Jangan Tertawa pada Malam Hari Cetak E-mail
(5 votes)

Kumpulan Cerita Pendek Bernuansa Misteri

Jangan Tertawa pada Malam HariBagi pecinta karya fiksi bernuansa horor atau misteri, buku ini dapat dijadikan sebagai pilihan untuk dimiliki. Berisi 15 cerita pendek dari para pemenang “Fantasteen Hunt and Haunting” yang ditulis oleh para penulis muda di negeri ini seperti Sina Khairana, Nathalia Theodora, Fauzi Maulana Hakim, Richa Miskiyya, Nurul Fikrah, Febry Reyzky, dan masih banyak yang lain.

Jangan Tertawa pada Malam Hari, judul cerpen karya Sina Khairana berkisah tentang mitos di sebuah asrama. Mitos yang mengatakan dilarang tertawa terbahak-bahak pada malam hari atau kamu akan menemukan mayatmu sendiri. Mitos ini bermula ketika zaman dulu ada seorang gadis yang mendiami asrama nomor delapan dan dikucilkan serta ditertawakan oleh orang-orang sekitarnya. Lantas, gadis itu mengutuk semua penghuni asrama yang berani tertawa di malam hari.

Sejak saat itulah, banyak kejadian aneh dan mengerikan yang dialami para penghuni asrama yang nekat tertawa di malam hari. Misalnya kasus kesurupan dan tragedi bunuh diri yang dialami mereka setelah nekat tertawa di malam hari. Namun, ada beberapa penghuni asrama yang berusaha mengabaikan mitos itu. Salah satunya adalah Adia, gadis SMA yang kebetulan menghuni kamar nomor delapan.

Namun, ketika satu per satu teman-teman asrama Adia meninggal dunia, ia mulai dilanda rasa cemas dan ketakutan. Takut dengan mitos yang bermula dari kutukan itu. Dan, betapa kagetnya Adia ketika misteri itu mulai terkuak. Ternyata, Hana, gadis teman satu kamarnya sendirilah pangkal dari semua misteri itu (hal 150-160).

Selendang Tayub Merah, cerpen bernuansa lokalitas karya Richa Miskiyya cukup menarik. Berkisah tentang pengalaman misterius yang dialami oleh Ratri, gadis kota yang tengah berlibur ke rumah neneknya di kampung halaman ibunya. Betapa Ratri merasa sangat penasaran ketika pada suatu malam mendengar tetabuhan gending yang berasal dari pertunjukan tayub di kampung sebelah. Ia ingin sekali menyaksikan pertunjukan itu namun dilarang keras oleh neneknya.

Menurut cerita yang dipaparkan neneknya, dulu pernah ada ledhek atau penari tayub cantik jelita bernama Lasmini yang menjadi idola di kampung tersebut. Namun, suatu malam Lasmini menghilang dan tak ada kabar beritanya hingga kini. Konon, ia diculik dan diperkosa oleh Juragan Kardun. Kabar tersebut merebak ketika setiap ada pertunjukan tayub, ada anak buah Juragan Kardun yang tewas secara misterius dan mengenaskan.

Saat nenek menyodorkan foto Lasmini, Ratri ternganga. Kaget bukan main. Sebab, wajah perempuan cantik yang gemar mengenakan selendang merah itulah yang hadir menemuui dirinya melalui mimpinya semalam. Melalui Ratri-lah kelak semua misteri pembunuhan Lasmini akhirnya terungkap (hal 128-137).

Masih banyak cerpen-cerpen bernuansa misteri yang cukup menegangkan yang dapat pembaca temukan di buku ini, antara lain cerpen “From Another Planet” karya Nathalia Theodora yang berkisah tentang sosok alien yang berusaha menjadi manusia biasa, cerpen “Wanita Bergaun Putih dan Pembunuhan Berdarah” karya Nurul Fikrah yang berkisah tentang pembunuhan berantai yang ditujukan kepada para siswa berprestasi, dan lain-lain.

Cerita-cerita pendek yang terangkum dalam buku setebal 172 halaman ini hanyalah karya fiksi semata, hanya sebatas rekaan untuk tujuan hiburan belaka. Jadi, jika ada mitos yang ditampilkan dalam cerita tersebut, tidak usah diyakini alias diabaikan saja. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul 

: Jangan Tertawa pada Malam Hari

Penulis

: Sina Khairana, dkk.

Penerbit 

: Dar! Mizan

Tahun

: 2014

Genre 

: Novel Horor Remaja

Tebal

: 172 Halaman 

ISBN

: 978-6022-424-59-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL HOROR REMAJA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447803

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit