Kolase; Hingga Dia Mencinta Sakura Cetak E-mail
(2 votes)

Antara Cinta dan Cita-cita

Kolase; Hingga Dia Mencinta SakuraBetapa sering antara cinta dan cita-cita menjadi dilema dalam kehidupan kita. Nilai inilah yang tampaknya menjadi poin utama dari cerita yang dituturkan oleh Zainuddin Muza dalam novel remaja romantis ini. Dengan tokoh sentral Roza yang memiliki cita-cita menjadi seorang komikus ternama, dan kemudian mendapatkan jalan terang ketika ia lolos mendapatkan program beasiswa Student Exchange and Research Student. Tak hanya mendapatkan tempat kuliah yang memadai di Universitas Rikkyo, namun Roza pun kemudian bertemu Akane, pemilik Cherry Blossom Café tempat ia mengambil kerja paruh waktu, yang justru banyak membantu menunjukkan jalur mana yang sebaiknya ditempuh jika ingin meraih cita-citanya. Meski posisi keduanya seharusnya adalah majikan dan pegawai, namun hubungan keduanya justru seperti kakak adik.

Digerakkan dengan plot-plot kecil yang sambung-menyambung, menjadikan kurang greget ketika membaca novel ini, dikarenakan suspense yang kurang terasa. Kecurigaan saya, plot besar yang (seharusnya) mengikat pembaca dari awal hingga akhir, sepertinya terletak pada hubungan antara Roza dan Rovi, yang semula hanya sebatas teman biasa, penuh perhatian, bahkan kadang-kadang tersulut konflik, namun kemudian berkembang menjadi perhatian yang spesial ketika muncul sosok Jun Yamato. Jun adalah sosok badboy yang kerap terlibat seteru dengan para anggota geng jalanan, namun kemudian mengalami titik balik setelah (tanpa sengaja) bertemu dengan Roza (halaman 75). Sayangnya plot besar ini terkesan lamban di bagian awal, sehingga membuat pembaca sempat bertanya-tanya, ke arah mana sebenarnya cerita ini hendak bergerak. Apakah ke arah cita-cita Roza sebagai komikus, ataukah percintaan Roza dengan Rovi yang panas di luar namun ternyata ada benih kerinduan di dalam. Sepertinya, kesengajaan penulis melinearkan dua alur dalam dua garis cerita yang terus bergerak maju adalah demi menunjukkan ‘pendapatnya’ bahwa antara cinta dan cita-cita kadang bisa sama pentingnya bagi seseorang.

Yang menjadi daya tarik cerita ini adalah soal perkomikan, perbandingan antara di Indonesia dengan Jepang, di mana (sudah menjadi berita umum) iklim perkomikan di sana lebih mendukung. Jarang ada karya fiksi semacam cerpen atau novel yang mengolah dunia perkomikan menjadi setting-nya secara serius. Sayangnya, penggalian dunia komik tersebut terasa masih kurang dalam dan terkesan masih hanya sebatas tempelan yang dimanfaatkan sepintas lalu. Bagaimana teknik-teknik membuat komik, atau setidaknya atmosfer dunia para komikus yang mencakup bagaimana para komikus itu bertahan hidup, atau bisa juga perlindungan hak cipta atas karya tak ter-blow up dengan baik. Proses kreatif Roza saat menggarap komik Ai no Ruru yang terinspirasi Grup JKT48 tak terpaparkan dengan ‘cerdas’. Bagaimana hubungan komikus dengan penerbit, apa saja fasilitas yang didapat dari penerbit, atau bagaimana-bagaimana lainnya tak turut terceritakan. Ini bisa jadi karena kekuranglincahan penulis dalam bertutur sehingga banyak yang luput dari analisanya, namun bisa juga karena kekurangluasan wawasan penulis dalam soal perkomikan. Kita tentu masih ingat dengan kasus ‘Pak Raden’ dengan karya ‘Si Unyil’nya yang sempat menjadi keprihatinan para seniman kita. Tentu masih banyak masalah sejenis yang menimpa para komikus di negeri kita yang bisa dicarikan jalan keluar melalui studi banding dengan dunia perkomikan di sana. Tak ada salahnya berharap banyak, meskipun itu terhadap karya teenlit sekalipun.

Tapi tentu saja, novel ‘Kolase’ ini dapat dijadikan teman pengisi waktu senggang para remaja yang butuh suntikan semangat. Kegigihan Roza dalam memperjuangkan cita-citanya sehingga mampu mendapatkan sebuah kesempatan besar meski bermula dari peluang kecil bisa dijadikan contoh. Hobi pun bisa menjadi bagian hidup (tak terpisahkan) yang ‘menghasilkan’ jika kau serius menekuninya. Kuncinya mudah, ganbatte! (Adi Zam-Zam)

 

Judul 

: Kolase; Hingga Dia Mencinta Sakura

Penulis

: Zainuddin Muza

Penerbit 

: Ping!!!

Tahun

: 2014

Genre 

: Novel Fiksi

Tebal

: 215 Halaman

ISBN

: 978-6022-555-73-5

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL FIKSI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447765

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit