Diamuk Rezeki Cetak E-mail
(1 vote)

Rahasia Mencapai Keberlimpahan yang Qurani

Diamuk RezekiSetiap manusia pasti mendambakan hidup dengan penuh keberlimpahan. Memang tak menjamin kebahagiaan, tapi harta yang melimpah akan membuat pemiliknya mempunyai banyak kemampuan untuk melakukan sesuatu yang membahagiakan. Sehingga, banyak cara yang ditempuh manusia untuk membuka pintu rezeki demi mendapatkan keberlimpahan. Namun ingat, keberlimpahan yang didapat dari proses yang tidak sehat, terlebih sesat, mungkin memunculkan nikmat tapi sesaat selanjutnya adalah kesengsaraan dan laknat yang berpangkat. Oleh karena itu, agar keberlimpahan itu benar-benar berkah, dapat mendatangkan kenikmatan hakiki, harus melalui proses yang sehat, yakni proses yang Qurani.

Kalangan penganut rasionalisme tentu menolak itu. Mereka beranggapan, tidak ada keterkaitan sedikit pun antara membaca al-Qur’an dengan kelancaran rezeki. Mereka yakin, kekayaan hanya bisa didapat dengan kerja kerasnya semata, bukan karena membaca al-Qur’an. Padahal, anggapan itu salah besar. Pertama, karena bila seseorang hanya mengandalkan rasionalitas tanpa “beralas” pada petunjuk Tuhan, bilapun mendatangkan keberlimpahan tapi tidak mendatangkan ketenangan. Hidupnya dihantui kecemasan dan kegelisahan tak berpangkal-ujung. Kedua, karena sudah banyak para ilmuwan dan peneliti dunia tentang rasionalitas al-Qur’an, salah satunya Rasyid Ridha. (hal.14-15)

Ada banyak bentuk keterkaitan antara membaca al-Qur’an dan kemudahan rezeki. Pertama, membaca al-Qur’an dapat menjadi pelecut semangat kerja. Orang-orang yang rajin membacanya akan mendapat motivasi. Motivasi itu jauh melebihi apa yang bisa diperoleh dari motivator kelas dunia sekalipun. Sehingga, membaca al-Qur’an selain mendatangkan pahala, juga membentuk pribadi dengan etos kerja tinggi, sekaligus mempertajam insting dalam membaca peluang bisnis. (hal.29-30)   

Kedua, orang yang selalu membaca al-Qur’an akan mendapat banyak rezeki, karena dalam dunia bisnis dan dunia kerja ia dapat menghindari konflik yang dapat menimbulkan kerugian. Sebab, pebisnis yang rajin membaca al-Qur’an tidak semata mengejar laba, melainkan menjadikan laba sebagai buah atas kerja keras mereka. (hal.38-39)

Ketiga, orang gemar membaca al-Qur’an akan mendapatkan keberkahan dalam bentuk pengetahuan tentang celah-celah bisnis atau rezeki dari Sang Pemberi rezeki. Namun begitu, janganlah seseorang hanya menunggu datangnya rezeki tanpa usaha nyata dan hanya mengandalkan membaca al-Qur’an. Dalam konsep Islam, rezeki tak cukup hanya ditunggu tapi harus diupayakan. (hal.47-48)

Dari sekian surat dalam al-Qur’an terdapat tiga surat yang memiliki keterkaitan erat dengan keberlimpahan; Pertama,  surat ar-Rahmaan. Dalam surat ar-Rahmaan, kajian mengenai rezeki termasuk menjadi tema penting. Allah akan memberikan rezeki pada siapapun, dalam kondisi apa pun, dengan tanpa bisa terhitung. Dan tugas hamba hanyalah bersyukur. Nah barang siapa mau bersukur maka akan ditambah rezekinya, sebaliknya yang tidak mau akan merasakan kekurangan. (hal.64-65)

Salah satu rahasia yang terkandung dalam surat Ar-Rahmaan dalam kaitannya dengan keberlimpahan rezeki adalah rahasia mengasah nalar berbisnis. Dengan begitu, seseorang akan mudah memulai berbisnis, membuat usaha, dan tentunya memberikan hasil materi yang sangat melimpah. Rasulullah menegaskan, “Barang siapa yang membaca surat ar-Rahmaan, maka Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.” (HR. Tirmidzi). Dari hadis itu jelas bahwa Allah-lah yang akan merubah kelemahan kelemahan orang yang rajin membaca surat ini.(hal.106-107)

Kedua, surat al-Waaqiah. Surat ini akan mampu menjauhkan pembacanya dari kemiskinan harta dan hati sekaligus. Pengamal ini, andai tak berkelimpahan pasti tidak kesusahan. Minimal mereka berada di level menegah ke atas.  Artinya, mereka tidak akan tampak sebagai orang yang paling susah di antara para tetangga. (hal.120). Selain itu, surat ini  juga enjadi solusi atas utang yang melilit. (hal.133)

Ketiga, surat al-Mulk. Bahkan dengan seizin Allah, surat ini bisa menjadi penyebab datangnya rezeki 70 kali lipat dari modal yang dikeluarkan. (hal.150). Selain itu, surat ini pun memberi dampak kewibawaan pada pembacanya sehingga memungkinkan untuk menjadi atasan yang memiliki banyak pekerja dan bawahan. Dengan begitu, secara otomatis keberlimpahan pun akan menghampirinya. (hal.156)

Menariknya, buku ini juga memuat cara mengamalkan ketiga surat di atas agar lekas mendatangkan keberlimpahan. Kajian buku ini menegaskan bahwa mencari keberlimpahan lewat al-Qur’an memberi dua keuntungan; keberlimpahan badani dan ruhani, dunia dan akherat sekaligus. (Moh. Romadlon)

 

Judul 

: Diamuk Rezeki

Pengarang

: Abdul Waid

Penerbit 

: Sabil

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam

Tebal

: 184 Halaman 

ISBN

: 978-6022-556-36-7

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236822

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit