Putusin Nggak, Ya ? Cetak E-mail
(1 vote)

Telaah Hukum Islam Tentang Pacaran Masa Sekarang

Putusin Nggak, Ya ?Cinta adalah anugerah. Hal yang manusiawi sekali sehingga tidak ada yang salah ketika sepasang laki-laki dan perempuan saling jatuh cinta. Dalam ajaran Islam tak ada satu dalil pun yang melarang timbulnya perasaan cinta. Masalahnya kemudian adalah jatuh cinta yang bagaimana dulu? Mencintai lawan jenis dengan cara bagaimana dulu yang diperbolehkan dalam Islam.

Edi Akhiles lewat buku ini akan mendedah hal tersebut dengan gamblang. Ia akan menunjukan bahwa pacaran sebagai refleksi rasa cinta itu tak mutlak haram. Ia mencoba memberi jalan tengah dengan memberi wacana baru sebagai sebuah kritik terhadap dua buku berjudul Udah Putusin Aja dan Halaqah Cinta karya Felix Y. Dalam buku tersebut Felix dengan tegas menghukumi bahwa pacaran adalah HARAM tanpa catatan.

Edi sangat menghormati pendapat Felix tersebut. Ia pun meyakini bahwa apa yang disampaikan olehnya adalah betul-betul bentuk kehati-hatian. Toh begitu, Edi menangkap ada sesuatu yang kabur, sesuatu yang kurang nyambung dengan realita sekarang.

Ada sejuta definisi tentang cinta, namun benang merah dari semua pemaknaan cinta itu “sebagai kasih sayang yang bertangung jawab dan menghargai sepenuh hati pasangannya yang kita cintai dengan landasan ajaran Islam”. (hal.17) Hal itu menegaskan, tak ada yang salah dengan perasaan cinta yang mendorong kita untuk empati, simpati, peduli, penyayang pada orang lain.

Lebih jauh, Ibnu Qayyim al-Jauziah menegaskan cinta beda dengan syahwat. Syahwat adalah pelampiasan cinta tanpa menghormati rambu-rambu agama. Sedang cinta selalu dilakukan karena Allah sesuai dengan aturan-aturan agama. Jadi, meski cinta itu mulia dan syahwat itu dina tapi bila syahwat di taruh pada “wadah” mulia maka ia pun menjadi mulia. Itu artinya  bukan syahwatnya yang salah tapi wadahnya atau cara ekspresinya. Dan, tak ada sesuatu yang bisa mewadahi cinta dan syahwat dengan lebih mulia kecuali pernikahan. (hal.26)

Untuk berlabuh pada sebuah pernikahan tentunya butuh proses jatuh cinta. Berketurunan sebagai sebuah tujuan pernikahan sangat sulit terjadi bila tidak dilandasi rasa cinta pada pasangannya. Sehingga jatuh cinta adalah sunatullah yang mulia. Tantangannya adalah menjaga agar perasaan cinta itu tetap mulia, tetap berjalan di rel-rel agama tidak tergelincir dalam hasrat syahwat belaka. (hal.44)

Pasti semua orang akan setuju sekali bahwa pernikahan adalah labuhan terbaik dan terindah dari hasrat dan cinta. Permasalahannya kemudian, tidak semua orang yang dilanda cinta sudah siap menuju jejang pernikahan, baik secara psikologi, umur, maupun ekonomi misalnya. Memang Rasulullah menyarankan berpuasa bagi para muda yang dilanda hasrat cinta tapi belum sanggup menikah. Lalu muncul kegalauan baru, betapa beratnya kalau harus berpuasa terus? Pacaran? Ya, sepertinya sebuah solusi, tapi nurani tak menerima karena pacaran katanya haram dan dosa. Tanpa ampun!

Menurut penulis, pacaran adalah istilah bahasa kita yang dalam bahasa Arabnya adalah ta’aruf. Dalam budaya kita, secara umum pacaran terbagi menjadi tiga cakupan; pertama, pacaran untuk mencari lawan jenis, untuk style, gengsi, teman keluyuran, dan jadi tepat pelampiasan syahwat. Having fun adalah ciri utama pacaran model ini.  Kedua, pacaran sebagai ajang ta’aruf, kenalan, penjajagan, dengan disertai aktivitas yang mengarah pada kisi-kisi hubungan bebas. Ketiga, pacaran sebagai ajang ta’aruf, penjajagan, dengan kendali pada segala apa yang mengancam kesucian dan kehormatan. (hal. 110-111)

Pacaran model terakhir itulah yang diperbolehkan dan layak dijadikan solusi ketika kita belum siap menikah dan tak sanggup berpuasa sepanjang hari. Tapi ketika kita tidak bisa menjamin bahwa kita akan selalu komitmen melakukan pacaran yang model ketiga, yang bersih dari hasrat-hasrat syahwat, maka ngejomblo adalah harga mati. Final tak tertawarkan!

Masih banyak hal-hal sensitif lain yang dikupas oleh penulis, seperti masalah hukum ber-khalwat dan tips menuju pernikahan sakinah. Semua dikupas secara gamblang berdasarkan dalil-dalil naqli dan aqli yang dihubungkan dengan realita-realita yang ada sehingga wacana yang disodorkan dalam buku ini mudah diterima dan begitu membumi, menyentuh permasalah pokok yang sedang membelit para muda-mudi di sekitar kita. Dari model analisisnya memberi pelajaran bahwa nas agama yang bersifat “langit” agar bisa menjamah “bumi” diperlukan sebuah pisau tafsir berupa  akal yang bening. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Putusin Nggak, Ya ?

Penulis

: Edi Akhiles

Penerbit 

: Safirah

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam

Tebal

: 252 Halaman

ISBN

: 978-6027-968-60-8

 

 
 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230046

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit