Wanita Wajib Melakukan Tes-Tes Kesehatan Ini Cetak E-mail
(3 votes)

Manfaat Tes Kesehatan untuk Wanita

Wanita Wajib Melakukan Tes-Tes Kesehatan IniKetika usia seseorang bertambah, maka massa tulang akan semakin berkurang dan ini menjadi pertanda bahwa kalsium pada tulang juga semakin mengikis. Akibatnya, tulang akan mengalami pelemahan dan risiko terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) juga semakin besar.

Osteoporosis adalah suatu kondisi berkurangnya massa tulang secara nyata yang berakibat pada rendahnya kepadatan tulang. Akibatnya, tulang menjadi keropos dan rapuh. Tulang yang mudah patah akibat osteoporosis antara lain tulang belakang dan tulang pergelangan tangan. Jadi, osteoporosis bisa diartikan sebagai penyakit kelainan metabolik tulang yang ditandai dengan berkurangnya kepadatan tulang secara progresif (halaman 9-10).

Sebagian besar penderita osteoporosis adalah wanita yang telah mengalami masa menopause. Hal ini dipengaruhi oleh hormon estrogen yang merupakan bahan yang sangat penting untuk mempertahankan massa tulang. Pada wanita yang telah mengalami masa menopause, produksi hormon ini sangat berkurang sehingga mempercepat terjadinya pengurangan massa tulang. Tanpa pencegahan yang efektif, seorang wanita bisa kehilangan 20-30% massa tulangnya pada 10 tahun pertama memasuki masa menopause (halaman 12-13).

Tes kepadatan tulang (bone-density test) adalah tes yang digunakan untuk mengestimasi kekuatan tulang dengan menghitung kepadatan tulang. Tes ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui apakah seseorang memiliki atau berisiko terkena osteoporosis ataukah tidak. Tes ini dilakukan secara cepat, mudah, tidak sakit dan tanpa melakukan persiapan apapun. Tes ini direkomendasikan bagi wanita usia 65 tahun atau lebih, atau bagi wanita tengah baya (usia kurang dari 65 tahun) yang mempunyai faktor risiko osteoporosis (halaman 14-17).

Pap smear adalah pemeriksaan sitologi serviks yang kali pertama diperkenalkan pada tahun 1941 oleh Dr. Georgios Papanikolaou. Tes ini terbukti dapat menurunkan frekuensi mortalitas kanker serviks dari 35.000 kasus menjadi 5.000 kasus setiap tahun. Pap smear digunakan untuk mendeteksi kanker rahim yang disebabkan oleh human papillpomavirus (HPV). Ini merupakan pemeriksaan sederhana sebagai penapisan awal dari gejala-gejala kanker serviks (halaman 19).

Tekanan darah adalah tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. Pencatatan tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya terdapat dua angka yang akan disebut oleh dokter. Sejalan bertambahnya usia, hampir setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah. Salah satu faktor penyebab tekanan darah adalah terjadinya pembuluh darah yang menyempit (halaman 35-37).

Banyak sekali faktor yang dapat memicu naiknya tekanan darah, antara lain faktor keturunan, usia, garam, kolesterol, kegemukan, stres, rokok, kafein, alkohol dan kurang berolahraga. Jika tekanan darah tinggi terus berlanjut, maka jantung akan bekerja lebih keras sehingga otot jantung membesar. Peningkatan kerja jantung dapat menimbulkan pembesaran yang dapat berakibat gagal jantung.

Dalam melakukan pemeriksaan darah, seorang petugas kesehatan atau dokter biasanya menggunakan manset dan stetoskop. Manset digunakan untuk melihat ukuran tekanan yang ditunjukkan dengan skala ketinggian dari air raksa pada alat tersebut. Dan stetoskop digunakan untuk mendengarkan denyut aliran darah pada daerah yang diukur (halaman 41). Pemeriksaan tekanan darah sebaiknya dimulai sejak usia 18 tahun dan dilakukan setelahnya, setidaknya dua tahun sekali (halaman 45).

Penyakit periodontal adalah penyakit infeski yang disebabkan bakteri yang terakumulasi di dalam karang gigi yang biasanya terdapat pada leher gigi. Penyakit ini jarang diperbincangkan sehingga kurang familiar di tengah masyarakat. Padahal, dampak dari penyakit ini cukup mengerikan; kehilangan gigi. Penyakit ini bersifat progresif, biasanya menyerang antara usia 30-40 tahun dan lebih sering menyerang kaum wanita. Kunjungan berkala ke dokter gigi sangat dianjurkan untuk mendapat diagnosa dini sekaligus cara perawatannya (halaman 93-95).

Buku ini memberikan sejumlah informasi penting mengenai tes-tes kesehatan untuk para wanita, berikut alasan mengapa harus melakukan tes tersebut. Buku genre kesehatan ini bagus dijadikan salah satu bacaan bermanfaat, khususnya kaum wanita. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: Wanita Wajib Melakukan Tes-Tes Kesehatan Ini

Penulis

: Adi D. Tilong

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 172 Halaman

ISBN

: 978-6027-968-49-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447867

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit