Cantik Nggak Harus Repot! Cetak E-mail
(5 votes)

Tips Tampil Cantik Natural dan Sehat

Cantik Nggak Harus Repot!Sudah menjadi kodratnya, wanita selalu ingin tampil cantik. Secara umum, wanita disebut cantik jika memiliki kecantikan dalam (inner beauty) dan luar (physical beauty). Padahal, setiap wanita sebenarnya terlahir cantik dan mempunyai keunikan masing-masing. Namun, wanita kerap didera rasa tidak percaya diri saat melihat wanita lain lebih cantik dibanding dirinya.

Sering kali, kaum wanita hanya memfokuskan perawatan kecantikan dari luar (polesan) yang bersifat sementara. Banyak wanita terjebak iklan-iklan produk kecantikan di berbagai media cetak maupun elektronik. Ini artinya, mereka harus rela mengeluarkan biaya mahal demi terlihat cantik di depan publik. Sebenarnya, untuk mendapatkan kecantikan, tidak harus repot melakukan perawatan ekstra. Sebab, cantik bisa diperoleh secara alami melalui cara-cara sederhana dengan polesan luar yang minimalis (hal. 10-11).

Selain itu, perawatan kecantikan natural juga bisa diperoleh dengan mengubah kebiaaan-kebiasaan hidup yang buruk dan tidak sehat. Hal ini bertujuan menciptakan lingkungan kondusif bagi perawatan kesehatan. Kecantikan juga tidak hanya datang dari perawatan salon-salon kecantikan ataupun operasi plastik, tapi datang dari olah dan laku kebiasaan perawatan yang membuat seseorang terlihat cantik.

Kebiasaan-kebiasaan positif tersebut antara lain, gemar olahraga, rajin mengonsumsi air putih, tidak merokok, tidur yang cukup, mengendalikan emosi, dll. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena bisa melancarkan peredaran darah dan membantu mengencangkan otot-otot tubuh yang secara langung juga mengencangkan kulit. Kulit kencang akan terlihat lebih muda, halus dan tidak mudah muncul kerutan (hal. 15-36).

Pada dasarnya, kecantikan yang diperoleh dari luar (seperti kulit putih, bersih dan mulus) merupakan hasil olahan dari dalam tubuh. Misalnya, kulit bersih dan mulus merupakan hasil dari olahan aneka zat-zat makanan yang mengandung nutrisi tertentu (hal. 53). Setiap organ di dalam tubuh membutuhkan nutrisi. Makanan yang kaya nutrisi dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempercantik kulit (hal. 54).

Makanan kaya nutrisi misalnya buah Tomat. Tomat, selain berfungsi menghilangkan haus, antiseptik usus, melancarkan aliran empedu ke usus dan menambah nafsu makan, juga berfungsi bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Nutrisi yang terkandung dalam Tomat antara lain vitamin A, C, dan protein yang bermanfaat bagi kulit. Mengkonsumsi Jus Tomat secara teratur dapat membuat kulit wajah berseri, cerah dan membersihkan sel-sel kulit mati. Tomat juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencerahkan kulit kusam (hal. 58-59).

Madu, juga termasuk makanan yang memiliki banyak khasiat. Madu mengandung humektan, sejenis zat yang mengandung banyak moisturizer dan banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan seperti body lotion dan conditioner rambut. Tekstur madu yang lembut juga berguna sebagai pelembab, penyegar dan masker wajah.

Semakin bertambah usia seseorang, kelembaban kulit menjadi semakin berkurang. Dengan zat pelembab atau moisturizer yang terkandung dalam madu, maka bisa membuat kulit tidak mudah kering dan bersisik. Selain itu, madu juga mengandung anti-microbial yang bermanfaat mengobati jerawat tipe ringan (hal. 90-91).

Masker wajah dengan bahan dasar madu bisa dijadikan alternatif untuk merawat kulit agar terjaga kelembaban dan menghilangkan dari jerawat. Caranya, bersihkan wajah dengan kain hangat, oleskan madu di wajah dan biarkan selama 15-30 menit. Bilas dengan air hangat, gunakan air dingin sebagai bilasan terakhir. Gunakan masker ini satu kali dalam seminggu (hal. 93).

Kopi selain dikonsumsi sebagai minuman juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, seperti wajah, kulit, rambut, dan sebagainya. Kopi memiliki kandungan kafein, asam buah, asam organik, lemak, alkaloid, mineral, potasium, magnesium, dan besi. Kopi terbukti dapat mencerahkan wajah. Caranya, campurkan 3 sendok makan ampas kopi dengan 1 gelas susu sapi murni, lalu oleskan ke bagian wajah dan leher (kecuali mata dan bibir). Pijat lembut, biarkan selama 20 menit, lalu basuh dengan air (hal. 131-133).

Bagi para wanita yang ingin merawat tubuhnya agar tetap sehat dan cantik natural, buku ini bisa dijadikan sebagai referensinya. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul 

: Cantik Nggak Harus Repot!

Penulis

: Tantri Ayu Wulandari

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan & Kecantikan

Tebal

: 220 Halaman 

ISBN

: 978-602-255-612-1

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN & KECANTIKAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225599

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit