Gentle Birth Balance Cetak E-mail
(8 votes)

Mempersiapkan Persalinan dengan Sehat dan Nyaman

Gentle Birth BalanceBanyak orang beranggapan bahwa hal terpenting dari sebuah persalinan adalah si jabang bayi dapat lahir dengan kondisi sehat dan selamat. Tanda-tanda sehat di sini kerap hanya dipahami bayi menangis dengan keras. Padahal, tangisan bayi yang keras bisa jadi tangisan yang menandakan ia tengah menyapa dunia atau karena merasa kesakitan. Pemahaman sehat yang semacam ini tentu baru pada sehat secara fisik, belum secara mental dan spiritual.

Gentle birth adalah sebuah proses persalinan yang mengajak kita kembali merunduk pada alam, memercayai kekuatan tubuh yang memang didesain Tuhan untuk menjalankan ‘tugas’nya, yaitu melahirkan keturunan. Gentle birth sebenarnya bukan hal baru. Namun ketika teknologi, politik, dan bisnis mulai ada dan lekat dengan proses persalinan dan kelahiran, cara yang sangat alami tersebut menjadi terlupakan begitu saja dan kemudian akan terasa ‘baru’ jika dimunculkan kembali.

Zaman dulu, sebagian persalinan dibantu bidan, bahkan para dukun bayi. Dukun bayi adalah seorang wanita yang dikenal dengan sentuhan khasnya yang lembut serta keterampilannya yang tak bisa diperoleh melalui lembaga pendidikan maupun buku, tapi mereka peroleh dari sesama bidan, melalui pengalaman langsung, serta pengetahuan dan keyakinan bahwa proses persalinan adalah sebuah peristiwa yang sehat dan alami (hal xx).

Di Indonesia, masyarakat mulai memandang rendah keterampilan yang dimiliki bidan dan dukun beranak. Mereka menganggap pengakuan dari lembaga pendidikan itu ‘lebih penting’ daripada pengalaman turun-temurun. Banyak keraguan serta ketidakpercayaan pada kekuatan tubuh dan bayi, bahkan pada proses yang alami tersebut. Mereka lebih memercayai kecanggihan teknologi yang kian berkembang pesat (hal xxi).

Program Gentle Birth Balance memperhatikan secara lebih detail setiap proses transformasi dalam kehidupan. Menurut penulis, ini merupakan alat terbaik untuk mengerti dan memahami perubahan yang normal (tetapi luar biasa selama kehamilan) dengan perasaan tenang dan meredam munculnya berbagai kekhawatiran tentang prosesi melahiran dan cara mengasuh anak.

Beberapa kiat yang bisa dipraktikkan untuk memudahkan wanita beradaptasi dengan berbagai perubahan pada masa kehamilan adalah dengan menjaga kualitas tidur yang sehat dan cukup (8 jam). Untuk mendukung sistem sirkulasi dan menjaga kulit agar tetap sehat selama kehamilan, bersihkan kulit setiap hari dan lakukan pijatan atau massage.

Setelah memasuki trimester kedua, mulailah melakukan pijatan di bagian perut, dada, bagian dalam, dan pantat setiap habis mandi guna menghindari stretch mark. Gunakan minyak yang mengandung vitamin E yang mampu memberikan oksigen lebih banyak ke dalam kulit serta mengurangi ketegangan dan regangan di bawah kulit. Lakukan pijatan secara lembut. Tapi jika saat melakukan pijatan (terutama di bagian payudara) justru memicu munculnya kontraksi, maka harus dihentikan (hal 6-7).

Menikmati masa kehamilan adalah hal yang sangat penting. Beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menikmati masa-masa kehamilan antara lain: tertawa, bernyanyi, dan membuka hati. Tertawa adalah obat paling murah, mudah, efektif, dan membuat seseorang lebih bisa menikmati hidup. Selain itu, bernyanyi, berdansa dan menari, juga akan membantu hormon di dalam tubuh menjadi lebih seimbang dan mengurangi rasa sakit selama proses kontraksi (hal 15-16).

Proses persalinan merupakan pengalaman mental luar biasa dan sulit dilupakan. Ini terbukti ketika Anda bertanya pada ibu atau nenek tentang sejarah persalinan mereka. Dengan detail mereka mampu menceritakan sekaligus menggambarkan pengalaman saat melahirkan. Wejangan-wejangan yang bermanfaat saat proses persalinan pun dapat diperoleh dari mereka (hal 45-46).

Melalui buku ini, penulis sangat berharap para ibu akan menemukan kembali ‘kekuatan dan keyakinan’ bahwa wanita adalah manusia kuat yang diciptakan Tuhan untuk melahirkan secara ‘alami’. Setiap wanita berhak merasakan indahnya melahirkan buah hatinya masing-masing tanpa didera rasa was-was dan pikiran-pikiran negatif lainnya yang menyebabkan proses melahirkan menjadi tidak sehat dan tidak menyenangkan. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul 

: Gentle Birth Balance

Penulis

: Yesie Aprillia, S.Si.T., M.Kes.

Penerbit 

: Qanita

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan - Kehamilan

Tebal

: 296 Halaman 

ISBN

: 978-6021-637-40-1

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236820

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit