Manfaat Shalat Zhuhur bagi Etos Kerja Cetak E-mail
(1 vote)

Memanfaatkan Istirahat Siang dengan Shalat Zhuhur

Manfaat Shalat Zhuhur bagi Etos KerjaKetika jam istirahat siang tiba, banyak pilihan yang dapat dipergunakan oleh seorang pekerja, misalnya dengan merebahkan badan atau tidur. Hal itu sah-sah saja asal tak lupa mendirikan shalat Zhuhur. Memanfaatkan waktu istirahat dengan shalat akan menstabilkan kecerdasan emosi dan spiritual, sekaligus menjadikan tubuh dan pikiran kembali fresh.

Hal itu terjadi karena setiap shalat, termasuk shalat Zhuhur itu mengandung unsur relaksasi. Sedangkan, relaksasi sangat berguna untuk mengembalikan kebugaran badan dan pikiran. Banyak relaksasi yang tercakup dalam shalat, salah satunya relakasi kesadaran indra yang sangat baik untuk mengatasi kecemasan, stres, depresi, insomnia, dan gangguan jiwa lainnya yang kerap menyergap seorang di tengah kesibukan bekerja. (hal. 20)

Lebih jauh lagi, stres, pusing, dan bingung yang muncul sebagai akibat dari beratnya beban kerja merupakan penyebab paling ekstrem yang membuat pikiran berada dalam kondisi Beta. Beta adalah kondisi dimana gelombang otak berkisar antara 12-30 Hz. Dalam kondisi seperti itu, otak menjadi tidak fresh, susah berpikir, kurang fokus, dan sulit berkonsentrasi. Maka untuk mengembalikan otak pada kondisi fresh, yakni dalam keadaan Alfa, di antara caranya adalah dengan mendirikan shalat Zhuhur. Gelombang otak alfa yang juga disebut gelombang otak kreatif itu berkisar antara 7-13 Hz. (hal. 108-109)

Dalam frekuensi itu, otak akan mudah memproduksi ide-ide cemerlang. Keadaan alfa memberikan kontribusi besar bagi pikiran untuk menuju alam bawah sadar. Selain itu, jika otak dalam kondisi ini, penumbuhan keyakinan positif dalam pikiran akan berlangsung dengan optimal. Sehingga, seseorang akan mampu menginjeksikan energi positif dalam setiap jejak sel saraf secara menyeluruh. Pada gilirannya, hal tersebut akan memberikan pengaruh yang amat dahsyat pada pola perilaku seseorang ketika berproses menuju puncak keberhasilan yang diimpikan. (hal. 131)

Ada banyak bentuk pola perilaku positif yang terpancar dari orang-orang yang rajin menegakkan shalat. Salah satunya adalah disiplin. Disiplin, hal mudah yang sulit dilakukan, tapi merupakan kunci sukses dalam segala hal, temasuk berbisnis, bekerja, dan berkarya. Dengan shalat, ada beberapa bentuk disiplin yang tercakup. Di antaranya disipin waktu. Tanpa disadari, dengan shalat seseorang sedang menanamkan bentuk kedisplinan waktu, karena shalat telah memiliki waktu yang pasti, tidak bisa dilanggar atau disegerakan.

Shalat pun mengajarkan tentang kedisplinan dalam melaksanakan berbagai hal.  Jumlah gerakan, ucapan, syarat dan rukun, serta jumlah rekaat dalam shalat yang sudah ditentukan dengan pasti sebetulnya  melatih seseorang untuk melakukan segala sesuatu pekerjaan  dengan disiplin, terukur, dan jujur. (hal. 138)

Perilaku positif lainnya adalah optimis. Seseorang yang senantiasa menjalankan shalat dengan disiplin cenderung memiliki sikap optimis tinggi. Sebab, ia akan selalu memandang setiap permasalahan dari sisi positif sehingga tetap bersikap kontruktif. Melihat atau berpikir secara positif sendiri menurut Pele bisa didefinisikan sebagi satu kesatuan berpikir sehat yang menyeluruh. Sehingga, pikiran positif mengandung gerak maju yang penuh daya cipta terhadap unsur-unsur kehidupan. Seligman menjelaskan bahwa pikiran positif akan merubah sikap pesimis menjadi optimis sekaligus mengurangi depresi. (hal. 142-146)  

Mendirikan shalat Zhuhur juga merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat Allah atas kemampuan seseorang melakukan aktivitas dari pagi hingga siang. Sehingga shalat ini tak ubahnya “laporan hasil pelaksanaan” kerja di lapangan mengenai berbagai hal yang telah dikerjakan kepada “Big Boss”. Bila rajin memberi “laporan” dengan laporan yang baik dan benar, maka dengan seizin-Nya, seseorang itu pun akan diberi “mandat” yang lebih besar lagi. Akan diberi kemampuan untuk kesuksesan  yang lebih tinggi lagi. Selain itu, dengan shalat akan membentuk pribadi yang tangguh, penuh loyalitas, dan memiliki rasa tanggung jawab tinggi. (hal. 155-163)

Ulasan buku ini menandaskan bahwa memanfaatkan istirahat dengan shalat Zhuhur  tidak  membuat kita kehilangan waktu istirahat, sehingga berdampak turunnya semangat kerja. Sebaliknya, dengan shalat istirahat kian bermanfaat. Sebab, selain akan meningkatkan etos kerja, shalat  juga akan membuat otak dalam keadaan alfa, sehingga mudah “menelurkan” pikiran-pikiran yang cemerlang. Dengan begitu, kesuksesan pun akan mudah dan cepat didapat. (Moh. Romadlon)

 

Judul 

: Manfaat Shalat Zhuhur bagi Etos Kerja

Pengarang

: Imam Musbikin

Penerbit 

: Sabil

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam - Shalat

Tebal

: 172 Halaman 

ISBN

: 978-6022-556-31-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM - SHALAT

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203356

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit