Gimana Kabarmu Setelah 7 Malam Di Alam Kubur? Apa yang Terjadi Padamu? Cetak E-mail
(7 votes)
Amalan-Amalan Penyelamat Dari Adzab Kubur

Gimana Kabarmu Setelah 7 Malam Di Alam Kubur? Apa yang Terjadi Padamu?Di dunia ini tidak ada satu pun yang pasti selain mati. Mau tidak mau, siap atau tidak, suatu saat setiap manusia akan mencecapnya. Sayang, untuk hal sepasti itu kita sering dialpakan oleh setumpuk rencana dunia yang tidak pasti datangnya. 

Terlebih lagi, kematian akan menghantar seseorang ke fase kehidupan baru, yakni alam kubur. Padahal, bila alam dunia tempat menanam amal, maka alam kubur adalah tempat mengunduh amal. Apa pun yang kita perbuat sekarang, akan kita rasakan dalam awal alam keabadian tersebut. Selanjutnya, bagaimana nasib seseorang di alam kubur merupakan gambaran akan nasibnya di alam berikutnya. Oleh karena itu, mati yang terbaik adalah mati dalam keadaan khusnul khatimmah, yakni mati dengan membawa iman dan ketaqwaan pada Allah SWT. Bahkan kematian ini akan jauh lebih baik dan membahagiakan dari pada hidup.

Buku yang akan membahas tema penting dalam babak hidup manusia, yakni kehidupan setelah kematian ini akan menguraikan tentang rahasia-rahasia yang ada di alam kubur, serta amalan-amalan apa yang sekiranya bisa membuat kita merasakan bahagia saat berada di sana.

 Imam al-Ghazali menyebut alam kubur sebagai alam penantian, yakni tempat setiap manusia yang mati menunggu datangnya kiamat. Selain manusia harus percaya bahwa nasib baik dan jelek di sana ditentukan amal selama di dunia, menurut al-Ghazali masih ada hal lain yang juga wajib dipercayai, seperti pertanyaan yang diajukan malaikat Mungkar dan Nakir serta adzab dan nikmat kubur.

Hal tersebut terjadi pada 7 hari atau 7 malam pertama berada di alam kubur. Pada masa tergenting itu sang mayit akan dihadapkan pada hal yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya. Mereka akan didatangi dua malaikat yang akan menanyai hal mendasar seputar agama. Dan selanjutnya akan diputuskan nasibnya ke depan, akan bahagia atau sengsara. (hal. 34-35)

Sekeluarnya dari fitnah kubur tersebut, mayit akan memasuki fase kedua dalam alam kubur, yakni nikmat dan adzab. Saat itulah alam kubur akan selaksa surga bagi orang shalih yang diberi kemampuan Allah untuk menjawab semua pertanyaan malaikat. Sekaligus selaksa neraka bagi siap saja yang tidak beriman, musyrik, dan tidak menjalankan amal shalih. (hal. 51)

Siksa-siksa kubur yang akan dicecap oleh mereka yang kufur sangat beraneka, sebut saja, dipukul dengan palu besar, dibelit ular berbisa, disiksa dengan api, disempitkan kuburnya, merasakan bau neraka, dll. (hal. 54-60)

Menimbang siksa yang begitu berat dan sangat melumat, tentu langkah terbaik yang bisa kita siapkan adalah menjalankan amalan-amalan sebaik mungkin, terkhusus amalan yang bisa menyelamatkan diri dan orang lain dari siksa kubur. Salah satunya adalah membaca surat al-Mulk setiap malam. Banyak hadits yang menegaskan hal ini. Salah satunya sabda Rasulullah, “Ada satu surat al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya sampai diampuni, yaitu, “Tabaarakalladzii biyadihil mulku....(surat al-Mulk). (hal. 71)

Amalan lainnya adalah gemar bersedekah. Rasulullah menegaskan, “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani). Sedekah yang mendatangkan ampunan Allah adalah sedekah yang dilakukan secara ikhlas. Dan, sedekah yang akan mengalirkan pahala terus menerus adalah sedekah jariah karena barang yang disedekahkan itu terus bermanfaat bagi orang yang menerima. (hal. 75)

Dalam sebuah hadits, Rasulullah menggolongkan amalan yang termasuk amal jariah, yaitu menyebarluaskan ilmu yang bermanfaat, mendidik anak menjadi anak shalih, mewariskan buku agama, membangun masjid, membangun tempat singgah bagi yang membutuhkan, serta mengalirkan air atau menggali sumur di tempat yang sering dilewati atau disinggahi orang. (hal. 79-80)

Ilmu yang bermanfaat juga merupakan satu amalan atau satu simpanan yang bisa meringankan siksa di alam kubur. Ilmu bermanfaat ini layaknya tabungan atau pensiunan yang akan memberi manfaat dan jaminan pahala meski pun orang tersebut sudah tidak lagi bekerja atau mati. Dan amalan lain yang bisa membebaskan seseorang dari siksa kubur adalah mati syahid dan meninggal pada hari atau malam Jum’at.

Selain berusaha sekuat tenaga mengamalkan ibadah yang menjauhkan dari siksa neraka, tentu kita pun juga harus menjaga diri dari perbuatan yang mendatangkan siksa, seperti syirik dan melalaikan shalat. Buku ini mengingatkan kita bahwa alam dunia merupakan entry point atau permulaan dari penentuan nasib manusia di alam-alam selanjutnya. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Gimana Kabarmu Setelah 7 Malam Di Alam Kubur? Apa yang Terjadi Padamu?

Penulis

: Syarif Hidayatullah

Penerbit 

: Safirah

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam

Tebal

: 180 Halaman

ISBN

: 978-6022-555-81-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29366255

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit