Musuh-Musuh Amerika Sepanjang Sejarah Cetak E-mail
(2 votes)

Para Penentang Kebijakan Amerika

Musuh-Musuh Amerika Sepanjang SejarahDengan pongah, Amerika memproklamirkan diri sebagai negara Adikuasa. Kebijakan luar negerinya mencengkram seluruh belahan dunia. Ia laksana dewa penolong yang selalu merasa menjadi pahlawan dan berhak ikut campur urusan “rumah tangga” negara lain. Tapi saat menghadapi kebrutalan Israel seperti yang terjadi saat ini, Amerika tak ubahnya boneka, kekuatan dan kebesarannya seketika akan lumpuh dan menciut. Sementara saat berhadapan dengan negara yang berseberangan ideologi, Amerika selaksa raksasa. Segala dalih dan rekayasa diupayakan untuk melumatnya.

Hal tersebut yang membuat banyak negara jengah terhadap sikap semena-mena Amerika. Sejarah berkata, sejak perang dunia I, dan II, hingga sekarang tak sedikit orang-orang, selaku kepala negara atau pun atas nama pribadi yang terang-terangan menentang Amerika. Yang secara tegas menyatakan “perang” dengan AS. Melalui buku ini, penulis mencoba “memotret” keberanian para penentang Amerika tersebut.

Soekarno salah satunya. Saat menjadi presiden, dia tidak mau didikte oleh Amerika. Bahkan melalui semangat nasionalisme dan kecerdikan diplomasinya, pemerintah Indonesia berhasil mempermainkan Amerika dan Uni Soviet dalam kasus pembebasan Irian Barat dari Belanda. Soekarno menggertak Amerika dengan mengatakan bahwa pasukan Uni Soviet siap menggempur Belanda yang ada di Papua. Mendengar ini Amerika pun kalang kabut.

Selain itu, pemerintah di masa Soekarno berhasil menangkap basah penyusupan CIA di Maluku pada tahun 1958. Penangkapan ini sekaligus membuka kedok keterlibatan Amerika dalam pemberontakan revolusioner Republik Indonesia dan Perjuangan Semesta di Maluku. (hal.14-19)

Iran di bawah kepemimpinan Ahmadinejad pun enggan tunduk pada Amerika. Meski ditentang Amerika, Iran tetap tetap mengembangkan nuklirnya. Kalau nuklir dianggap buruk, kenapa kalian (Barat) memilikinya? Kalau dianggap baik, kenapa kami (Iran) tidak boleh? tukas sang presiden dengan tegas di depan tim Badan Atom Internasional. Tentu pernyataan ini menyulut kemarahan Amerika dan mengancam akan mengembargo Iran. Ahmadinejad tak sekali pun surut, ia dan rakyatnya siap menanggung resiko seburuk apa pun. (hal.23-25)

Di bawah Juan Evo Morales Ayma, Bolivia pun sangat anti Amerika. Melalui partai MAS, dia terang-terangan mengecam dan mengutuk kejahatan-kejahatan perusahaan multinasional, mengkritik praktik-praktik neo-liberalisme dan globalisasi yang dilakukan oleh IMF, Bank Dunia, dan WTO. Sejak menjadi pemimpin Bolivia penentangan Morales pada Amerika kian gencar dan terwujud dalam berbagai kebijakannya. Salah satunya adalah dengan mengakhiri dominasi asing dalam pengolahan sumber daya alam dalam tempo 10 bulan.

Tindakan Morales jelas membuat Amerika marah. Mereka pun menggertak Morales dengan mengatakan akan menyeret Bolivia ke arbitrase international, dan Bolivia akan rugi miliaran dolar AS karena berani menuntut negoisasi ulang atas kontrak yang telah disepakati. Tapi Morales tetap teguh dengan pendiriannya. Akhirnya, korporasi besar memilih tetap tinggal di Bolivia dan tunduk pada kemauan pemerintahnya. (hal.73-78)

Kuba di bawah pimpinan Raul Castro pun tetap anti Amerika. Kuba yang beraliran sosialis-komunis tidak mau ada campur tangan Amerika dalam urusan “rumah tangga” mereka. Akibatnya, dengan tanpa bersalah dan mesti ditentang dunia, Amerika menjatuhkan embargo lima dasarwarsa pada Kuba hingga sekarang. (hal.113-115).

Penentangan atas kebijakan luar negeri Amerika ternyata bukan saja datang dari luar tapi juga muncul dari warganya sendiri. Adalah Edward Snowden, pakar IT di National Security Agency (NSA) berusia 29 tahun ini nekad membocorkan data intelijen Amerika yang melakukan penyadapan melalui 4 perusahaan raksasa teknologi internet dan telepon. Dia menyerahkan sebanyak 41 slide dalam bentuk PowerPoint pada The Washington Post dan The Guardian untuk dipublikasikan.

Snowden meminta identitasnya dipublikasikan karena merasa tidak bersalah dengan pembocoran tersebut. Ia melakukan ini dengan kesadaran penuh, tak ingin pemerintah AS menghancurkan privasi, kebebasan internet, dan kebebasan mendasar setiap manusia. ( hal.177-180)

Tentu masih banyak nama lain yang juga sangat anti Amerika, sebut saja Kim Jong-Un, Hugo Chavez, Che Guevara, Muammar Gaddavi, dll. Mereka muncul dari berbagai belahan dunia, dari berbagai tataran sejarah, dan dengan berbagai bentuk penentangan. Semua itu menandakan bahwa kebijakan luar negeri Amerika murni demi kepentingan pribadi  meski pun sering dibungkus dengan sejuta aksi kemanusiaan dan demokrasi. Dan sekuat apa pun Amerika sebetulnya hanya “boneka” bagi Israel. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Musuh-Musuh Amerika Sepanjang Sejarah

Penulis

: Muhammad Goenawan

Penerbit 

: Saufa

Tahun

: 2014

Genre 

: Sosial & Politik

Tebal

: 184 Halaman

ISBN

: 978-6022-552-79-6

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
SOSIAL & POLITIK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225593

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit