Rhapsody Cetak E-mail
(21 votes)

Perjalanan Merengkuh Impian dan Cinta

RhapsodyPepatah bijak mengatakan, “Sebelum kau memulai sebuah perjalanan, anggaplah dirimu sebagai sebuah stoples kosong. Lalu, dari setiap tempat yang kau kunjungi, ambillah apa pun yang bisa kau ambil. Pergunakan semua indramu untuk mengisi stoples itu. Jadi, ketika pulang ke rumah, stoples itu akan penuh oleh berbagai macam hal berbeda yang telah kau koleksi dari setiap perjalananmu. Dan pada akhirnya, setiap pulang ke rumah, kau akan kembali sebagai orang yang berbeda”.

Rhapsody merupakan novel yang berkisah tentang perjalanan hidup seorang pemuda bernama Abdul Latif (biasa dipanggil Al) dalam meraih impian sekaligus cinta sejatinya. Semua bermula ketika Al pulang ke rumah, usai menyelesaikan studinya di luar negeri. Ayah Al meninggal dunia. Lalu dua tahun berselang, giliran ibu kandungnya dipanggil Tuhan.

Kedua orangtua Al meninggalkan beberapa harta warisan, di antaranya adalah sebuah hotel sederhana berlantai empat bernama “Makassar Paradise”. Selama lebih dari 20 tahun, hotel tersebut berdiri di jajaran salah satu jalan paling ramai di Kota Makassar, yaitu Jalan Penghibur. Waktu itu, hotel tersebut tak pernah sepi pengunjung meski hanya sekelas hotel melati dan lokasinya harus bersaing dengan hotel-hotel berbintang di kanan-kirinya. Bisnis hotel inilah yang selama ini membiayai pendidikan Al dan Siska, kakak perempuan satu-satunya.

Namun, setelah ayah meninggal, bisnis hotelnya terpuruk. Ibu sempat mengambil alih manajemen hotel selama beberapa bulan, namun pengalaman ibu tidaklah ada apa-apanya dengan ayah yang telah mengantongi banyak pengalaman di bisnis perhotelan. Bahkan, satu persatu karyawan hotel memilih berhenti bekerja. Setelah ibu meninggal, hotel tersebut sempat vakum, hingga akhirnya, Al dengan tekad kuat ingin mengelola kembali hotel warisan orangtuanya.

Al merasa lebih ‘sreg’ menamai bangunan berlantai empat itu dengan hostel, bukan hotel. Namun, harapan di benaknya tak sesuai dengan realitas. Selama 3 bulan, sejak hostel tersebut dibuka, wisatawan yang datang menginap bisa dihitung dengan jari. Hingga akhirnya, angin perubahan menerpa perjalanan hidupnya. Sejak ia bertemu dengan Miguel, pria bule asal Spanyol, hostel yang dikelolanya perlahan tapi pasti, mengalami kemajuan yang cukup signifikan.

Kedatangan Miguel tentu bukan tanpa alasan. Meski alasan tersebut masih belum sepenuhnya dicerna logika Al. Jadi ceritanya, dulu, saat Al berada di kota Berlin (tepatnya saat ia baru saja patah hati dikhianati oleh Nadia, kekasihnya) ia pernah menolong mengangkatkan lemari ke sebuah flat yang dihuni oleh seorang perempuan tua bernama Agatha Carrion, yang ternyata adalah ibu kandung Miguel. Waktu itu, Al sempat berfoto bersama dengan Agatha. Dan setelah perempuan malang itu meninggal dunia, Miguel yang lama tidak tinggal dengan ibunya, menemukan foto ibunya bersama Al. Lantas, Miguel merasa bahwa Al adalah salah satu orang yang pernah berjasa pada ibunya. Karena alasan ‘balas budi’ itulah ia datang ke Indonesia untuk mencari keberadaan Al.

Setiap manusia di dunia ini, pasti akan berhadapan dengan beragam ujian hidup. Begitu juga dengan Al. Ketika bisnis hostelnya kian laris didatangi para wisatawan asing, satu per satu masalah datang menyambangi kehidupannya. Siska, kakak perempuannya, menyarankan Al untuk menjual hostel tersebut. Sari, mantan pacar Al datang dengan membawa pesona baru yang mampu memikat hati kaum lelaki.

Cinta lama bersemi kembali. Itulah yang dirasakan Al saat bertemu dengan Sari. Sayangnya, meskipun Sari juga mengagumi pribadi Al yang tampan berwibawa, ia belum merasa yakin untuk kembali merajut hubungan asmara bersama Al. Sederet konflik lain, masih terus berdatangan menyambangi kehidupan Al.

Menariknya, novel karya Mahir Pradana, pria yang hobi travelling ini mampu mengetuk kesadaran warga negara Indonesia, untuk lebih peduli dengan negeri ini yang memiliki kekayaan tempat-tempat pariwisata, seperti keindahan sunset Pantai Losari, dan masih banyak lagi yang lainnya. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: Rhapsody

Penulis

: Mahir Pradana

Penerbit 

: GagasMedia

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Romantis

Tebal

: 322 Halaman

ISBN

: 979-780-65-61

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ROMANTIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29045904

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit