Alim Total, Kaya Total! Cetak E-mail
(1 vote)

Amalan-Amalan Di Balik Para Ustadz Kaya

Alim Total, Kaya Total!Barang siapa yang niat mencari akherat di tiap aktivitasnya, maka akan dimudahkan persoalan duniawinya. Sebaliknya, siapa saja yang niat mencari dunia di tiap aktivitas hidupnya, makan akan dipersempit urusan dunia dan akheratnya. Pesan bijak tersebut kiranya yang bisa menjadi landas pijak dan “alat teropong” untuk melihat para ustadz-ustadz kaya secara materi yang dikupas dalam buku ini.

Di satu sisi, mereka bekerja layaknya orang lain, tapi di sisi lain mereka juga usaha di luar kerja, yakni membina kedekatan pada Tuhan lewat berbagai amalan-amalan spesial. Dalam buku ini, penulis mencoba menelisik amalan-amalan tersebut.

Salah satunya amalan ustad yang dikupas adalah amalan KH. Zainudin MZ. Dibalik, kesuksesan dan kepopuleran tersebut tenyata dia memiliki amalan spesial. Seperti diakui oleh anaknya, Haikal Fikri, ayahnya selalu mengamalkan tadarus al-Qur’an usai shalat Maghrib. Selain itu, Zainudin MZ selalu menghibahkan amplop usai mengisi pengajian kepada panitia yang mengundangnya. (hal.13-15)

Gemar bersedekah juga merupakan amalan spesial ustadz Yusuf Mansyur. Sedekah itulah yang menghantarkan ketenaran sekaligus kekayaan pada dirinya. Ia begitu yakin, dengan bersedekah, rezeki akan bertambah.

Bagi dirinya meyakini hal tersebut  pun bukan hal instan. Butuh waktu dan proses panjang. Pada tahun 1996, ia terjun ke bisnis informatika yang menyebakan ia terlilit utang miliaran rupiah. Bebas dari lilitan utangnya, ia pun kembali berbisnis tapi kembali gagal. Kegagalan kedua tersebut sampai menghantarkannya ke bui.  Baru saat dipenjara itulah ustadz Yusuf Mansyur menemukan hikmah keutamaan sedekah. Ia memercayai bahwa sedekah akan bisa memberikan perubahan pada hidup seseorang.

Sekeluarnya dari penjara, ia pun berdagang es kacang hijau. Hampir gagal. Ia pun kemudian nekad membagikan es tersebut pada para pengemis dengan cuma-cuma. Dengan cara itu usahanya terus berkembang dan hidupnya pun berubah. Menurutnya, sedekah dilaksanakan tidak menunggu kaya dan ikhlas. Agar menjadi ahli sedekah, langkah awal adalah dengan terus bersedekah dan latiah niat agar ikhlas. (hal. 25-33)  

Ustadz Saleh Muhammad, atau yang akrab dipanggil Ustadz Solmet itu juga menjadi kaya dan tenar berkat kegemaranya beramal dan bersedekah. Menururt pengakuan tetangganya, sebulan sekali, tepatnya di minggu pertama, ia selalu mengadakan pengajian. Ia juga sering memberangkatkan umrah gratis para jamaahnya, yaitu dengan mengupulkan foto kopi KTP dan foto terus dikocok, yang terpilih langsung pergi umrah gratis.

Kegemarannya beramal tersebut timbul karena ia sadar betul akan manfaatnya, di antaranya akan menghilangkan rasa khawatir dan takut, menambah rasa kasih sayang pada sesama, serta akan dilapangkan rezekinya oleh sang Maha Kuasa. (hal.131-140)

Bila ketiga ustadz kodang itu memiliki amalan berupa sedekah, sementara ustadz Arifin Ilham, kaya dengan berdzikir. Ia selalu menyeru jamaahnya untuk selalu berdzikir. Bukan semata-mata agar terhindar dari mala petaka ataupun agar cepat kaya, melainkan agar dapat mencintai Allah SWT. secara lebih total.

Kedekatan ustadz Arifin Ilham dengan Allah melalui dzikir baik yang dilakukannya sendiri atau berjamaah membuatnya banyak memdapatkan pertolongan dari Allah. Berkat hidayah-Nya juga jamaah pengajian dan dzikirnya terus meningkat jumlahnya. (hal.58-63) 

Mengamalkan sebuah dzkir tertentu juga merupakan jalan yang ditempuh oleh Jefri al- Bukhari. Ustadz yang semasa mudanya pernah menjadi dancer salah satu club malam ini, setelah total menekuni dunia dakwah ia tidak berhenti belajar ilmu agama. Selain itu, ia pun selalu mengamalkan ayat tujuh atau yang sering disebut Ayat Munjiat. Ayat munjiat tersebut diambil dari beberapa surat al-Qur’an yang terkumpul dalam kitab Majmu’ Syarif. Ayat-ayat ini terkenal sebagai ayat pelindung dan penyelamat. (hal.71-75)

Beda lagi yang menjadi amalan Ustadz Ahmad Satroni Ismail. Di balik kekayaan dan ketenarannya ternyata tersimpan sebuah amalan, yakni gemar menjalin tali silaturrahmi. Ia menegaskan, rezeki banyak dihasilkan dengan menjalin komunikasi. Orang yang rezekinya banyak itu karena menjalin komunikasi. Silaturrahmi merupakan satu bentuk komunikasi yang baik dan efektif.

Selain mereka masih banyak ustadz-ustadz lain dengan beragam amalan yang berbeda. Sebut saja Ustadzah Lulu Susanty Ustadz  Nazarudin Umar, Ustadz M. Nur Maulana, dll. kekayaan para ustadz tersebut, selain kerja keras secara lahir, tenyata juga berkat kedekatan mereka pada Allah secara bathin. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Alim Total, Kaya Total!

Penulis

: Nur Solikhin

Penerbit 

: Saufa

Tahun

: 2014

Genre 

: Motivasi

Tebal

: 188 Halaman

ISBN

: 978-602-255-545-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447823

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit