Perempuan Dambaan Al-Quran; Penuntun Mempercantik Diri dengan Ibadah dan Akhlak Terpuji Cetak E-mail
(19 votes)

Kecantikan Dambaa Al-Quran

Perempuan Dambaan Al-Quran; Penuntun Mempercantik Diri dengan Ibadah dan Akhlak TerpujiMemiliki wajah cantik dan fisik menarik, tentu menjadi idaman setiap perempuan. Mempercantik diri memang merupakan fitrah (bawaan sejak lahir) dari perempuan. Maka tak heran, jika beragam cara pun dilakukan mereka agar bisa tampil cantik, seperti rajin pergi ke salon, belanja beragam jenis pakaian dan aksesoris, dan lain sebagainya.

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, apakah tampil cantik itu dilarang agama, terlebih Islam? Jawabannya, tentu saja tidak. Selama itu masih dalam batas wajar, tidak berlebihan, dan tidak melanggar ketetapan-Nya. Misalnya, tampil cantik untuk menyenangkan suami adalah hal yang sangat dianjurkan karena bernilai ibadah. Sedangkan mempercantik diri untuk tebar pesona di depan lawan jenis yang bukan mahramnya, merupakan hal yang dilarang, sebab hal tersebut dapat menjerumuskan mereka pada hal-hal negatif seperti melakukan perzinahan.

Dalam buku “Perempuan Dambaan Al-Quran” ini, akan dipaparkan definisi cantik yang sesungguhnya, amal-amal ruhiah yang dapat menunjang pada kecantikan diri, mempercantik diri yang diharamkan, dan lain-lain. Untuk mempertegas ulasan dalam buku, penulis menyisipkan beragam dalil yang bersumber ari Alquran dan hadits-hadits nabi.

Pada dasarnya, kecantikan fisik seorang perempuan terlahir dari kalbu (hati) yang cantik serta akidah yang lurus. Hati, amal, ibadah, dan akhlak yang terpuji itulah yang akan melahirkan kecantikan hakiki. Apalah gunanya kecantikan lahiriah jika tak disertai kecantikan dari dalam (kecantikan ruhiah atau biasa disebut inner beauty). Misalnya, memiliki wajah cantik tapi sulit tersenyum, atau senang merendahkan orang lain.

Sangat jauh berbeda dengan kecantikan lahiriah yang diperoleh dan ditunjang kecantikan dari dalam. Meskipun usia telah renta dan kulit kian mengeriput, namun aura kebaikan, kesalihan, ke-tawadhu’an, dan kezuhudan seolah terus terpancar dari raut wajahnya, sehingga menimbulkan kedamaian dan kenyamanan bagi orang-orang di sekitarnya. Inilah yang disebut kecantikan hakiki yang tak ada duanya (hal 13).

Kecantikan dan keelokan dari dalam juga dapat terpancar dari pribadi takwa. Ketakwaan pada Allah dan Rasul-Nya merupakan tingkatan tertinggi manusia di hadapan-Nya. Allah tak pernah menilai sejauh mana rupa kita dan ilmu yang ada dalam diri kita. Akan tetapi, Allah memilih hamba terbaik berdasarkan ketakwaannya (hal 14).

Bagi lelaki muslim pun, sangat dianjurkan menikahi perempuan berdasarkan ketakwaannya, bukan melulu soal fisiknya saja. Sebagaimana diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Majah dari Abdullah Ibn ‘Amr Ibn Al-‘Ash r.a., “Janganlah kalian menikahi perempuan karena kecantikannya. Bisa jadi kecantikannya akan menjadikannya hina. Dan janganlah kalian menikahi mereka karena kekayaannya. Bisa jadi kekayaannya akan menjadikan mereka berbuat sewenang-wenang. Tapi nikahi mereka karena agamanya. Sesungguhnya, menikahi seorang wanita budak jelek lagi hitam yang taat beragama Islam adalah lebih baik.” (hal 26).

Para ahli kecantikan pernah mengatakan, jika seseorang ingin terlihat berwajah indah, berusahalah selalu berekspresi baik. Seperti tersenyum, berwajah ceria, cerah dan sebagainya. Ketika raut wajah terbiasa berekspresi baik, dalam kondisi apa pun, maka ekspresi tersebut akan tetap melekat di wajah. Berbeda jika seseorang terbiasa berwajah cemberut dan sinis, maka kebiasaan itu akan melekat terus di wajahnya.

Dan keuntungan berwajah penuh senyum kepada sesama saudara, tidak berhenti sampai batas inner beauty saja. Sebab, dalam agama Islam, senyum termasuk bentuk sedekah yang tidak sulit diamalkan. Rasulullah pernah bersabda, “Jangan anggap enteng suatu perbuatan baik (betapa pun kecilnya), meski kebaikan itu adalah bertemu dengan saudaramu dengan muka ceria.” (hal 73).

Buku setebal 163 halaman ini dapat dijadikan pilihan bacaan bermutu untuk kaum perempuan muslimah yang ingin meningkatkan ketakwaannya kepada Allah Swt. Selamat membaca, mudah-mudahan bermanfaat. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: Perempuan Dambaan Al-Quran; Penuntun Mempercantik Diri dengan Ibadah dan Akhlak Terpuji

Penulis

: Gayatri Ida Susanti

Penerbit 

: Mizania

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam

Tebal

: 164 Halaman

ISBN

: 978-6021-337-06-6

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225428

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit