The Great Success Cetak E-mail
(3 votes)

Memaksimalkan Potensi Diri Rahasia Kesuksesan Sejati

The Great SuccessSukses adalah hak setiap orang. Apa pun latar belakangnya, kelas sosial dan tingkat pendidikan, semua memiliki akses yang sama untuk sukses. Sebab, setiap orang memiliki potensi dan sumber daya yang diperlukan untuk sukses, yakni sumber daya yang telah dianugerahkan Tuhan pada manusia. Bila ternyata masih banyak yang belum sukses itu karena mereka belum mau memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Sejarah telah mencatat orang-orang sukses yang melegenda seperti Leonardo Da Vinci, Isaac Newton, Albert Einstein, Henry Ford, sampai Bill Gates. Meski mereka berangkat dari latar belakang berbeda tapi ada satu sisi yang sama, yaitu mereka sama-sama mampu memaksimalkan potensi diri, seperti visi, logika, intuisi, kreasi, keahlian, imajinasi, dan kepemimpinan. Dan, melalui buku ini penulis mengajak pembaca untuk menyelami kehidupan mereka untuk mengambil inspirasi dan motivasi, serta menerapkanya sesuai potensi yang dimiliki pembaca.

Beragam  potensi dan keunggulan itulah yang merupakan modal utama seseorang dalam meraih sukses. Selama bisa mengembangkan potensi dasar ini, keterbatasan modal fisik bukan suatu hambatan untuk sukses. Modal terbesar setiap orang ternyata ada pada diri masing-masing; akal, nurani, serta hati.

Misalnya, tentang kekuatan potensi berupa visi bisa diserap dari diri Leonardo Da Vinci. Ia adalah sosok seniman sekaligus ilmuwan yang mempunyai visi memadukan keindahan dan keteraturan alam dalam semua karyanya. Visi kehidupannya mendalam, dari aspek lahir hingga bathin. Dunia ini tidak dilihat secara kasat mata tapi diselami sedalam-dalamnya. Visi besar akan melahirkan karya besar. Karya seseorang merupakan cerminan dari visi yang ada di dalam pikiranya. Dan ini tampak pada karya-karya Da Vinci yang melegenda, salah satunya lukisan Monalisa (hal. 14-15).

Sedang tentang kekuatan potensi berupa motivasi bisa kita pelajari dari diri Abraham Lincoln. Untuk bisa menduduki kursi kepresidenan Amerika, Abraham harus berulang kali “menelan” getirnya kegagalan yang tak jarang membawanya ke bibir jurang keputusasaan. Namun serangkaian kegagalan tersebut tak membuatnya jatuh dan meninggalkan semua yang diperjuangkan. Begitulah, orang sukses belajar dari kegagalan, pecudang terpuruk karena kegagalan. Orang sukses menjadikan kegagalan sebagai tangga menuju kesuksesan. Pecundang menjadikan kegagalan sebagai tembok besar yang tak mungkin dirobohkan (hal. 164). 

Semangat Abraham ini dilandasi sebuah motivasi tinggi nan murni yang digerakkan oleh hati nurani, yakni demi terhapusnya perbudakan dan terciptanya persamaan serta emansipasi bagi semua orang (hal. 167). Sementara dalam hal kreasi misalnya, kita bisa berkaca pada Thomas Alva Edison, dan dalam hal kepemimpinan bisa kita menyerap dari kisah Bill Gates.

Selain terus menggali potensi dengan tidak pernah berhenti belajar, kesuksesan juga harus ditopang keberanian menghadapi kegagalan. Sebab, tidak ada satu pun orang sukses di dunia ini yang tak pernah gagal. Jadi hal pertama yang harus disingkarkan dari pikiran adalah takut gagal. Hal keduaanya yang harus dienyahkan adalah pikiran negatif dan sifat-sifat buruk. Sebesar apa pun dan sekeras apa pun sebuah kesuksesan dirancang akan segera ambruk bila dirasuki pikiran negatif dan sifat buruk (hal. 239).

Sekali lagi, buku ini menyadarkan pembaca bahwa kesuksesan adalah hak semua orang yang berani melampaui setiap keterbatasan dengan memaksimalkan segala potensi dalam diri. Yang perlu digarisbawahi bahwa kesuksesan sejati tidak cukup diukur dengan materi tapi diukur dengan “nilai” diri dari seseorang dalam kehidupan ini. (Moh. Romadlon)

 

Judul 

: The Great Success

Penulis

: Sahrul Mauludi

Penerbit 

: Elex Media Komputindo

Tahun

: 2014

Genre 

: Pengembangan Diri - Sukses

Tebal

: 288 Halaman 

ISBN

: 978-6020-254-04-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI - SUKSES

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447766

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit