Shalawat Pangkal Bahagia Cetak E-mail
(1 vote)

Memahami Makna Shalawat Nabi

Shalawat Pangkal BahagiaKetika umat manusia bershalawat pada Nabi Muhammad sepertinya mudah dipahami makna dan faedah dari ibadah tersebut. Sebut saja, sebagai doa kita pada Nabi, cara kita bertawasul, bukti cinta kita padanya Wujud penyerapan kita terhadap energi yang terkandung di balik shalawat tersebut.

Yang jadi pertanyaan besar adalah Bukan umat manusia yang ternyata bershalawat pada Nabi, tapi juga Allah dan para malaikat-Nya. Bila direnungkan, maka bershalawatnya Allah dan para malaikat pada Nabi adalah merupakan fenomena yang sebetulnya sangat mencengangkan. Betapa tidak, Allah adalah dzat Yang Maha Pencipta, sedang para malaikat-Nya adalah hamba-hamba yang mulia, yang kedudukannya paling dekat dengan-Nya. Namun Allah dalam surat al-Ahzab tegas menyatakan hal itu “Sesugguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan untuknya.”

Dalam sejarah agama samawi apa pun dan dalam sejarah peradaban dan ketuhanan mana pun belum pernah ada dan tidak akan pernah ada fenomena ini. Bahkan karya Karen Armstrong, A History of God, yang fenomenal saja tidak ada ceritanya Dia yang disebut “Tuhan” bershalawat kepada dia yang disebut “manusia”. Terlebih dalam agama-agama ardi. Lewat buku inilah penulis mencoba menelisik makna dibalik fenomena ini, yakni makna dan pelajaran yang tersirat dari shalawatnya Allah dan para malaikat-Nya.

Menurut penulis, tidak ada dari kita yang bisa menguak secara pasti alasan di balik bershalawatnya Allah dan para malaikat kepada Nabi. Penulis hanya menandaskan bahwa Rasullullah adalah sosok manusia yang memang pantas dan layak untuk mendapat ucapan shalawat dan salam dari Allah dan dari para malaikat. Selanjutnya, penulis menyimpulkan bahwa hal itu erat hubungannya dengan kesosokan Nabi Muhammad sebagai penutup para Nabi atau penutup Kenabian. (hal. 33-34)

Ketika Allah yang bershalawat kepada Nabi ada banyak makna di sana; (1) Jaminan berkah Allah kepada Nabi; (2) Pujian atau sanjungan Allah kepada Nabi; (3) Ultimatum kepada musuh musuh Nabi; dan (4) Seruan kepada Kita untuk bershalawat. Sedang ketika para malaikat yang bershalawat mengandung makna: (1) Bukti ketundukan dan kepatuhan malaikat pada perintah Allah; (2) Perantara langit bagi rahmat Allah SWT kepada Nabi; (3) Penghormatan pada Nabi; dan (4) doa kepada Nabi. Lalu ketika kita bershalawat kepada Nabi memiliki banyak makna juga, di antaranya: (1) Sebagai doa kita pada Nabi; (2) Cara kita bertawasul kepada Nabi; (3) Bukti cinta kita pada Nabi; (4) Wujud pencerapan kita terhadap energi yang terkandung di balik shalawat tersebut (hal. 11-16). 

Namun yang pasti semua hal di atas menunjukan bahwa shalawat merupakan sebuah ibadah yang istimewa, yang sarat dengan manfaat bagi kita yang mau melakukannya.  Selain mendapatkan pahala berlipat ganda, merutinkan mengucapkan shalawat juga akan memberikan segudang manfaat yang bisa dirasakan sewaktu di dunia.

Tentang fungsi atau fadhilah tersebut, terletak pada bentuk-bentuk atau macam shalawat yang kita baca, karena setiap shalawat mengandung fadhillah yang berbeda-beda.  Shalawat Munjiyat misalnya. Bagi siapa saja yang merutinkan membacanya maka akan dilapangkan segala kesusahan dalam hidup, ditenangkan hatinya, dan juga ditentramkan hatinya (hal. 61). Beda lagi dengan shalawat Jami’il Asrar. Dari namanya saja, shalawat ini bisa ditarik makna bahwa akan bermanfaat untuk menyingkap rahasia yang bersifat spiritual. Sementara shalawat Mustajab, berfungsi melancarkan setiap usaha sehingga berhasil menuju kesuksesan (hal. 78-82).

Untuk menguatkan keyakian para pembaca akan besarnya faedah dan fadhilah shalawat, Muhammad Habibillah dalam buku juga menyakijan kisah-kisah inspiratif keajaiban shalawat serta pengalaman-pengalaman nyata yang dialami oleh para pengamalnya.

Dari buku ini, Muhammad Habibillah meyakinkan dan mengajak pembaca untuk senantiasa bershalawat. Sebab, shalawat merupakan ibadah yang ringan tapi sarat manfaat baik untuk kebahagian di dunia maupun keselamatan di akherat kelak. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Shalawat Pangkal Bahagia

Penulis

: Muhammad Habibillah

   

Penerbit

: Safirah

Tahun

: 2014

Genre

: Islam - Shalawat

Tebal

: 194 Halaman

ISBN

: 978-6022-760-50-1

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230032

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit