Mengintip Alam Gaib Cetak E-mail
(1 vote)

Menelisik Rahasia Alam Gaib

Mengintip Alam GaibIman kepada perkara-perkara gaib merupakan satu pilar penting dalam agama Islam dan merupakan ciri pertama orang bertaqwa. Hal itu karena, bila ditelisik secara seksama, inti ajaran Islam bertumpu kepada keimanan akan hal yang gaib. Mesti begitu, dalam prakteknya tidak sedikit dari kita yang terpelanting pada penafsiran-penafsiran tentang alam gaib yang dangkal, yang cenderung melenceng dari tuntunan agama.

Lewat buku Mengintip Alam Gaib penulis berusaha menjelaskan dari sudut pandang Islam berbagai hal yang erat kaitannya dengan alam gaib, alam yang tidak terdeteksi panca indera. Semua persoalan yang diangkat didasarkan pada al-Quran dan Sunnah Sahihahan, sehingga maklumat yang disampaikan bisa dipertangungjawabkan keabsahannya.

Satu hal gaib yang mesti diimani oleh semua umat Islam adalah Malaikat. Mengimani malaikat tidak sebatas memercayai keberadaannya, tetapi juga mengetahui sifat, keadaan, dan hal lain yang layak disandang Malaikat. Makhluk yang tercipta dari cahaya ini merupakan makhluk yang taat, tidak pernah berbuat maksiat dan tidak pernah membangkang perintah Allah. Mereka tidak punya nafsu, tidak makan dan minum, tidak menikah, dan juga tidak berjenis kelamin (hal. 23). Meski pun malaikat yang wajib kita imani hanya sepuluh, tapi sebetulnya jumlah mereka tak terbatas. (hal. 32).

Para Malaikat ini memiliki rasa sayang yang tinggi pada semua orang yang beriman. Mereka tidak bosan-bosan untuk mendoakan siapa saja yang berbuat kebajikan, seperti orang yang selalu menyeru untuk berbuat baik, yang menunggu shalat berjamaah, yang bangun jelang subuh, yang menjenguk orang sakit, dll. Oleh karena itu, seorang mukmin juga harus memberikan timbal balik pada mereka dengan cara menjauhkan diri dari perbuatan dosa, tidak meludah kesebelah kanan, serta menghindari makanan yang membuat jijik mereka, seperti bawang putih dan bawang merah. (hal. 64-65)

Selain Malaikat, penghuni alam gaib lainnya adalah Jin dan Setan. Menurut penulis yang menempuh pendidikan dan berdomisili di Mesir menilai ada perbedaan budaya dan cara pandang antara Indonesia dan Mesir terkait Jin dan Setan. Di Indonesia, Jin dianggap sesuatu yang menarik sehingga dikomersialisasikan. Sehingga, keberadaan makhluk gaib ini pun merasa terusik dan teraniaya. Berbeda dengan Mesir. Meski sama-sama banyak, tapi tidak dieksploitasi dan komersialisasi. Manusia dan Jin pun hidup dalam sebuah harmoni (hal. 72). Selain itu, di Indonesia Jin dan Setan digambarkan sebagai sosok yang sangat menakutkan. Padahal mereka sangat takut kepada manusia. Justru ketakutan manusia yang akhirnya membuat mereka berani menakuti manusia. (hal. 83-85)

Seperti manusia, di antara Jin ada yang beriman ada yang ingkar. Jin yang ingkar inilah yang disebut Setan. Selain dari bangsa Jin, Setan juga bisa dari bangsa manusia, seperti yang jelas ada di dalam surat an-Nas. Sedang Iblis adalah nenek moyang dari Setan (hal. 75-76).

Unsur gaib lainnya yang wajib kita imani adalah alam Barzakh, yakni alam pemisah antara kehidupan dunia dan kehidupan Akherat. Ketika memasuki alam Barzakh, ruh tetap seperti di dunia, yakni tetap merasakan sakit, sedih, dan gembira. Syeh Yusuf al-Duji menegaskan bahwa apabila telah terpisah dari tubuh, ruh tetap ada, mengerti, dan dalam kondisi apa ketika masih hidup, bahkan lebih dari itu. Oleh karena itu, mereka selalu menanyakan orang-orang yang masih hidup, mereka bahagia, sedih atas apa yang menimpa mereka. Maka, mayat yang telah dikubur akan merasa gembira apabila sering dikunjungi (hal. 168-169).

Ada perbedaan pendapat ulama mengenai sampai tidaknya pahala doa dan bacaan al-Qur’an yang dipanjatkan para peziarah untuk si mayat. Namun kebanyakan ulama, seperti Imam Syafi’i, Imam Hambali dan Imam Qurthubi berdasarkan beberapa hadist berpendapat bahwa pahalanya sampai. (hal. 176-177)

Masih banyak rahasia alam gaib yang dikupas tuntas oleh penulis lewat buku ini. Sebut saja mengenai rahasia kubur dan siksa-siksa kubur; apakah benar ada pertanyaan kubur? Apakah benar ada siksa dan nikmat kubur? Apakah ruh akan kembali ke jasadnya kelak di alam kubur? Dan apakah yang mendapat siksa atau bahagia di alam kubur adalah ruh saja atau ruh dan badan? Semua itu adalah hal rahasia yang selalu menimbulkan rasa penasaran tak usai. Dan hanya keimanan yang didasarkan pada dalil naqli yang bisa menerima kebenaran tersebut.

Digali dari nas-nas terpercaya dan disampaikan dengan bahasa sederhana, membuat buku ini merupakan rujukan meyakinkan yang layak jadi pegangan setiap muslim untuk membangun keyakinan yang benar dan keimanan yang murni. (Moh. Romadlon)

 

Judul 

: Mengintip Alam Gaib

Penulis

: Aep Saepulloh Darusmanwianti, M.A

Penerbit 

: Zaman

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam - Alam Gaib

Tebal

: 272 Halaman 

ISBN

: 978-6021-687-01-7

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215253

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit