Superstar Udin Cetak E-mail
(13 votes)

Kekonyolan Siswa Spesial Bernama Udin

Superstar UdinNovel khas remaja berjudul ‘Superstar Udin’ karya Mahfuzh Amin, pria yang bermukim di Kota Tanjung Kalimantan Selatan ini cukup unik dan menarik. Diwarnai kejadian-kejadian konyol bin gokil yang akan membuat pembaca tersenyum-senyum sendiri bahkan tertawa ngakak. Cerita dimulai ketika Udin Pa’ak, tokoh utama dalam novel ini, tengah menjalani MOS di SMK Tunas Kelapa (STK).

Dari sekian banyak siswa yang dikerjain oleh para seniornya, Udin terbilang siswa yang paling unik dan spesial yang akhirnya terbebas dari hukuman seniornya. Meskipun lidah Udin cadel, tak bisa mengucapkan huruf ‘r’ tapi dia memiliki banyak keistimewaan, seperti otak encer, disukai teman-temannya, dan memiliki gigi yang menyilaukan mata ketika tengah tersenyum. Sehingga orang-orang jadi segan mengerjainya, karena bila ia marah ia akan mengeluarkan jurus senyuman giginya hingga orang lain merasa sangat silau dan langsung melindungi kedua matanya.

Kehadiran Udin di STK sontak menjadi pusat perhatian bahkan menjadi fenomena tak terbantahkan. Akan tetapi, senyuman gigi Udin yang mengundang cahaya menyilaukan itu lama-lama membuat Udin merasa tidak nyaman dan kurang keren. Ia lantas berinisiatif ingin operasi gigi ke Singapura. Di antara teman-temannya, hanya Marsanda, siswi cantik yang mengagumi Udin, yang tidak setuju Udin melakukan operasi gigi. Marsanda lebih menyukai sosok Udin yang apa adanya.

Hingga sebuah kejadian akhirnya menyadarkan Udin. Ia pun batal pergi ke Singapura untuk operasi gigi. Marsanda pun merasa senang. Demikian juga teman-temannya, meskipun mereka harus menyediakan kacamata anti silau, tapi bagi mereka tidaklah mengapa.

Beragam kejadian, baik suka maupun duka, pun dialami Udin selama menjadi siswa STK. Misalnya, ketika ia menjadi penengah teman-temannya yang ingin mengadakan acara pesta valentine. Di antara alasannya karena valentine bukan merupakan budaya dalam Islam dan hanya akan menghambur-hamburkan uang. Daripada mengumpulkan uang untuk pesta yang berasal dari budaya Barat tesebut, tentu akan lebih baik jika uangnya digunakan untuk beramal salih, seperti membantu saudara-saudara kita yang tengah tertimpa musibah.

Dari sekian kejadian yang dialami Udin, salah satu yang paling membekas di hatinya adalah ketika harus memilih gadis yang paling sreg di hati Udin, meskipun ia memiliki prinsip kuat tidak mau berpacaran. Ia bingung antara memilih Masayu atau Marshanda. Keduanya sama-sama gadis cantik yang memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Udin mengenal Masayu ketika di sekolahnya tengah mengadakan acara studi banding, tepatnya antara STK dan STP.

Masayu yang waktu itu mengenakan busana super seksi, sontak menjadi perhatian para siswa, khususnya kaum laki-laki. Kendati telah ditegur secara baik-baik, namun Masayu tetap bersikukuh tak mau mengubah penampilan seksinya. Hingga akhirnya ia mengalami sebuah kejadian yang membuatnya merasa harus membenahi sikap dan cara berbusananya. Dan itu semua berkat Udin, siswa unik dan gokil yang akhirnya mampu menarik hati Masayu. Sementara di sisi lain, Marsanda merasa tersaingi dan sangat cemburu dengan kehadiran Masayu.

Di balik segala kelebihan dan kekurangannya, namun secara umum novel remaja setebal 215 halaman ini menyelipkan beberapa hikmah dan pelajaran berharga bagi para pembacanya. Selamat membaca. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

 

Judul 

: Superstar Udin

Penyusun

: Mahfuzh Amin

Penerbit 

: Ping!!!

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Remaja

Tebal

: 215 Halaman 

ISBN

: 978-6022-551-84-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL REMAJA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31883308

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit