Temulawak Itu Ajaib! Cetak E-mail
(7 votes)

Khasiat Temulawak Atasi Beragam Penyakit

Temulawak Itu Ajaib!Temulawak merupakan tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (zingiberaceae). Tanaman ini masih termasuk dalam famili temu-temuan lainnya, seperti temu hitam, kunyit, kencur, lengkuas, dan jahe. Temulawak merupakan tanaman tahunan yang tumbuh merumpun, memiliki batang semu berwarna hijau dan cokelat gelap. Batang-batang tersebut tersusun atas upih-upih daun layaknya pohon pisang dan tumbuh tegak lurus. Tingginya bisa mencapai 1 meter tapi kurang dari 2 meter. Masing-masing rumpun terdiri dari beberapa tanaman (anakan) dan memiliki 2-9 helai daun pada setiap anakan.

Temulawak bisa berbunga hampir sepanjang tahun, khususnya di daerah dengan curah hujan tinggi seperti Bogor (yang memiliki curah hujan sekitar 4.000 mm/tahun). Biasanya, tanaman ini akan mulai berbunga sekitar 2-4 bulan setelah musim penghujan datang. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, tanaman ini biasanya akan mulai berbunga antara bulan Januari-Maret (hal. 15).

Temulawak diyakini sebagai tumbuhan yang asli berasal dari Indonesia. Tanaman ini diduga kuat berasal dari Pulau Jawa dan menyebar ke wilayah-wilayah lain di Indonesia, seperti Sulawesi, Lampung, Kalimantan, Bengkulu, Madura, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan, bahkan telah menyebar ke beberapa negara seperti Filipina, Malaysia, Thailand, India, Burma, dan Cina Selatan (hal. 19).

Ginjal merupakan salah satu organ penting pada tubuh manusia. Organ ini memiliki peran kunci dalam fungsi tubuh. Ia tak hanya berfungsi untuk menyaring darah dan membersihkan kotoran, namun juga berfungsi menjaga keseimbangan dari tingkat-tingkat elektrolit-elektrolit di dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menstimulasi produksi dari sel-sel darah merah. Mengingat betapa pentingnya kesehatan organ ini, maka kita harus berusaha mewaspadai segala macam gangguan yang bisa merusak ginjal. Salah satu gangguan yang kerap menimpa ginjal adalah gagal ginjal.

Gagal ginjal bisa terjadi karena adanya situasi akut atau munculnya persoalan-persoalan kronis. Pada penyakit gagal ginjal akut, fungsi ginjal akan hilang dengan sangat cepat. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya sebuah luka tubuh yang bervariasi. Biasanya faktor-faktor penyebab dari gagal ginjal dikelompokkan sesuai dengan lokasi luka yang terjadi (hal. 44).

Pada tahap awal, gagal ginjal bisa jadi tidak menunjukkan gejala apapun. Seiring dengan berkurangnya fungsi ginjal, gejala-gejala yang muncul biasanya dihubungkan dengan ketidakmampuannya untuk mengatur keseimbangan-keseimbangan air dan elektrolit-elektrolitnya, untuk membersihkan limbah dari tubuh, dan mempromosikan produksi sel darah merah. Lesu, lemah, napas pendek, dan pembengkakan merupakan sederet gejala yang umum terjadi. Jika tidak segera diketahui dan sadari, maka kondisi ini dapat mengancam jiwa penderitanya.

Berikut ini beberapa gejala lain yang umum menyertai gagal ginjal; kencing terasa kurang dibandingkan sebelumnya, perubahan warna kencing (berbusa, atau sering bangun malam untuk kencing), sering mengalami bengkak pada kaki, pergelangan tangan dan wajah, punggung sering terasa pegal, mengalami gatal-gatal khususnya di bagian kaki, sering mual dan muntah, dll (hal. 47-48).

Salah satu tindakan pencegahan untuk mengatasi gagal ginjal adalah mengobati penyakit-penyakit kronis yang bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal. Di antara penyakit kronis yang bisa merusak ginjal adalah hipertensi dan diabetes. Maka, penting untuk selalu mempertahankan kadar gula darah dan tekanan darah tetap berada pada batas-batas normal. Apalagi, kedua penyakit ini tidak hanya merusak ginjal tapi juga organ-organ lainnya (hal. 49).

Temulawak dipercaya dapat menjadi alternatif untuk mengobati gagal ginjal. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain; 2 rimpang temulawak, 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun kacabeling dan 1 liter air. Cara membuat; cuci semua bahan hingga bersih, iris tipis-tipis temulawak tersebut, rebus semua bahan dengan 1 liter air hingga mendidih. Angkat lalu disaring. Minum ramuan tersebut 1 kali sehari 1 cangkir, lakukan selama 3 hari (hal. 50-51).

Selain gagal ginjal, beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan temulawak antara lain asma, masuk angin, sakit kepala, batuk, mengatasi ASI tidak lancar, menurunkan kadar kolesterol tinggi, dan lain-lain. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul 

: Temulawak Itu Ajaib!

Penulis

: Hamid Prasetya Subagja

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Tanaman Obat

Tebal

: 148 Halaman

ISBN

: 978-6022-556-41-1

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
TANAMAN OBAT

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203287

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit