Ajaibnya Tafakkur & Tasyakkur Untuk Percepatan Rezeki Cetak E-mail
(7 votes)

Menjadi Insan yang Pandai Bersyukur

Ajaibnya Tafakkur & Tasyakkur Untuk Percepatan RezekiSyukur menjadi sebuah jalan menuju kekayaan. Orang yang pandai bersyukur atas segala nikmat yang telah dilimpahkan Tuhan kepadanya, maka Tuhan akan semakin meluaskan nikmat kepadanya. Dan sebaliknya, orang yang tidak pernah mau mensyukuri nikmat Tuhan, maka ia akan berada di jalan kesesatan yang dimurkai oleh Allah.

Sebagaimana firman Allah dalam Alquran surat Ibrahim ayat 7, “Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan; ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Orang yang pandai bersyukur akan mampu menikmati sesuatu yang telah diberikan Tuhan kepadanya dengan jiwa tenang dan puas atas segala apa yang diterima. Jiwa tenang dan merasa cukup merupakan puncak dari kekayaan seseorang, tak peduli seberapa banyak dan kecil apa yang telah ia peroleh. Berbeda dengan orang yang memiliki harta melimpah, tapi ia tak pernah mau bersyukur, maka jiwanya tidak akan pernah merasa tenang dan harta yang ia miliki terasa tak pernah cukup dan jauh dari keberkahan (hal 106-107).

Berusaha dan berdoa adalah dua hal yang saling berkaitan erat dan harus selalu diupayakan oleh setiap manusia. Selanjutnya, hasil akhir dari setiap usaha dan doa merupakan murni otoritas Allah yang harus kita syukuri. Manusia yang enggan bersyukur akan selalu mempertanyakan otoritas Tuhan alias mendikte dengan sederet keinginan yang belum terpenuhi. Padahal, bila usaha dan doa kita belum terpenuhi sesuai harapan, sebenarnya ada hikmah atau pelajaran berharga yang telah dipersiapkan Tuhan untuk kebaikan kita (hal 111-112).

Menjadi manusia yang pandai bersyukur membutuhkan kesadaran eksistensial bahwa kita tidak memiliki kekuatan apa-apa, semua yang ada pada diri kita tak lain adalah bentuk pemberian Tuhan yang dapat diambil oleh-Nya sewaktu-waktu. Membangun kesadaran seperti itu sekilas memang tampak mudah, tetapi realitanya banyak orang yang tidak bisa melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari (hal 124).

Rasa syukur tentu tidak cukup hanya terucapkan melalui lisan saja, akan tetapi juga harus dibuktikan dengan anggota tubuh. Misalnya, mensyukuri nikmat sehat dengan cara menggunakan kesehatan tersebut untuk melakukan beragam kegiatan yang positif. Orang yang semula pemalas, maka dengan syukur dia akan menjadi lebih rajin. Orang yang pada mulanya sakit, maka dengan syukur ia akan bisa menjadi lekas sembuh, orang yang ingin awet muda maka perbanyaklah mengungkapkan rasa syukur dalam kehidupannya (hal 177).

Selain mengulas arti syukur dan cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, dalam buku ini juga akan diulas tentang pentingnya melakukan tafakkur dalam hidup ini. Tafakkur adalah sebuah proses merenungkan segala ciptaan-Nya sehingga mampu mengokohkan keimanan kita kepada-Nya.

Tafakkur berpengaruh positif pada terbentuknya pikiran dan perilaku positif. Pikiran dan perilaku positif menjadi pondasi dari terciptanya kehidupan yang lebih positif. Bila kita bertemu dengan seseorang dan selalu menanamkan pikiran positif maka ia juga akan berpikiran positif kepada kita. Sebaliknya, bila kita selalu berprasangka buruk kepada orang, maka orang lain pun akan memiliki prasangka yang senada terhadap kita.

Ketika seseorang menggunakan akal untuk bertafakkur dan meraih hikmah, maka harta dan kekuasaan juga akan mudah diraih. Harta dan tahta itu biasanya akan menghampiri seseorang yang memiliki hikmah atau keluasan ilmu yang telah diamalkan. Ilmu menjadi salah satu kunci untuk mengantarkan manusia menjadi hamba yang sempurna, baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.            

Buku ini bagus dijadikan sebagai bacaan bermutu untuk membantu kita menjadi insan yang pandai mensyukuri segala nikmat yang telah dilimpahkan Tuhan kepada kita semua. (Sam Edy Yuswanto).

***


Judul

: Ajaibnya Tafakkur & Tasyakkur Untuk Percepatan Rezeki

Penulis

: Ahmad Zainal Abidin

Penerbit 

: Safirah

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam

Tebal

: 216 Halaman

ISBN

: 978-6022-554-82-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25231035

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit