Buku Lengkap Mengurus Jenazah Cetak E-mail
(1 vote)

Tuntunan Mengurus Jenazah Dengan Benar

Buku Lengkap Mengurus JenazahSaat salah satu saudara, kerabat, atau tetangga kita seagama meninggal, tentu mengurus jenazahnya bukan kewajiban salah satu orang, semisal seorang modin (tokoh desa), tapi merupakan kewajiban bagi setiap orang Islam. Hukumnya fardhu kifayah. Memang bila sudah ada yang menangani, maka gugurlah kewajiban itu atas yang lain, tapi bila tidak ada satu pun yang peduli, niscaya semua menanggung dosanya.

Permasalahannya, sampai sekarang hanya sebagian orang yang menguasai dan memahami cara-cara atau tuntunan mengurus jenazah, sementara yang lainnya merasa itu bukan tugasnya sehingga terkesan tak peduli. Sebetulnya tidak demikian, karena bagaimana pun jenazah akan lebih senang bila yang mengurus adalah orang terdekatnya, seperti anak, istri, suami, ayah atau ibunya, baru saudara, kerabat, dan tetangga. Selain itu, mengurus jenasah bukan hal sulit, hanya butuh pengetahuan dan kehati-hatian. Berangkat dari hal di atas itulah, lewat buku ini, penulis mencoba meracik dan menyajikan pembahasan mengenai tata cara mengurus jenazah yang benar. 

Pada dasarnya, kewajiban seorang muslim atas jenazah orang muslim lainnya meliputi empat hal, yakni memandikan, mengkafani, menshalati, dan menguburnya. Selebihnya, hanya merupakan rangkaian upacara yang bersifat keadatan belaka.

Memandikan adalah membersihkan seluruh tubuh jenazah dari segala kotoran yang berupa najis maupun hadats agar ketika menghadap ke Allah SWT. mayit dalam kondisi suci dan bersih. Namun, ada beberapa mayit yang dikecualikan dari kewajiban dimandikan ini, yaitu orang yang mati syahid karena berperang di jalan Allah SWT., orang yang mati sedang ilhram, bayi premature yang belum sempat menangis (hal. 37-39). Selanjutnya, dalam hal memandikan akan dikupas tentang orang-orang yang berhak memandikan, perlengkapan yang mesti dipersiapkan sebelum memandikan, tata cara memandikan, hal-hal yang perlu diperhatikan saat memandikan, seperti saat memandikan harus dengan perasaan dan gerakan lembut, sehingga mayit tidak tersakiti, dan setelah selesai, bagi yang memandikan disunatkan mandi.

Setelah dimandikan, kewajiban berikutnya adalah mengkafani. Maksud dari mengkafani adalah mengunakan kain kafan yang diperoleh dari harta peninggalan jenasah. Untuk mengkafani sekurang-kurangnya satu lapis yang menutupi seluruh badan mayit, baik laki-laki maupun perempuan. Namun, sebaiknya untuk laki-laki dikafani dengan 3 lapis kain yang menutupi seluruh badan. Sedang perempuan, sebaiknya dilapisi 5 lembar kain, yaitu kain basahan, atau kain mandi, baju, tutup kepala, kerudung, dan kain kafan yang menutupi seluruh badan (hal.55).  Bab ini juga menjelaskan tentang tata cara dalam mengkafani yang tentu antara mayit laki-laki dan perempuan berbeda. Selain itu juga mengupas cara mengkafani mayit dalam kondisi tertentu, semisal mayit yang hancur badannya karena kecelakaan atau telah membusuk  karena tenggelam, dll.

Kewajiban selanjutnya adalah menshalatkan. Tentang syarat shalat jenazah sama dengan syarat shalat fardlu lainnya. Sementara mengenai rukun shalat jenazah adalah meliputi niat, takbir empat kali, membaca fatikhah, membaca shalawat, doa, dan salam hal. 83-87).

Setelah semua rangkaian di atas, mulai dari memandikan, mengkafani, hingga menshalatkan usai ditunaikan, maka kewajiban terakhir adalah mensegerakan mengkubur jenazah. Nabi bersabda, “tiga hal yang tidak boleh dilambatkan; shalat jika sudah tiba waktunya, jenazah yang sudah siap, gadis/ bujang jika sudah mendapatkan yang sekufu (sesuai).” (hal. 96). Seandainya pun harus tetap ada penundaaan, itu harus kembali kepada kemaslahatan mayit atau kemaslahatan umat yang lebih besar, seperti karena kepentingan otopsi, dll.

Bab selanjutnya dalam buku ini mengupas berbagai hal yang menjadi beban dan kewajiban para ahli waris setelah empat kewajiban awal tertunaikan semua. Kewajiban pasca pemakaman tersebut adalah meliputi menyelesaikan utang-piutang si mayit, melaksanakan semua wasiat-wasiatnya, meminta maaf dari orang-orang yang merasa terzhalimi semasa hidup si mayit, serta menyelesaikan sengketa yang pernah terjadi antara seseorang dan si mayit.

Dan, buku ini ditutup dengan pembahasan mengenai bentuk pertolongan/ bantuan ataupun bentuk kepedulian/ bakti ahli waris kepada si mayit, yakni dalam bentuk doa-doa. Sebab, ketika seseorang meninggal hanya bisa membawa satu bekal, yakni amal dan hanya bisa mengambil “tabungan” berupa ilmu bermanfaat, sadaqah jariah, dan doa-doa dari para ahli waris. (Moh. Romadlon)

 

Judul 

Buku Lengkap Mengurus Jenazah

Penulis

Syukur Abdul Waid, M.Ag

Penerbit 

: Sabil

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam

Tebal

: Halaman

ISBN

: 978-6022-553-19-9

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230058

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit