Be A Reader; Mendulang Aksara, Meraih Makna Cetak E-mail
(1 vote)

Menjadi Sukses Karena Membaca

Be A Reader; Mendulang Aksara, Meraih MaknaAyat pertama yang diturunkan Allah Swt., kepada nabi Muhammad Saw melalui perantaraan malaikat Jibril adalah surah Al Alaq ayat 1-5 yang salah satu ayat pertamanya berbunyi Iqra’ yang berarti bacalah. Menurut M. Quraish Shihab dalam tafsirnya Al Misbah menyimpulkan bahwa makna dari kata Iqra' adalah digunakan dalam arti membaca, menelaah, menyampaikan dan sebagainya dan karena objeknya bersifat umum, objek kata tersebut mencakup segala yang dapat terjangkau, baik ia merupakan bacaan suci yang bersumber dari Tuhan maupun bukan, baik ia menyangkut ayat-ayat tertulis maupun yang tidak tertulis.

Perintah membaca dalam ayat pertama tersebut memberikan kepada kita akan pentingnya membaca baik secara tekstual maupun kontekstual. Karena maju mundurnya suatu bangsa adalah terletak pada rajinnya dia membaca. Semakin banyak buku yang dibaca maka, semakin banyak ilmu yang dia dapat. Tak ada satupun orang yang sukses di dunia ini tanpa membaca baik membaca secara tekstual maupun membaca secara kontekstual dengan membaca pengalaman orang lain yang jatuh bangun gagal sampai dia menjadi sukses.

Sebut saja di sini Jalaluddin Rahmat, seorang pakar komunikasi dalam bukunya Retorika Modern, menyampaikan bahwa selama tiga tahun, 1976-1979, ia ditugaskan untuk mengajarkan mata kuliah retorika, dimana materi tersebut tidak pernah ia dapati sebelumnya selagi mahasiswa. Maka, ia melakukan proses “pencarian” yaitu mencari bahan-bahan retorika yang mutakhir—membaca buku dan jurnal—karenanya, berangsur-angsur semakin lama ia semakin mencintai retorika. Oleh sebab itulah dia akhirnya menjadi pakar retorika (hal. 42-43).

Bagi mereka yang tidak sempat menempuh jalan pendidikan formal ataupun tidak bisa menyelesaikan pendidikan secara formal ternyata bisa juga menjadi sukses dengan cara membaca. Misalnya seorang sastrawan yang bernama Ajib Rosidi kelahiran Jatiwangi, Majelangka, pada tanggal 31 Januari 1938 ini telah menulis sejak remaja dan kini telah menerbitkan lebih dari seratus judul buku berupa kumpulan sajak, roman, drama, biografi, kumpulan, essay, dan memoar.

Ajib Rosidi berani nekat untuk drop-out dari taman Madya (SMA) karena pada waktu itu dia mendengar berita dari surat kabar bahwa bahan ujian bocor. Hal tersebut diakibatkan ada orang yang mengeluarkan banyak uang untuk menyogok pejabat yang bersangkutan agar dapat memperoleh bahan ujian sebelum waktunya. Atas kejadian tersebut dia berkesimpulan bahwa “orang-orang tersebut menggantungkan hidupnya pada ijazah, untuk mendapatkan ijazah dia mau bermain curang serta mengeluarkan uang”. Kemudian dia memutuskan untuk tidak mengikuti ujian dan ingin membuktikan bisa hidup tanpa ijazah. Seiring dengan perjalanan waktu disertai dengan upaya kesungguhannya untuk terus menerus belajar dan membaca. Akhirnya dia menjadi sastrawan terkenal di Indonesia (hal. 86).

Buku setebal 108 halaman ini memberikan kita inspirasi tentang manfaat dari membaca buku sehingga mereka sukses karena sering membaca. Selain tokoh-tokoh terkenal di atas masih banyak lagi tokoh lain yang sukses karena membaca seperti Emha Ainun Najib, B.J. Habibie, Andrie Wongso, Rhenald Kasali, Anis Baswedan, Azzumardi Azra dan lain-lain.

Selamat membaca.... (Muhammad fahruzaini)

 

Judul 

: Be A Reader; Mendulang Aksara, Meraih Makna

Penulis

: Antoni Ludfi Arifin

Penerbit 

: Gramedia Pustaka Utama

Tahun

: 2013

Genre 

: Pengembangan Diri

Tebal

: 108 Halaman 

ISBN

: 978-979-22-9781-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27935701

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit