Mengapa Engkau Enggan Menikah? Cetak E-mail
(5 votes)

Persiapan-Persiapan Menjelang Pernikahan

Mengapa Engkau Enggan Menikah?Rasulullah Saw. telah menganjurkan pada umatnya untuk bersegera menikah bagi yang telah mampu (baik mampu secara lahir maupun batin). Di sisi lain, beliau juga memberikan solusi bijak bagi para lajang yang belum sanggup menikah dengan cara berpuasa. Dengan berpuasa, diharapkan seseorang dapat terjaga dari godaan hawa nafsu yang dapat menjerumuskannya kepada perbuatan maksiat.

Namun, terlepas dari status seseorang yang telah menikah ataukah yang masih melajang, tentu yang menjadi ukuran kemuliaan seseorang di sisi Tuhan terletak pada ketakwaannya, bukan dinilai dari menikah ataukah belum (sebab, cukup banyak orang yang telah menikah tapi kehidupan rumah tangganya sangat jauh dari norma agama). Sebagaimana diterangkan dengan sangat gamblang dalam Alquran Surat al-Hujurat ayat 13, yang artinya; manusia paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa.

Pernikahan adalah sebuah ikatan yang sah menurut syariat Islam bagi dua lawan jenis untuk melakukan interaksi khusus (hubungan intim) dengan aturan-aturan yang telah ditentutkan. Melalui ikatan pernikahan, keberlangsungan hidup manusia akan terus terwujud dan tidak menjadikannya punah. Melalui pernikahan pula, akan dapat diperoleh ketenangan serta kedamaian bagi setiap pasangan.

Setiap orang yang telah berkeluarga, bisa dipastikan mendambakan kehidupan rumah tangganya sakinah mawaddah wa rahmah (keluarga yang tenang, bahagia dan penuh dengan kasih sayang). Namun, semua itu tidak akan pernah terwujud jika antara suami-istri tidak memahami hakikat hidup berkeluarga. Maka dari itulah, sangat penting bagi setiap orang yang ingin menikah, untuk mempelajari terlebih dulu hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum memasuki jenjang pernikahan.

Pernikahan bukan sekadar pelegalan hubungan seks antara laki-laki dan perempuan. Lebih dari itu, menikah merupakan sebuah proses membangun keluarga dan memahami satu sama lain. Kita tentu tahu, bahwa perjalanan yang harus ditempuh dalam sebuah pernikahan akan diwarnai lika-liku permasalahan. Ketahanan suami-istri dalam menghadap badai rumah tangga menjadi kunci keberhasilan dalam memertahankan biduk rumah tangga.   

Persiapan menikah itu tidak melulu persiapan biaya dan fisik, tetapi juga persiapan mental dan tentu saja ilmu pengetahuan yang memadai. Segala sesuatu di dunia ini pasti ada ilmunya. Begitu juga dengan pernikahan. Maka, mempersiapkan ilmu pengetahuan tentang pernikahan adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi oleh setiap orang yang hendak menuju ke jenjang pernikahan. Dengan bekal ilmu pengetahuan itulah, mereka dapat menjalin kehidupan rumah tangga yang harmonis, diridhoi Tuhan dan dapat terhindar dari beragam hal yang dilarang dalam agama.

Persiapan di sini tentu tidak hanya berlaku bagi kaum laki-laki yang kelak akan menjadi imam keluarga. Namun, pihak perempuan (calon istri) juga harus mempersiapkan dirinya agar bisa menjadi istri sekaligus ibu yang baik bagi anak-anaknya dan mampu menjadi seorang manager andal yang bertugas mengelola keuangan dan mengatur seisi rumah.

Dibutuhkan persiapan-persiapan mental, sebelum pasangan laki-laki dan perempuan memutuskan untuk menikah. Kesiapan mental tersebut antara lain; mampu menghadapi sifat pasangan yang kerap bertolak belakang dengan sifat Anda, menyiapkan mental memimpin dan dipimpin, siap menafkahi dan mengelola keuangan, siap menjadi bapak dan ibu rumah tangga yang baik dan bertanggung jawab, membangun keseimbangan dalam kebaikan, mampu menghadapi karakter keluarga dengan bijak, dan lain-lain (hal 176-182).

Setiap orang bisa dipastikan ingin mendapatkan jodoh terbaik. Akan tetapi, yang perlu dipahami bersama adalah; jika Anda ingin mendapat pasangan yang baik, jadikan diri Anda baik terlebih dulu. Jika ingin mendapatkan istri salihah, jadikan diri Anda salih terlebih dulu. Jika ingin mendapatkan istri setia, jadikan diri Anda setia dulu. Begitu seterusnya.

Buku yang disusun oleh Syarif Hidayatullah ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi setiap pasangan yang tengah menyiapkan diri menuju ke jenjang pernikahan. (Sam Edy Yuswanto) 

***

 

Judul 

: Mengapa Engkau Enggan Menikah?

Penulis

: Syarif Hidayatullah

Penerbit 

: Sabil

Tahun

: 2014

Genre 

: Psikologi Islami

Tebal

: 194 Halaman 

ISBN

: 978-6022-554-81-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PSIKOLOGI ISLAMI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225611

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit