Lentera Al-Quran; Kisah dan Hikmah Kehidupan Cetak E-mail
(13 votes)

Al-Quran Sebagai Penerang Hati

Lentera Al-Quran; Kisah dan Hikmah KehidupanAlam raya diciptakan oleh Allah Swt. untuk diolah olah para manusia, demi kenyamanan kehidupan di dunia serta kebahagiaan di akhirat kelak. Pada dasarnya, manusia bebas melakukan apa saja, selama hal itu tidak bertentangan dengan ketentuan yang telah digariskan oleh Al-Quran. Ada satu ungkapan bijak yang bertujuan mengingatkan manusia, “Betapapun usiamu panjang, kematian pasti datang; kerjakan apa saja, tapi kelak akan ada hisab atau perhitungannya.”

Manusia diperintahkan untuk meneladani Tuhan sepanjang kemampuannya dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada. Bukankah Tuhan itu Mahakaya dan Mahakuasa atas segala sesuatu? Seseorang yang merasa puas dengan perolehannya, sementara masih tersisa baginya kemampuan atau potensi untuk menambah demi kemanfaat diri atau makhluk lain, pada hakikatnya ia belum menghayati secara penuh dengan ajaran agama dan belum sempurna dalam mensyukuri segala karunia nikmat-Nya.

Memang benar, bahwa dalam literatur agama dikenal istilah qana’ah. Tetapi qana’ah yang dimaksud di sini tidak sekadar “merasa puas dengan yang dimiliki”. Kepuasan yang dimaksud di sini merupakan hasil akhir yang didahului oleh; keinginan meraih sesuatu, usaha maksimal, keberhasilan dalam usaha, menyerahkan dengan sukacita apa yang telah diraih kepada sesama manusia yang memerlukan pertolongan, dan lain sebagainya. Dengan terus menggali potensi diri, maka kita akan bisa menakar seberapa besar kadar syukur kita kepada Allah (hal. 108-109).

Sebagian orang tentu pernah melihat seekor kucing yang sedang marah. Ia bagaikan meniup dirinya sehingga tubuhnya akan terlihat lebih besar. Hasil tiupan itu adalah tipuan belaka. Namun, boleh jadi itu bisa ditoleransi karena ia sedang menghadapi musuh atau sedang mempertahankan eksistensinya.

Seperti halnya kucing, ada juga manusia yang meniup dirinya. Hal tersebut dilakukan bukan hanya ketika marah atau menghadapi musuh. Namun juga pada saat ia sedang merayu, mencari simpati bagi diri atau karyanya. Pada dasarnya, setiap orang tentu merasa senang bila dipuji, bahkan sebagian filosof berpendapat bahwa semua aktivitas manusia termasuk keinginan dipuji atau memuji, merupakan salah satu cara manusia mempertahankan eksistensinya.

Pujian, boleh jadi secara tulus datang dari pihak lain, boleh jadi juga karena diminta oleh yang bersangkutan. Pesan sponsor, istilah kita sekarang, atau iklan dalam bahasa yang lebih halus. Ada pujian yang mudah dipercaya, meski sebenarnya bohong, dan ada juga yang sebaliknya. Terkait hal ini, agama tidak melarang iklan dan pujian yang sewajarnya. Agama hanya berpesan, khususnya dalam bidang bisnis, sebagaimana firman Allah, “Jangan makan harta benda di antara kamu secara batil”. Ayat ini menegaskan bahwa jangan pernah kita melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain (hal. 263-265).

Islam mengajarkan kepada penganutnya untuk memberikan keteladanan yang baik. Terkait hal ini, Allah pernah berfirman, “Katakanlah (hai Muhammad), inilah jalanku, aku mengajak ke jalan Allah disertai dengan pembuktian yang nyata. Aku bersama orang-orang yang mengikutiku”. Dalam redaksi ayat ini, tecermin bahwa seseorang harus berusaha memulai kebaikan dari dirinya sendiri, disertai pembuktian nyata, baru kemudian melibatkan orang lain atau para pengikutnya.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Mulailah dari dirimu sendiri, kemudian susulkanlah keluargamu.” Apa yang disampaikan nabi mengandung pesan bahwa setiap orang pada hakikatnya adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Memimpin di sini dimulai dari diri kita sendiri terlebih dulu, baru orang-orang terdekat kita, demikian seterusnya (hal. 193-194).

Buku yang disusun oleh mantan Menteri Agama RI ini berisi sekumpulan tulisan dengan ragam tema yang sarat dengan hikmah kehidupan. Ditulis dengan menggunakan bahasa populer sehingga mudah dicerna dan enak dibaca. Terbitnya buku ini diharapkan dapat membantu pembaca meraih cahaya Al-Quran sebagai penerang hati yang terkadang merasa gundah dan gelisah ketika ujian dan problema datang menerpa. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul 

: Lentera Al-Quran; Kisah dan Hikmah Kehidupan

Penulis

: M. Quraish Shihab

Penerbit 

: Mizan

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam - Al-Quran

Tebal

: 376 Halaman 

ISBN

: 978-979-433-821-6

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM - AL-QURAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203270

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit