Tes Seleksi Pilot Dan Pramugari Cetak E-mail
(9 votes)

Meningkatkan Kemampuan dalam Bidang Pilot dan Kepramugarian

Tes Seleksi Pilot Dan PramugariMenjadi pilot dan pramugari merupakan hal menarik bagi sebagian orang. Bahkan mungkin telah menjadi cita-cita mereka sejak kecil. Namun kenyataannya, tidak banyak yang berhasil diterima bekerja di kedua jenis profesi yang penuh dengan tantangan itu. Karena ada banyak persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi, bukan hanya keterampilan dan kemampuan terbang (teknis dan non teknis) atau pelayanan pelanggan semata, melainkan yang terpenting adalah menyangkut aspek keamanan, keselamatan, serta kenyamanan penerbangan.

Keselamatan penumpang adalah hal utama dalam dunia penerbangan. Seluruh awak udara, mulai pilot, co-pilot, navigator, teknisi, sampai ke pramugara/pramugari bertanggung jawab terhadap aspek keselamatan, kemananan, dan pelayanan penumpang dalam satu perjalanan udara. Tentu, pekerjaan ini bukan suatu tugas ringan yang mudah dilaksanakan. Akan tetapi, jika tugas ini dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi, maka setiap perjalanan udara akan dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi setiap penumpang pesawat udara (halaman 10).

Sebelum melakukan penerbangan, awak udara wajib mengikuti briefing tentang keselamatan penerbangan. Mereka harus memeriksa sistem keselamatan dan kondisi darurat, lokasi, serta jumlah peralatan darurat dan fitur lain yang khusus untuk setiap jenis pesawat. Mereka juga harus mengecek keterangan verifikasi boarding, seperti penumpang berkebutuhan khusus, pengecekan kondisi cuaca semisal antisipasi turbulensi, dan lain sebagainya (halaman 12).

Awak udara juga harus memantau kabin untuk setiap bau yang tidak sedap atau situasi lainnya. Mereka juga membantu pemuatan barang-barang di bagasi, memeriksa berat, ukuran, dan barang-barang berbahaya. Mereka harus benar-benar memastikan bahwa baris kursi menuju pintu keluar darurat dapat ditempati oleh para penumpang dan membantu evakuasi serta memindahkan penumpang yang tidak mau duduk di baris pintu keluar darurat ke kursi lain (halaman 13).

Seorang pramugari dilatih untuk menangani berbagai keadaan darurat dan juga dilatih menangangi kecelakaan pertama. Situasi yang kerap dan mungkin akan terjadi adalah pendarahan hidung, penumpang mabuk, agresif, luka kecil, hingga penunpang yang menderita kecemasan tinggi. Pelatihan darurat mencakup penolakan lepas landas, pendaratan darurat, situasi medis dalam penerbangan, evakuasi darurat, pendaratan air dan laut, keterampilan bertahan hidup di gurun, dll (halaman 14).

Menjadi pramugari tidak sekadar bermodalkan wajah cantik, akan tetapi ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi. Misalnya, memiliki pengalaman dalam layanan penerbangan, telah lulus dalam pemeriksaan latar belakang dan kesehatan (halaman 21-22). Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan bagi seseorang yang ingin lolos seleksi dalam tes seleksi pramugari; sehat jasmani dan rohani, tidak berdandan secara berlebihan, memiliki kemampuan akademik, percaya diri saat tes wawancara, dan rajin mencari informasi mengenai kepramugarian beserta tugas-tugasnya (halaman 28-30).

Tes wawancara sering menjadi momok menakutkan dalam seleksi rekrutmen kerja, termasuk dalam kompetisi menjadi pramugari maskapai penerbangan. Ada banyak pertanyaan yang akan diajukan saat tes wawancara pramugari. Antara lain seputar prestasi yang pernah diraih, mengapa memilih profesi sebagai pramugari, bagaimana cara mengatasi sebuah kesulitan besar dalam hidup ini, menceritakan latar belakang pendidikan dan pekerjaan sebelumnya, dll (halaman 285-286).

Menjadi seorang pilot bukan hanya masalah skill, tetapi juga masalah mental yang kuat. Berikut ini beberapa persyaratan umum dan tahapan seleksi pilot yang perlu diperhatikan; harus lulus tes bahasa Inggris dan tes pengetahuan umum penerbangan, lulus tes kesehatan (meliputi jantung, mata, dll), mampu dengan cepat dalam berkalkulasi matematik dan fisika, dan lain sebagainya. Ketika calon pilot mengikuti tes wawancara, pertanyaan yang diajukan sangatlah subyektif. Namun pertanyaan umumnya seputar rumus persamaan kuadrat, menggambar peta Indonesia, letak-letak kota di Indonesia, nama-nama bandara, menceritakan tentang kepribadian diri serta kebiasaan berbicara dengan bahasa Inggris sejak bangun tidur hingga tidur lagi, serta mempraktikkan baris berbaris (halaman 34-43).

Buku ber-genre psikotes ini tidak hanya membahas tanggung jawab atas aspek keamanan, keselamatan, dan kenyamanan penerbangan serta standard operating procedure (SOP) penerbangan. Tetapi juga memuat beberapa tahapan seleksi dan jenis-jenis tes untuk calon pilot dan pramugari. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: Tes Seleksi Pilot Dan Pramugari

Penulis

: Dwi Sunar Prasetyono

Penerbit 

: Saufa

Tahun

: 2014

Genre 

: Psikologi

Tebal

: 300 Halaman

ISBN

: 978-6022-555-01-8

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PSIKOLOGI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225581

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit