Garuda 19; Paulo Sitanggang Cetak E-mail
(3 votes)

Paulo Sitanggang; Sukses dalam Lapangan dan Pendidikan

Garuda 19; Paulo SitanggangMenjadi bagian dari skuad Garuda Muda tentu sangat membanggakan. Namun di balik rasa bangga ada sejuta kisah tentang perjuangan masing-masing personil yang sarat dengan suka duka. Sarat dengan emosi dan cucuran keringat. Terlebih di satu sisi, sebagai pemain mereka tetap berlatih dan berjuang di lapangan. Sementara di sisi lain, sebagai pelajar mereka pun harus tetap belajar dan berjuang mendapatkan nilai maksimal. Namun semua itu akan terbayar lunas ketika akhirnya mereka dapat melalui perjuangan itu dengan baik dan mampu memberkan prestasi maksimal. Baik sebagai tim maupun sebagai pribadi. baik saat di lapangan maupun di level akademik atau pendidikan.

Hal itulah yang dialami oleh Paulo Sitanggang, satu dari punggawa penting pasukan Garuda Muda. Perjuangan gelandang Timnas U-19 bernomor punggung 17 dalam melampaui semua itu yang dibidik penulis dalam komik ini.

Cerita dalam komik ini bermula setelah skuad Garuda muda melalui beberapa minggu masa liburan mereka. Kini mereka bersiap-siap untuk menyambut pertandingan baru, yakni tur Timur Tengah. Kata pelatih Indra Syafri tur itu dimulai tepat pada tanggal 1 April hingga 20 April mendatang. Persiapkanlah diri kalian. Bersiaplah untuk menang! Tegas coach Indra (halaman 13).

Semua punggawa Garuda Muda mendengar hal itu dengan gembira dan merasa tertantang. Hanya Paulo yang seketika melihat kalender pada handphone-nya dan sepertinya hanya dia yang ingat kalau tanggal 14 April, ia dan ke-9 teman lainnya harus menghadapi ujian nasional.

“Kalian tidak akan mengikuti ujian pada hari itu. Tapi kalian harus melakukannya. Menyusul. Nanti kalian kembali ke sekolah masing-masing untuk ikut ujian susulan. Sendirian. Dan, selama training camp ini, beberapa dari kalian yang akan mengikuti ujian nasional, tetap melakukan proses belajar akademik secara home schooling… Kami sudah menyiapkan guru privat yang akan mengajar kalian di sini.” terang salah satu official panjang lebar.

Meski ini berarti sangat berat dan melelahkan, namun tidak ada pilihan lain. Mereka yang akan ikut ujian nasional pun harus bekerja lebih keras. Harus bisa membagi dua fokus secara tepat dan berimbang. Tetap melakoni latihan dan pertandingan, serta tetap mempersiapkan diri jelang ujian dengan selalu belajar akademik.

Meski sebagian pemain termasuk Paulo konsentrasinya terbagi, namun dalam melakoni pertandingan uji coba melawan tim-tim Timur Tengah hasilnya cukup memuaskan. Dan yang lebih menggembirakan lagi, ternyata mereka juga bisa mendapatkan nilai yang memuaskan pada ujian akhir. Ke-10 punggawa Garuda Muda akhirnya dinyatakan lulus semua (halaman 105).

Kelelahan yang teramat sangat yang dilakoni oleh para punggawa Garuda Muda pun terbayar tuntas dengan sebuah kado istimewa yang dihadiahkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang menerima mereka semua tanpa melalui tes. Hal itu disampakan langsung oleh rektor UNY yang berkenan mengunjungi mereka. Prestasi kalian membawa nama Indonesia sudah lebih cukup untuk mengatakan bahwa kalian memang pantas, kata sang rektor (halaman 111).

Banyak buku yang mengulas tentang skuad Garuda Muda, dan komik ini merupakan satu yang mampu memotret perjuangan mereka dengan satu pesan mendalam bahwa kesuksesan di lapangan juga harus dibarengi kesuksesan secara akademik di bangku pendidikan. Fokus bermain sangat penting namun tidak boleh lupa tentang pentingnya pendidikan. Dan hal itu bisa terwujud berkat dukungan penuh dari segenap pelatih dan kebijakan dari pemerintah dan lembaga pendidikan. (Moh. Romadlon)

 

Judul 

: Garuda 19; Paulo Sitanggang

Penyusun

: Ai Chan dan Kickers Arsyad

Penerbit 

: Bentang Komik

Tahun

: 2014

Genre 

: Komik Remaja

Tebal

: 124 Halaman 

ISBN

: 978-6021-383-18-6

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KOMIK REMAJA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236864

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit