Stay Woles and You are Great! Cetak E-mail
(4 votes)

Gapai Sukses dengan Ikhtiar, Doa, dan Tawakal

Stay Woles and You are Great!Banyak jalan terbentang lebar yang dapat ditempuh seseorang untuk menggapai kesuksesan. Namun, dari semua jalan tersebut, ada tiga hal paling mendasar yang menjadi penentu sebuah kesuksesan, yaitu; ikhtiar, doa, dan tawakal. Tanpa ikhtiar (usaha) pantang menyerah, tentu ia tak akan bisa menggapai impian dalam hidupnya. Setelah berikhtiar secara maksimal, iringilah dengan doa, memohon kepada Allah agar dipermudah jalan menuju sukses. Lalu setelah itu, baru bertawakal, memasrahkan semua persoalan kepada-Nya. Inilah konsep sukses yang sebenarnya.

Berbicara tentang kesuksesan, tentu setiap orang di dunia ini menginginkan hidupnya diwarnai dengan kesuksesan dan kebahagiaan. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang dapat meraih apa yang dicita-citakannya. Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah; mengapa sih, di dunia ini lebih banyak orang yang gagal ketimbang orang yang sukses?

Bila ditelusuri, ternyata ada tiga tipe manusia. Pertama, orang yang hanya bermodalkan mimpi tapi ia merasa malas dengan proses yang harus dilaluinya. Kedua, memiliki mimpi dan telah berjuang melewati proses menuju sukses, namun di tengah perjalanan ia memilih menyerah karena tak kuasa mendengar omongan miring dari orang lain yang menggembosinya. Ketiga, orang yang berusaha sekuat tenaga menggapai mimpi, pantang menyerah dan cuek dengan omongan orang yang berusaha menggembosi mimpinya (hal 151).

Dari ketiga tipe manusia tersebut, tipe terakhir adalah yang pada umumnya berhasil menggapai sukses dan kemuliaan dalam hidupnya. Benar apa yang pernah dikatakan Imam Syafi’i, bahwa kemuliaan itu diraih berdasarkan ukuran kerja keras. Barang siapa mengharapkan kemuliaan tanpa kerja keras, maka sesungguhnya ia hanya menghabiskan usianya untuk meraih sesuatu yang mustahil.

Masa lalu yang kelam, terkadang menghambat seseorang untuk berpikir positif menghadapi masa depan. Padahal, sebenarnya masa lalu tidak bisa dijadikan sebagai dalih untuk menggapai sukses. Bukankah ciri-ciri ‘orang hebat’ adalah mereka yang mampu bangkit dari keterpurukan masa lalunya? (hal 81)

Segala hal yang pernah dialami pada masa lalu, seyogianya dijadikan sebagai tolak ukur atau proses pembelajaran untuk melangkah menjadi orang sukses di kemudian hari. Bukankah hari kemarin telah berlalu, dan hari yang tengah dilalui ini merupakan ‘hari baru’ yang masih penuh dengan teka-teki? Nah, tugas setiap orang adalah mengisi teka-teki tersebut. Kerahkan segala ikhtiar dengan maksimal untuk merengkuh segala impian, seraya memperbanyak amal ibadah sebagai bekal untuk menggapai kesuksesan abadi di akhirat kelak.

Putus asa memang terkadang menghantui pikiran setiap manusia. Ketika sederet persoalan dan ujian menyambangi kehidupan, tak jarang kita ingin menyerah saja alias berputus asa. Padahal, putus asa merupakan hal yang sangat dibenci Allah Swt. Kita harus sepenuhnya percaya, bahwa setiap persoalan yang kita alami pasti telah disediakan jalan keluarnya oleh Allah. Tugas kita adalah; jangan mudah menyerah mencari jalan keluar tersebut (hal 105).

Allah telah berfirman, bahwa sesungguhnya setelah kesulitan itu akan ada kemudahan. Ini menandakan bahwa di balik setiap kesulitan hidup, pasti ada kemudahan-kemudahan yang menanti kita. Selain berikhtiar, berdoa dan tawakal, bersabar merupakan kunci dari setiap persoalan hidup. Saat ujian hidup tengah kita alami, justru harus dijadikan sebagai ajang introspeksi diri sekaligus ajang bersyukur, bahwa masih banyak orang-orang di luar sana yang nasibnya tak lebih baik dibanding kita.

Buku inspiratif ini berisi kumpulan artikel menarik dan sangat pas dijadikan sebagai salah satu bacaan pembangun jiwa untuk anak-anak muda negeri ini. (Sam Edy Yuswanto).

***

 

Judul 

: Stay Woles and You are Great!

Penulis

: @QulKhairan

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2014

Genre 

: Pengembangan Diri - Sukses

Tebal

: 172 Halaman 

ISBN

: 978-6022-960-18-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI - SUKSES

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215301

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit