The Power of Habit Cetak E-mail
(11 votes)

Kebiasaan Positif Menjadi Modal Kesuksesan

The Power of HabitKebiasaan yang positif menjadi penentu kesuksesan seseorang. Kebiasaan ibarat dua sisi mata uang. Satu sisi mendatangkan keuntungan, sementara di sisi lain mendatangkan kerugian. Dari bangun sampai tidur, saat berjalan, bekerja, makan, bersantai, yang namanya hidup tak bisa terlepas dari kebiasaan. Organisasi dan perusahaan pun memiliki kebiasaan. Dengan memahami kebiasaan-kebiasaan, berarti memahami sebagian hakikat manusia dan potensi keberhasilan dari kebiasaan yang tepat.

Kebiasaan bukan takdir. Kebiasaan bisa diabaikan, diubah, atau diganti. Ketika kebiasaan muncul, otak berhenti dalam pengambilan keputusan. Otak berhenti bekerja keras, atau mengalihkan fokus ke tugas-tugas lain. Agar kebiasaan dapat berubah secara permanen, maka diperlukan sebuah keyakinan kuat bahwa perubahan itu bisa diwujudkan.

Kebiasaan memang sulit dilenyapkan. Tapi bisa digantikan. Untuk mengubah kebiasaan, seseorang harus mempertahankan ‘tanda lama’ dan memberikan ganjaran sama, namun harus menyisipkan rutinitas baru. Upaya berhenti dari kebiasaan mengemil, misalnya, seringkali gagal kecuali ada rutinitas baru untuk memuaskan ‘tanda lama’ dan dorongan memperoleh ganjaran. Perokok biasanya tak bisa berhenti, kecuali ia menemukan aktivitas baru untuk menggantikan rokok ketika ia terpicu untuk kembali menyulut rokok.

Yang terpenting, meski proses pengubahan kebiasaan mudah dijabarkan, bukan berarti mudah dijalankan. Perubahan ‘sungguhan’ perlu usaha serta pemahaman diri mengenai perasaan ‘mengidam’ yang mendorong perilaku. Mengubah kebiasaan dibutuhkan kebulatan tekad. Taruhlah ketika seseoarng ingin berhenti makan cemilan di tempat kerja, apakah ganjaran yang dia cari adalah memuaskan rasa lapar, atau mematahkan kebosanan? Jika dia makan cemilan hanya untuk melepas beban sejenak, maka dia dapat mengubahnya dengan mencari rutinitas lain, seperti jalan-jalan sebentar, bermain game, atau hal-hal lain yang lebih bermanfaat (halaman 77-78).

Agar suatu kebiasaan hasil dari perubahan dapat terus bertahan, dibutuhkan kepercayaan. Siapa pun harus percaya bahwa perubahan adalah sesuatu yang mungkin. Setiap orang tentu sepakat bila perubahan itu bisa terjadi. Pecandu alkohol dapat berhenti minum. Perokok dapat berhenti merokok. Pecundang menahun bisa menjadi juara. Dan (sebagaimana penemuan para ilmuwan) tidak hanya kebiasaan perorangan saja yang bisa berubah bila kebiasaan terus diperbaiki. Perusahaan, organisasi, dan masyarakat juga bisa berubah (halaman 92-93).

William James pernah menuliskan pemikiran yang cukup terkenal bahwa ‘kehendak untuk percaya’ adalah bahan terpenting dalam menciptakan kepercayaan untuk berubah. Dan salah satu metode terpenting untuk menciptakan kepercayaan adalah kebiasaan. Kebiasaan adalah hal yang memungkinkan seseorang melakukan suatu hal dengan sulit untuk pertama kali, namun seiring berjalannya waktu, menjadi semakin mudah melakukannya.

Sepanjang hidup, William James menulis tentang kebiasaan dan peran pentingnya dalam menciptakan kebahagiaan dan keberhasilan. Dia akhirnya memberikan satu bab dalam adikaryanya ‘The Principles of Psychology’ untuk topik tersebut. Air, katanya, adalah kiasan paling pantas untuk cara kebiasaan bekerja. Air melubangi sendiri saluran untuk dialiri, yang semakin lebar dan dalam. Dan setelah alirannya terhenti, ketika mengalir lagi, ditelusurinya kembali jalur yang telah dibuatnya sendiri (halaman 273).

Buku ‘The Power of Habit’ karya Charles Duhigg ini (berdasarkan ratusan wawancara, ribuan makalah serta penelitian) mengungkap temuan ilmiah terbaru, mengapa kebiasaan itu ada, apa saja unsur-unsurnya, dan apa saja kiat untuk mengubah kebiasaan personal, organisasi, maupun komunitas. Menariknya, buku ini dilengkapi cerita-cerita menarik untuk mengungkap bagaimana kebiasaan membentuk hidup dan bagaimana agar dapat membentuk kebiasaan.

Travis, misalnya, dia memiliki segudang masalah namun akhirnya mampu keluar dari masalah setelah mengubah kebiasaan lamanya dengan kebiasaan baru. Travis adalah pemuda ‘broken home’ putra pecandu obat yang tidak lulus SMA. Berkali-kali dia dipecat dari pekerjaan karena tidak mampu mengendalikan emosi. Namun setelah menjalani pelatihan pegawai Starbucks yang mengajarkan kekuatan tekad, kini dia sukses menjadi manajer dua cabang kafe terkenal itu. Bagi Travis dan ribuan orang lain, Starbucks  telah berhasil mengajarkan keterampilan hidup yang gagal diajarkan di sekolah, keluarga, dan masyarakat. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: The Power of Habit

Penulis

: Charles Duhigg

Penerbit 

: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)

Tahun

: 2013

Genre 

: Pengembangan Diri

Tebal

: 371 Halaman

ISBN

: 978-979-91-0565-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29808985

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit