Menemukan Potensi Orang-Orang yang Sulit Diatur Cetak E-mail
(5 votes)

Menggali Potensi Sosok yang Sulit Diatur

Menemukan Potensi Orang-Orang yang Sulit DiaturPada dasarnya, setiap manusia terlahir ke dunia ini dengan membawa potensi dari Tuhan. Potensi tersebut berwujud kemampuan yang dapat mengantarkannya pada setiap tujuan sesuai apa yang dikehendaki. Tetapi sayangnya, masih banyak orang yang potensinya belum sepenuhnya terlihat, karena mereka belum (bahkan merasa enggan) menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki dengan maksimal.

Di lingkungan sekitar kita, tak jarang kita jumpai orang-orang yang memiliki kepribadian susah diatur, alias seenaknya sendiri. Hal terpenting ketika kita menjumpai orang-orang seperti ini adalah bukan menyalahkan dan mempertanyakan mengapa mereka bisa seperti itu, tetapi bagaimana caranya kita bisa mengarahkan mereka agar menemukan potensi yang bersemayam dalam dirinya.

Buku karya Herman Susanto ini dapat membantu kita menemukan potensi dan mengarahkan orang-orang yang sulit diatur. Buku ini bagus dijadikan referensi bacaan bagi para pemimpin, pebisnis, guru, dosen, direktur perusahaan dan lain sebagainya. Mengingat keseharian mereka yang kerap dihadapkan dengan orang-orang yang suka semaunya sendiri alias sulit diatur.

Kepribadian orang yang sulit diatur terbagi menjadi 8 tipe; kepribadian pembantah, kepribadian fanatik tinggi, kepribadian sulit beradaptasi, kepribadian keras kepala, kepribadian sensitif tinggi, kepribadian mudah menyerah, kepribadian pemalas, dan kepribadian penyeleweng (halaman 14-18).

Kepribadian pembantah merupakan tipe yang paling banyak dijumpai dalam lingkungan sekitar kita. Kepribadian pembantah dapat terbentuk dalam diri seseorang karena ia memiliki pola pikir yang tidak mau dikalahkan dalam memandang sistem nilai, persepsi, serta cara berpikir dan bersikap.

Di antara potensi yang dimiliki orang berkepribadian pembantah adalah kecerdasan linguistik. Kecerdasan linguistik dapat diartikan sebagai kecerdasan yang diperlukan untuk mengolah bahasa secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Kecerdasan linguistik sangat penting dalam proses belajar bahasa di lembaga-lembaga pendidikan formal (seperti sekolah dan universitas) karena dapat menunjang kemampuan merangkai kata dan berkomunikasi dengan baik di depan publik.

Cara mengarahkan orang berkepribadian pembantah untuk menemukan potensi kecerdasan linguistik adalah dengan cara membuat ia tertarik untuk senang membaca buku, mengikuti berbagai seminar, mengajaknya bergabung dengan kelompok berbicara dan jurnalistik, menganjurkan menulis tentang beragam ide yang ia pikirkan setiap hari lalu mencoba mempresentasikannya, dan lain-lain (halaman 21-23).  

Kepribadian fanatik tinggi dapat terbentuk karena seseorang merasa bahwa dirinya adalah yang paling pintar dalam memandang sistem nilai, persepsi, cara berpikir dan bersikap. Di antara potensi yang dipunyai oleh orang berkepribadian tipe ini adalah ia memiliki kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan intrapersonal sering dihubungkan dengan kemampuan mengenali atau memahami diri sendiri, termasuk kekuatan dan kelemahan yang ada di dalamnya. Kecerdasan ini bisa membuatnya merenungkan sesuatu yang ingin diraih dalam hidup, sehingga segala tindakan yang ditempuh pasti berorientasi pada pencapaian tujuan.

Cara mengarahkan orang berkepribadian fanatik tinggi agar dapat menemukan potensi dalam dirinya adalah dengan cara mengingatkan tentang impian-impian yang ingin diraih dalam hidupnya, membantunya menggali tujuan hidup secara lebih mendalam, memberikan dukungan atas segala usaha yang ia lakukan, dan lain sebagainya (halaman 37-39).

Orang yang memiliki kepribadian pemalas juga banyak dijumpai di kehidupan kita sehari-hari. Kepribadian pemalas dapat terbentuk melalui sikap sering menunda-nunda pekerjaan yang sebenarnya mampu ia lakukan pada saat itu juga. Di antara potensi yang dimiliki oleh orang berkepribadian jenis ini adalah memiliki kecerdasan naturalis, yakni suatu kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan mengenali, memahami, serta mengelompokkan segala sesuatu di lingkungan sekitar. Tanaman dan hewan merupakan objek paling mendasar dari kecerdasan ini.

Dapat disimpulkan bahwa inti dari kecerdasan ini adalah kemampuannya mengidentifikasi berbagai jenis tanaman dan hewan yang ada di alam sekitar. Jika orang berkepribadian pemalas dapat diarahkan untuk menemukan potensi ini, kemungkinan besar di masa yang akan datang ia bisa sukses menjadi ahli biologi, ahli konservasi lingkungan, ahli geologi, dokter hewan, atau petani (halaman 115-116).

Tipe-tipe kepribadian lain, sekaligus cara membantu mengarahkan dan menemukan berbagai potensi yang ada dalam diri mereka, akan dipaparkan lebih detail dalam buku ini. (Sam Edy Yuswanto).

***

 

Judul 

: Menemukan Potensi Orang-Orang yang Sulit Diatur

Penulis

: Herman Susanto

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Pengembangan Diri

Tebal

: 147 Halaman 

ISBN

: 978-6022-555-54-4

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29366278

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit