbaik di AS.

Sayang, saat pulang ke Tanah Air, ternyata dia justru menghadapi berbagai konflik, terutama dengan orang tuanya. Harapan ayah dan ibu bertolak belakang dengan cita-citanya. Audrey sakit hati dan sangat kecewa. Kesehatannya menurun karena kehilangan semangat hidup. Meski sudah periksa dan menjalani terapi ke beberapa dokter Surabaya dan Singapura, kondisinya tidak membaik. Padahal tes darah X-ray menunjukkan tidak ada virus apa pun (halaman 117).

Audrey menggambarkan secara menarik masalah yang dihadapinya sebagai anak jenius. Menurutnya, orang tua dengan anak berbakat ibarat punya pesawat terbang supersonik canggih. Bila rusak, tidak tersedia bengkel yang bisa memperbaiki. Dengan demikian, ketika seorang anak jenius membutuhkan bantuan, sulit mendapatkannya.

Sebaliknya, orang tua dengan anak “biasa-biasa saja” bagaikan memiliki sepeda yang mudah diatasi bila rusak. Ungkapan Audrey merupakan masukan bagi orang tua yang memiliki anak jenius agar bisa memahami kesulitannya.

Untunglah, dalam kondisi yang dilematis, gadis ini bertemu dr. Zhang yang memahami cara berpikir dan cita-citanya. Bahkan, Zhang yakin Audrey mampu mewujudkan cita-citanya (halaman 122). Persahabatan ini membuat keadaan Audrey membaik.

Audrey prihatin melihat kondisi Indonesia. Masyarakatnya beragama dan rajin beribadah, tapi banyak praktik hidup tidak sesuai dengan ajaran agama, dan tidak sesuai juga dengan prinsip Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika (halaman 135). Selain itu, dia sedih melihat orang Tionghoa Indonesia bagai permadani indah, gemerlap, dan elok, mendadak robek tercabik-cabik (halaman 141).

Akibatnya, mereka tetap “buruk rupa”, lupa sejarah, dan tak sadar identitas. Dalam buku ini, Audrey menuturkan opini dan cita-cita berbakti pada negara dengan segenap kemampuannya. Di dalamnya, juga diselipkan sejumlah kebijaksanaan Confusius yang menginspirasinya untuk bangkit (halaman 161). Melalui karya ini, pembaca bisa merasakan patriotisme seorang anak jenius serta masalahnya. (Yulia Endang Wahyuningsih - sumber: www.koran-jakarta.com)
 
 
 

Judul 

: Mellow Yellow Drama

Penulis

: Audrey Yu Jia Hui

Penerbit 

: Bentang Pustaka

Tahun

: 2014

Genre 

: Memoar

Tebal

: 242 Halaman 

ISBN

: 978-6022-910-32-9

 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MEMOAR

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236836

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit