Mukjizat Al-Quran; Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib Cetak E-mail
(3 votes)

Al-Quran Sebagai Petunjuk Umat dan Mukjizat Nabi

Mukjizat Al-Quran; Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan GaibPakar agama Islam mendefinisikan mukjizat, antara lain, sebagai suatu peristiwa luar biasa yang dialami oleh seseorang yang mengaku nabi, sebagai bukti kenabiannya yang ditantangkan kepada mereka yang merasa ragu agar melakukan atau mendatangkan hal yang serupa, namun pada kenyataannya mereka tidak kuasa untuk melayani tantangan tersebut (hal 25).

Mukjizat, selain berfungsi sebagai bukti kebenaran para nabi, juga sebagai perantara wahyu Tuhan. Keluarbiasaan yang tampak pada mereka diibaratkan sebagai ucapan Tuhan, “Apa yang dinyatakan sang nabi adalah benar. Dia adalah utusan-Ku, dan buktinya adalah Aku melakukan mukjizat itu”

Mukjizat, meskipun dari tinjauan bahasa bermakna melemahkan, namun ia sama sekali bukan dimaksudkan untuk melemahkan ketidakmampuan mereka yang ditantang. Mukjizat ditampilkan oleh Tuhan melalui hamba-hamba pilihan-Nya untuk membuktikan kebenaran ajaran Ilahi yang dibawa oleh masing-masing nabi (hal 35).

Al-Quran, adalah salah satu mukjizatnya Nabi Muhammad Saw. yang berisi petunjuk yang akan mengantarkan umat di dunia ini meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Keagungan dan kesempurnaan kitab suci umat Islam ini bukan hanya diketahui atau dirasakan oleh mereka yang memercayai dan mengharapkan petunjuk-petunjuknya, melainkan juga oleh semua orang yang mengenal secara dekat dengan Al-Quran (hal 50).

Pakar Al-Quran dan hukum Islam, Imam Al-Qurthubi (w. 671 H), dinilai sebagai ulama pertama yang menggarisbawahi aspek kemukjizatan Al-Quran ditinjau dari segi petunjuk atau syariatnya dari 10 aspek kemukjizatan yang dikemukakannya. Sayyid Muhammad Rasyid Ridha (1865-1935 M) secara tegas juga berpendapat seperti itu, sebagaimana dikemukakannya dalam jilid pertama Tafsir Al-Manar. Bahkan, menurutnya, petunjuk Al-Quran dalam bidang akidah ketuhanan, persoalan metafisika, akhlak, dan hukum-hukum yang berkaitan dengan soal agama, sosial, dan politik, merupakan pengetahuan yang sangat tinggi nilainya (hal 226).

Dalam bidang syariat, Al-Quran menetapkan peraturan yang mengatur hubungan antara manusia dengan sesamanya (hablum minannaas) yakni antara sesama muslim dan non-muslim, baik di rumah, di tengah-tengah masyarakat luas, bangsa, bahkan dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas lagi, yakni masyarakat internasional (hal 227).

Sisi keistimewaan petunjuk Al-Quran juga tampak pada prinsip yang diperkenalkannya, yakni prinsip yang berfungsi sebagai "hak veto’"terhadap perincian ketetapan-ketetapannya, sehingga melalui prinsip tersebut, perincian ketetapan dapat disesuaikan bahkan dibatalkan. Al-Quran, misalnya, membenarkan seseorang memakan daging babi apabila ia berada dalam keadaan darurat (misalnya ketika berada di tengah hutan dan tidak ada makanan lain yang bisa dimakan). Begitu juga dengan kewajiban puasa Ramadhan, dapat gugur apabila yang bersangkutan dalam melaksanakannya mengalami kesulitan yang sangat, misalnya bagi mereka yang memiliki penyakit parah atau bagi orangtua yang sakit-sakitan dan sudah tidak mampu lagi untuk berpuasa (hal 229).

Buku menarik dan sangat bermanfaat ini dipersembahkan penulis kepada setiap orang yang berminat mengenal lebih dekat kita suci Al-Quran. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul 

: Mukjizat Al-Quran; Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib

Penulis

: M. Quraish Shihab

Penerbit 

: Mizan

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam - Al-Quran

Tebal

: 316 Halaman 

ISBN

: 978-979-433-762-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM - AL-QURAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203299

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit