Jadikan Dirimu Orang Yang Tak Terlupakan Cetak E-mail
(3 votes)

Langkah Menjadi Pribadi yang Abadi

Jadikan Dirimu Orang Yang Tak TerlupakanSecara kuantitas hidup seorang dibatasi oleh sebuah jatah usia, namun secara kualitas tidaklah terbatas. Mereka sanggup “hidup” melintasi jatah usianya. Hal itulah yang ditunjukkan para tokoh legendaris dunia. Sebut saja, Nabi Muhammad, Yesus Kristus, Mahatma Gandhi, Albert Einsten, The Beatles, dan sederet tokoh besar lainnya. Meski jasad mereka sudah masuk ke liang kubur, tapi nama dan jasa besar mereka tetap berkibar, terkenang sepanjang sejarah peradaban dunia.

Sebetulnya, bukan mereka saja, semua orang –termasuk kita– bisa menjadi pribadi yang senantiasa terkenang, tetap “hidup” melintasi batas usia. Sebab, setiap orang memiliki potensi dan kesempatan yang sama seperti mereka, meski dengan kadar dan ukurannya masing-masing. Dalam buku ini akan diuraikan beberapa langkah penting yang mesti dilakukan seseorang agar bisa menjadi  pribadi yang berpengaruh dan tak mudah terlupa.

Langkah pertama, mengenali diri sendiri dengan baik. Pengenalan diri sendiri meliputi banyak aspek, mulai fisik, kepribadian, watak, bakat, kelemahan, hingga kelebihan. Hal ini penting, sebab orang yang mengenal jati dirinya, dapat dengan mudah membawa dan menempatkan diri dengan proporsional dan sesuai dengan fitrahnya. Selain itu, pemikiranya pun cemerlang, sebab digali dari sebuh kepribadian diri bukan hasil dari meng-copy karya orang lain. Pada saatnya, sikap seperti itu akan menjelma menjadi kekuatan yang dahsyat (hal. 123-124).

Setelah mengenal jati diri, langkah kedua adalah menunjukan kualitas dan integritas diri. Seorang baru dinilai memiliki integritas apabila telah mampu menyelaraskan perkataan dan tindakan, sehingga ia tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan dapat dipercaya. Sikap inilah yang akan memancarkan kewibawaan yang merupakan fondasi penting menjadi seorang yang berpengaruh dan patut dikenang sepanjang masa. Sebab, dengan integritas seseorang akan mampu memberikan dampak positif bagi sesama (hal. 127).

Langkah ketiga, untuk menjadi orang hebat yang selalu terkenang, seseorang  harus menjadi trendsetter bukan follower. Sehebat apa pun seorang plagiat tidak akan menjadi orang yang lebih hebat dari aslinya. Sementara, untuk menjadi trendsetter seseorang dituntut untuk menjadi pribadi dengan sejuta kreativitas. Pribadi yang selalu mampu menawarkan hal-hal inovatif, terbaru, serta solusi cerdas atas beragam permasalahan yang dihadapi (hal. 131-132).

Langkah selanjutnya adalah mampu mengkomunikasikan ide atau gagasan kreatifnya. Sebab, dengan komunikasi memungkinkan seseorang individu membangun suatu kerangka rujukan dan menggunakannya sebagai panduan untuk menafsiri situasi apa pun. Komunikasi juga memungkin seseorang untuk mempelajari dan menerapkan strategi-strategi yang adaptif dalam menghadapi situasi-situasi problematik (hal. 137).

Selain harus memiliki ide atau gagasan original, penuh kreatifitas, dan istimewa, untuk menjadi pribadi yang tak terlupakan seseorang harus berani tampil unik dan beda. Sebab, keunikan itulah yang kemudian menjadi personal branding dan mendorongnya untuk lebih fokus menggali kualitas personal daripada berusaha sama dengan lainnya (hal. 144).

Memang menjadi berbeda tak mudah. Butuh kerja keras, kejujuran, dan konsistensi. Tanpa hal tersebut sulit rasanya untuk menumbuhkan kepercayaan dan pengakuan dan orang lain.padahal kepercayaan dan pengakuan adalah satu prasyarat atau langkah penting untuk menjadi pribadi yang tak mudah dilupakan (hal. 155).

Namun ketika kepercayaan sudah dipegang, seseorang bisa dikatakan sudah memiliki modal atau bahan yang “memaksa” orang lain selalu mengenangnya. Tinggal memanfaatkan modal itu sebagai sarana menginspirasi dan memotivasi orang lain. Seberapa banyak orang yang terinspirasi dan termotivasi oleh ide, prinsip, visi dan misi, nilai serta perilaku seseorang, sebanyak itu pula sebetulnya ia akan dikenang (hal. 163-166).

Masih banyak langkah penting lainnya dalam buku ini yang mesti dipahami oleh seseorang bila ingin sejarah hidupnya tidak ikut berakhir ketika tutup usia. Untuk menjadi seorang yang istimewa tidak harus melakukan hal yang luar biasa, cukup melakukan hal –yang mungkin– biasa tapi dengan cara-cara yang berbeda. Sebab, tak selamanya beda itu hebat, tapi setiap yang terhebat pasti berbeda. (Moh. Romadlon)

 

Judul 

: Jadikan Dirimu Orang Yang Tak Terlupakan

Penulis

: Widarko Bangkit

Penerbit 

: Laksana

Tahun

: 2014

Genre 

: Motivasi

Tebal

: 190 Halaman 

ISBN

: 978-6022-556-44-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225557

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit