Stronger Than Me; Kisah-Kisah Mereka Yang Tegar Karena Sosok Ibu Cetak E-mail
(2 votes)

Sejuta Kisah Tentang Bunda

Stronger Than Me; Kisah-Kisah Mereka Yang Tegar Karena Sosok IbuBagi siapa saja, sosok bunda merupakan inspirasi tidak bertepi. Jiwa, cinta, dan pesonanya tak bisa terhapus oleh jejak-jejak masa. Dan, seandainya memori anak menyimpan kedahsyatan seorang ibu, maka sebetulnya yang tersimpan itu adalah secuil dari kedahsyatan yang sesungguhnya. Sehingga, setiap anak selalu memiliki kisah beragam tentang sang bunda. Nah keragaman inilah yang disajikan dalam buku ini. Setidaknya ada sembilan belas cerita inspiratif seputar sosok ibu dan kasih sayangnya yang tersaji di dalam buku ini.

Salah satu judul ceritanya adalah Stronger Than Me. Cerita ini menyuguhkan ketegaran seorang ibu dalam mempertahankan perkawinannya. Meski suaminya telah memiliki istri baru, tapi Sar, tokoh utama dalam cerita ini, tetap kukuh tidak akan meminta cerai. Ia tak ingin anak semata wayangnya menjadi korban keegoannya. Menurutnya, menjadi korban perceraian itu tidak mudah. Setidaknya aku akan berusaha mencegah anakku mengalaminya. Pada saat bersamaan, Sar masih harus berjuang melawan serangan kanker. Kendati selalu dirajam perih jiwa dan raga, ia merasa tetap bahagia selama berhasil mempertahankan perkawinannya. (hal. 32-40)

Cerita lainnya berjudul Impian si Tukang Bangunan. Cerita ini mengangkat ketegaran seorang janda dalam menghadapi badai kehidupan. Sejak ditinggal mati sang suami, ia berperan ganda, yakni selaku ibu sekaligus ayah. Dengan tetap menjadi ibu yang penuh kasih, ia berhasil menggantikan pekerjaan sang suami, yakni menjadi tukang bangunan. Sehingga ia menjelma menjadi sosok yang perkasa sekaligus sangat bijaksana. Ia sosok yang tegar pantang menangis. Ia berujar, daripada air mata keluar dibuang percuma, lebih baik diolah menjadi bahan bakar penyemangat agar kita lebih bersyukur kepada-Nya.

Meski tak lazim, tapi dengan menjadi tukang bangunan, ia berhasil menghantarkan Naumi, anak semata wayangnya sampai bangku SMA. Perjuangan itu ditempuh karena beliau tak ingin putri satu-satunya akan bernasib sama sepertinya. Cukup ibu yang me-laki-kan diri seperti ini, katanya suatu kali. (hal. 179-189).

Buku ini ditutup dengan cerita berjudul Surat karya Zaenal Fanani. Cerita ini sangat menyentuh. Kisahnya dibuka dengan penggambaran seorang emak yang sedang bertopang dagu di bingkai jendela rumahnya. Tidak ada yang tahu sejak kapan perempuan tua, bernama Mak Tarjah itu berada di situ. Bahkan Mak Tarjah itu sendiri tak pernah tahu kapan semua ini bermula.

Ya, sejak Pamor, anak tunggal kesayanganya pergi sang ibu itu selalu menunggu senja di desanya, menunggu kepulangan sang anak dengan bertopang dagu di jendela itu. Semua itu ia lakukan karena ia sangat mencintai Pamor. Pamor baginya adalah segalanya. Meski untuk memenuhi gaya hidup sang anak harta miliknya ludes terjual. Bahkan, karena kenakalannya berulang kali sang emak harus mengeluarkan anak dari penjara dengan biaya tebusan  yang tak sedikit.

Tapi sekali lagi, sang ibu tak menyesal. Aku tak menyesal mencintai Pamor, teriaknya lantang saat tetangga melintas di depan jendela rumahnya. Pamor, Emak mencintamu seperti hujan, seperti bulan, seperti Tuhan. Cinta ini tak terhapus bahkan oleh kematian sekali pun.

Emak masih tetap akan terus menunggu kepulangan Pamor yang telah dijanjikan lewat sepucuk surat yang sempat sekali dikirim Pamor sejak kepergianya. Sayang, Emak Tarjah tak pernah mengerti bahwa surat yang berisikan satu kalimat, “Aku akan pulang, Mak” merupakan kata pamitan Pamor sebelum ia menghadapi regu tembak di Nusa Kambangan. Tapi Emak Tarjah tetap yakin anak tercintanya akan “pulang” meski tanpa jasad. Cinta telah mengajarkan banyak hal. Penantian Emak Tarjah di jendela rumahnya mungkin bukan penantian yang diduga banyak orang. (hal.  237-215)     

Bunda memang terlihat sebagai sosok yang lemah, tapi dibalik itu terdapat ketegaran yang karang dan ketulusan kasih yang tak lekang. Hal itulah yang menjadi titik inspirasi terbesar bagi anak-anaknya. Begitu juga sebaliknya, anak bagi sang ibu juga merupakan kekuatan tersendiri yang membangkitkan sebuah cinta sang bunda yang tak bertepi. Semua itu terajut dalam19 cerita dalam buku ini. (Moh. Romadlon)

 

Judul 

Stronger Than Me; Kisah-Kisah Mereka Yang Tegar Karena Sosok Ibu

Penulis

Jazim Naira Chand dkk.

Penerbit 

: de TEENS

Tahun

: 2014

Genre 

: Kumpulan Cerita Pendek

Tebal

: 252 Halaman

ISBN

: 978-6022-960-04-1

 

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KUMPULAN CERITA PENDEK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215273

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit