Marry Me! Or Never! Cetak E-mail
(8 votes)

Pernikahan Bahagia yang Sesuai Syariat

Marry Me! Or Never!Pernikahan termasuk jenis ibadah yang pernah disyariatkan oleh Nabi Muhammad Saw. Pernikahan menjadi sebuah jalan bagi seseorang agar terhindar dari hawa nafsu terlarang, misalnya perzinahan. Syariat Islam mengajarkan agar bersegera menikah bagi mereka yang berkeinginan menikah, telah mampu lahir-batin, dan takut terjerumus ke dalam kemaksiatan. Sementara bagi yang belum mampu menikah, syariat Islam pun cukup bijak memberi solusi, misalnya dengan cara berpuasa. Karena dengan berpuasa, dapat menjaga diri dari godaan hawa nafsu. Selain itu, menyibukkan diri dengan beragam kegiatan positif juga bisa dijadikan solusi bagi mereka yang belum mampu menikah.

Buku antologi berjudul “Marry Me! Or Never!” ini membahas tentang indahnya pernikahan di usia muda yang penuh dengan rona kebahagiaan. Buku ini bagus dijadikan bahan perenungan sekaligus motivasi bagi mereka yang ingin menikah muda tapi masih didera kebimbangan. Menikah muda memang tidak salah, selama setiap pasangan telah mengantongi ilmu yang mumpuni tentang pernikahan sebagai bekal meraih pernikahan yang diridhai Tuhan.

Jatuh cinta adalah hal yang sangat manusiawi. Sebab, cinta memang diciptakan oleh Allah sebagai bekal bagi para hamba untuk saling menyayangi satu sama lain. Ya, setiap orang berkebutuhan dengan cinta, yakni kebutuhan untuk mengekspresikan cinta dan dicintai. Tanpa cinta, hidup akan terasa hambar. Pernikahan adalah sebuah jalan yang mulia untuk mengekspresikan cinta antara lelaki dan perempuan yang telah akil balig.

Dalam konteks manusia yang sudah akil balig dan konteks cinta kepada lawan jenis, pengekspresian cinta dapat dibagi menjadi 3 kelompok, yakni, kelompok pecundang, kelompok nekat, dan kelompok pemberani. Pertama, kelompok pecundang, adalah mereka yang mengekspresikan cinta dengan hanya ingin menikmati indah dan nikmatnya bercinta tapi tak berani bertanggung jawab untuk menghidupi orang yang dicintai secara menyeluruh. Ia hanya ingin nikmatnya berduaan, bermesraan, tapi enggan memberi kepastian sebuah pernikahan.

Kedua, kelompok nekat, adalah mereka yang memutuskan untuk menikah, namun tidak siap dengan konsekuensi kehidupan berkeluarga yang memiliki banyak aturan dan tanggung jawab yang harus dipikul bersama. Ia akan langsung kelabakan saat tengah menjalani kehidupan berumah tangga didera berbagai persoalan. Akibatnya, pernikahan yang seharusnya menjadi sebuah jalan untuk meraih kebahagiaan dunia-akhirat, berubah menjadi pernikahan yang akan menjerumuskannya kepada kubang kemaksiatan dan laknat Tuhan.

Ketiga, kelompok pemberani, yakni mereka yang mengekspresikan cinta melalui sebuah bingkai pernikahan yang “tidak sekadar pernikahan”. Artinya, pernikahan yang dilakukan benar-benar telah dipersiapkan secara matang (tanpa memandang usia, masih muda maupun sudah tua) disertai ilmu agama yang akan menjadi pondasi kelanggengan rumah tangga mereka.

Memang harus diakui, dalam sebuah bahtera pernikahan, tak akan bisa terlepas dari berbagai konflik dan deraan ujian. Namun, bila masing-masing pasangan memiliki keluasan ilmu (khususnya ilmu seputar pernikahan yang diridhoi-Nya) maka mereka akan berusaha sekuat tenaga mengatasi setiap cobaan dengan hati lapang, sabar dan tawakal.

Meluaskan ilmu dan keterampilan tentang pernikahan, membuat setiap pasangan suami-istri lebih dimudahkan oleh Allah untuk meraih pernikahan yang harmonis. Karena rahasia pernikahan yang harmonis adalah “manajemen ketidakcocokan”. Selain ilmu yang mumpuni, saling menghargai satu sama lain, meleburkan emosi, memaafkan setiap kekhilafan, adalah hal-hal yang dapat memperkokoh sebuah pernikahan.

Menikah adalah sebuah pilihan hidup yang memerlukan pemikiran matang. Maka, menikahlah bila memang merasa sudah siap secara mental, ilmu dan spiritual. Dan bagi yang belum mampu menikah tapi menginginkan sebuah pernikahan, segeralah mempersiapkan diri dengan penuh kesungguhan.

Sementara, bagi mereka yang memang tidak memiliki kemampuan mengarungi bahtera pernikahan karena alasan-alasan lain yang dibenarkan oleh syariat (semisal mengalami kelainan orientasi seksual, mengidap penyakit kelamin, dll), maka menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat dapat dijadikan sebagai solusi. Jadi, bukanlah aib jika ada orang hidup tanpa pendamping. Karena intinya, manusia terbaik menurut Islam adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul 

: Marry Me! Or Never!

Penulis

: Jamil Azzaini, dkk.

Penerbit 

: Mizania

Tahun

: 2014

Genre 

: Pernikahan

Tebal

: 164 Halaman 

ISBN

: 978-6021-337-31-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PERNIKAHAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29379057

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit