Penemuan-Penemuan Spektakuler Pengubah Wajah Dunia Cetak E-mail
(7 votes)

Sejarah Teknologi Modern Mengubah Wajah Dunia

Penemuan-Penemuan Spektakuler Pengubah Wajah DuniaTeknologi kerap menjadi tolak ukur kemajuan sebuah bangsa. Terbentuknya teknologi tak bisa dipisahkan dari sejarah masa lalu, di mana terbentuknya sejarah tak bisa terlepas dari peran manusia di masa silam. Ketika peradaban manusia mulai terbentuk, manusia mulai berkreasi dan berinovasi menciptakan beragam alat untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Penemuan besar masa kini dan masa yang akan datang, berdampak besar bagi keberlangsungan hidup manusia. Misalnya, sebelum ditemukan pesawat, manusia bepergian jauh hanya menggunakan kapal laut. Kini, setelah pesawat diciptakan, manusia bepergian antarnegara hanya memerlukan beberapa jam dengan transportasi pesawat terbang (hal 5-6).

Hadirnya internet, juga tak terlepas dari sejarah lahirnya komputer. Dengan adanya internet, teknologi informasi berkembang semakin pesat dan canggih. Internet merupakan jaringan global komputer dunia, di mana setiap komputer saling terhubung satu sama lain, dari satu negara ke negara lain di seluruh dunia. Jaringan ini berisi beragam informasi mulai dari teks, gambar, audio, video, dll (hal 11).

Pada Agustus 1962, J.C.R Licklider menggagas konsep galactic network. Dia mendiskusikan tulisannya tentang interaksi komunikasi yang dapat dilakukan melalui sebuah jaringan. Dia memimpikan jaringan koneksi secara global yang bisa diakses cepat oleh setiap orang, baik berupa data maupun program dari banyak situs. Inilah awal mula munculnya internet yang kita kenal saat ini (hal 13).

Dengan adanya jaringan internet, kini segalanya menjadi lebih simpel. Batasan ruang dan waktu terasa tak ada lagi. Kita dengan mudah melihat kabar terbaru dari berbagai belahan dunia pada saat itu juga. Terlebih, dengan kian menjamurnya mobile modem internet atau ponsel tethering modern, yang kian memudahkan dalam mengakses internet.

Saat ini, komunikasi antarmanusia kian dipermudah, karena sudah ada fasilitas telepon. Dulu, sebelum mengenal alat komunikasi digital untuk berkomunikasi jarak jauh, kita menggunakan surat sebagai sarana alat komunikasi. Bahkan, terkadang proses pengirimannya hanya dengan burung merpati. Namun seiring kemajuan peradaban manusia, muncul berbagai penemuan alat komunikasi yang lebih maju dari sebelumnya.

Belakangan ini, telepon telah mengalami perkembangan sangat pesat. Bukan hanya telepon digital, tetapi lebih dari telepon IP dan telepon pintar. Beragam aktivitas manusia semakin bergantung pada telepon. Bisa dipastikan, manusia di muka bumi ini membutuhkan telepon. Sebenarnya, siapa saja tokoh yang paling berjasa di balik penemuan telepon?

Tahun 1627, dalam buku New Utopia, Francis Bacon menyebut adanya kemungkinan untuk mentransmisikan suara manusia pada jarak jauh. Banyak sejarawan menganggap buku tersebut merupakan referensi pertama untuk perangkat masa depan yang disebut telepon. Sayangnya, Bacon belum memiliki pengetahuan ilmiah yang cukup untuk mewujudkan idenya agar bisa menjadi kenyataan.

Terdapat 3 penemuan penting yang menjadi cikal bakal ditemukannya telepon. Pertama, pemahaman bahwa arus listrik dapat menciptakan medan magnet, sehingga bisa menginduksi energi mekanis dan akustik. Pemahaman ini disematkan pada fisikawan Denmark, Cristian Oersted tahun 1820, yang menunjukkan bahwa jarum kompas dapat dimanipulasi dengan meletakkan sebuah kabel listrik di atasnya.

Kedua, pemahaman bahwa energi listrik dan medan magnet dapat bekerja bolak-balik. Artinya, energi listrik bisa diciptakan dari perubahan medan magnet dan medan magnet bisa dihasilkan dari listrik. Pemahaman ini disematkan pada penemuan Michael Faraday tahun 1821. Ketiga, penemuan yang diperlukan dalam penciptaan telepon adalah baterai atau perangkat kimia yang mampu menjadi sumber listrik secara berkelanjutan. Baterai dalam bentuknya yang sederhana ditemukan oleh 2 orang Belanda tahun 1746 dan disebut sebagai Leyden Jar. Volta. Penemu lain lantas mengembangkan baterai sepanjang abad XVIII dan XIX (hal 91-92).

Kamera digital merupakan salah satu inovasi terbaik dalam dunia fotografi. Kehadirannya telah mengubah paradigma masyarakat yang menganggap bahwa fotografi adalah suatu bidang yang mahal dan sulit dikuasai. Fotografi digital benar-benar bisa memberikan kepraktisan serta kemudahan bagi setiap orang untuk membuat foto terbaik.

Jika ditelusuri sejarahnya, maka kita akan kembali ke tahun 1960-an, di mana dunia tengah mengalami revolusi besar-besaran di bidang teknologi digital dan elektronik. Eugene F. Lally, teknisi dari Jet Propulsion Laboratory NASA, adalah orang pertama yang mencetuskan ide untuk mendigitalisasi foto (hal 151).

Penemuan-penemuan spektakuler lainnya yang mampu mengubah wajah dunia diulas dalam buku ini. Di antaranya, sejarah penemuan komputer, laptop, tablet, dsb. (Sam Edy Yuswanto).

***

 

Judul 

: Penemuan-Penemuan Spektakuler Pengubah Wajah Dunia

Penulis

: Lukman Santoso Az.

Penerbit 

: Diva Kids

Tahun

: 2014

Genre 

: Pengetahuan Umum

Tebal

: 312 Halaman 

ISBN

: 978-6022-556-27-5

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGETAHUAN UMUM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230118

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit