10 Episode Teragung Rasulullah Saw Cetak E-mail
(1 vote)

Mengungkap Episode Terpenting dalam Kehidupan Nabi

10 Episode Teragung Rasulullah SawRasulullah Saw. menjalani kehidupan di dunia selama 63 tahun. Dalam rentang waktu itu, sejak kelahiran hingga kematiannya, terangkai dalam rentetan episode yang mencengangkan akal dan mengagungkan pikiran. Sejak kemunculannya dalam pentas kehidupan, beliau menggerakkan seluruh kekuatan hidupnya untuk menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik. Beliau adalah “kekuatan alam” yang hadir untuk menaklukan ruang dan waktu. Bahkan merupakan “kekuatan ilahiyah” yang datang untuk mengembalikan ruh manusia pada garis edarnya semula, yakni beredar di sekeliling Allah yang maha Haq.

Dari seluruh lembar kehidupan yang suci tersebut, penulis akan memilih beberapa penggal episode saja yang dimulai dari episode Tahkim, episode turunnya wahyu, episode Thaif, ‘Aqobah, Fatkhul Makkah, Hunain, Takhyir, sampai pada episode perpisahan. Tanpa mengecilkan episode lain, episode-episode itu merupakan pintu gerbang utama yang akan menghantarkan kita pada berbagai rahasia yang agung, dan akan mempertemukan kita dengan berbagai keutamaan dan keluhuran pribadi Nabi.

Salah satu babak terpenting kehidupan Nabi sebelum datangnya wahyu adalah episode Tahkim. Episode ini mengisahkan tentang tampilnya Muhammad sebagai juru damai dalam perselisihan antar kabilah kaum Quraisy. Tepatnya pada lima tahun sebelum risalah, yakni saat beliau berusia 35 tahun, kaum Quraisy merenovasi Ka’bah. Ketika tiba saat memindah Hajar Aswad mereka berselisih pendapat, tak ada yang mau mengalah. Masing-masing kabilah merasa paling berhak untuk mengangkat batu sakral itu. Hingga, salah satu tetua memutuskan, siapa saja yang pertama kali masuk masjid, dia yang berhak memindahkannya.

Adalah Muhammad orang yang pertama masuk masjid. Setelah mempelajari duduk persoalan yang sebenarnya, Muhammad meminta sehelai kain dan menaruh Hajar Aswad di atasnya. Kemudian beliau menyuruh semua ketua kabilah untuk memegang tepian kain dan mengangkat batu itu bersama-sama. Setelah sampai, Muhammad meletakan batu itu di tempatnya semula.

Beliaulah sang penyelamat. Dengan mata bathinnya yang diterangi cahaya Allah, beliau sanggup melihat perselisihan hebat yang mengarah pada perpecahan dan perang saudara. Dengan kejeniusan luar biasa, beliau mampu meleburkan dan menyatukan seluruh pandangan yang bertentangan dan mengganti perselisihan menjadi kesatuan yang bergotong royong. (hal. 12-18)

Episode terpenting berikutnya adalah ketika beliau pertama kali menerima wahyu. Episode ini mengisahkan pengasingan diri beliau hingga turunnya wahyu pertama serta berbagai peristiwa setelah diangkat menjadi utusan. Di tengah hiruk pikuk kehidupan kota Mekkah yang jahiliyah, Muhammad lebih suka menyendiri dan menyepi di Gua Hira selama sebulan dalam setiap tahunnya. Di tempat itu, beliau beribadah, menyucikan diri, merintih kepada Tuhannya agar memberikan petunjuk kepadanya. Lalu, utusan langit pun turun membawa cahaya Allah kepada beliau, membawa dokumen kebenaran bagi seluruh umat manusia. Sejak itu, beliau resmi diangkat menjadi penutup Nabi dan Rasul. (hal.23-39)

Episode yang tak kalah pentingnya adalah episode Hamzah. Episode ini merupakan babak terberat untuk diungkap, sebab sarat dukacita, kesedihan, dan luapan emosi. Episode ini menggambarkan kisah terbunuhnya Hamzah, paman nabi yang sangat dicintai, sebagai syahid agung dalam perang Uhud. Dia adalah korban kekejian luar biasa yang dilakukan kaum Quraisy saat melampiaskan kedengkian mereka terhadap jasadnya. (hal.78)

Dalam perang itu, Hamzah termasuk salah satu dari orang-orang yang menjual nyawanya pada Allah. Bagai anak panah ia lesat membelah sengitnya pertempuran. Pedangnya menebas setiap musuhnya dengan ganas. Adalah Wahsy yang akhirnya mampu membunuh Hamzah. Lalu, mereka melakukan kekejian luar biasa pada jasadnya. Mereka merobek jasadnya, bahkan Hindun, istri Abu Sufyan, mengambil jantungnya, lalu mengunyahnya penuh sukacita. Dia mencabuti isi perutnya yang sebagian dia jadikan kalung dilehernya. Dia bahkan memotong hidung dan telinga Hamzah.

Melihat kondisi tersebut, Muhammad terlihat sangat berat menahan murka dan duka, kemudian beliau bersabda dengan mata lekat pasa jasad paman tercinta, “Tak ada lagi yang akan mengalami apa yang engkau alami. Sungguh, aku tak pernah merasa sangat marah seperti marahku saat ini.” (hal. 88-91)

Sungguh, Muhammad manusia paripurna. Tak ada satu titik cela pada tiap detik dari seluruh episode kehidupannya. Sehingga ketika Allah memilihnya untuk menjadi penutup para Nabi dan Rasul, secara alamiah seluruh kehidupannya akan menjadi pedoman dan dalil, bukan saja bagi zamannya, tapi bagi seluruh umat manusia dalam segala masa dan generasi. (Moh. Romadlon)

 

Judul 

: 10 Episode Teragung Rasulullah Saw

Penulis

: Khalid Muhammad Khalid

Penerbit 

: Mizan

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam - Rasulullah

Tebal

: 180 Halaman 

ISBN

: 978-6029-255-98-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM - RASULULLAH

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230119

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit