Perempuan Dambaan Al-Quran Cetak E-mail
(2 votes)

Tuntunan Mempercantik Diri dengan Akhlak Terpuji  

Perempuan Dambaan Al-QuranKebanyakan orang beranggapan bahwa cantik selalu identik dengan fisik tinggi, putih, langsing dengan tubuh, dada, wajah yang proporsional, berhidung mancung, berambut hitam mengilat, dan sebagainya. Padahal definisi kecantikan fisik selalu saja berubah sesuai zaman. Jika pada abad 15-17 M definisi cantik identik dengan perempuan yang memiliki perut, panggul, dan dada besar, maka abad ke-19 kecantikan sudah diidentikkan dengan wajah dan bahu bundar serta tubuh yang berisi. Abad ke-21 ini definisi cantik bahkan sudah dikendalikan oleh iklan-iklan produk kecantikan (halaman 20), di mana tentu saja mereka yang tak memiliki kepercayaan diri akan menjadi korban.

Buku ini akan memberikan pandangan lain kepada siapapun yang mendambakan kecantikan luar dalam. Kecantikan yang tak hanya tampak pada fisik semata, namun juga terpancar dari jiwa, tingkah laku, dan pola pikir. Kecantikan yang terangkum dalam memoar; jadikan ghadhul bashar (menjaga pandangan) sebagai hiasan kedua mata agar semakin bening dan jernih, oleskan lipstik kejujuran pada bibir agar semakin manis, gunakan pemerah pipi dari haya’ (rasa malu) yang hanya dijual di salon iman, pakai sabun istighfar untuk membersihkan badan dari dosa dan kesalahan, merawat rambut dengan jilbab islami yang akan menghilangkan ketombe pandangan laki-laki asing yang membahayakan, gunakan anting-anting indah dengan hanya mendengarkan yang baik-baik saja, hiasi tangan dengan gelang tawadhu’ dan jari-jemari dengan cincin ukhuwah, sebaik-baik kalung adalah kalung kesucian, serta bedaki wajah dengan memperbanyak wudhu (halaman 24). Kita juga akan dipandu untuk mengetahui amalan ruhiah apa saja yang akan mengimbas pada kecantikan diri. Bagaimana bisa kecintaan terhadap Allah, menegakkan salat lima waktu, wudhu, puasa, zakat dan sedekah, tilawah Al-Quran, zikir dan do’a, istighfar, tawakal, berbuat kebajikan dan meninggalkan kemaksiatan, silaturahim, senyum, memaafkan orang lain, berjilbab, mempertebal rasa malu kepada Allah, ilmu, tawadhu’, zuhud serta qana’ah, dapat menambah kecantikan para wanita lengkap dengan dalil/bukti ilmiah yang menguatkannya. Inner beauty—di mana akhlak baik menjadi sumbunya—justru menjadi pangkal dari kecantikan fisik yang tak terbatasi oleh jangka umur.

Tapi jangan salah. Buku ini juga mengingatkan kita untuk selalu merawat kecantikan fisik. Mandi, tidur yang cukup, perawatan kulit dengan kosmetik yang sesuai, lulur, pemanfaatan buah dan sayur, pemilihan makanan minuman yang baik dengan nutrisi yang cukup, olahraga, perawatan rambut dan kuku, membatasi beberapa jenis makanan yang akan berakibat buruk jika dikonsumsi berlebih (diet), manfaat air putih, perawatan daerah kemaluan hingga area ketiak, bahkan bagaimana pentingnya pengaruh kombinasi pakaian yang kita pakai juga diurai. Selama semuanya masuk dalam toleransi agama, kita justru dianjurkan demi menjaga sekaligus meningkatkan kualitas hidup. Dalam hal pemenuhan kebutuhan perut saja Al-Quran dan Nabi sampai berpesan; makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan (Q.S. 7;31). Sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk udara (Al Hadits).

Berhias pun tetap ada aturannya. Beberapa hal yang tidak diperbolehkan dalam mempercantik diri itu dibahas dalam bab terakhir. Tabarruj atau berlebih-lebihan dalam berhias (atau dalam definisi Imam Bukhari, memamerkan segala kecantikan diri) menjadi larangan lantaran dapat memancing kemaksiatan. Jilbab pun kemudian menjadi tameng wajib yang menandakan identitas bahwa pemakainya adalah perempuan berakhlak baik. Berdandan menyerupai lawan jenis dilarang. Ada ahli yang menyatakan bahwa karakteristik seseorang bisa berubah karena penampilan. Menggunduli rambut kepala, menyambung rambut kepala, mentato tubuh, berlebih-lebihan dalam memakai wewangian, dan kehati-hatian dalam bertutur sapa juga masuk dalam pembahasan larangan lantaran ada kekhawatiran tertentu jika dilanggar. Menjadikan buku ini panduan lengkap perawatan kecantikan luar dalam. (Adi Zam-Zam) *

 

Judul

: Perempuan Dambaan Al-Quran; Penuntun Mempercantik Diri dengan Ibadah dan Akhlak Terpuji

Penulis

: Gayatri Ida Susanti

Penerbit 

: Mizania

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam

Tebal

: 164 Halaman

ISBN

: 978-6021-337-06-6

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230103

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit