Demi Waktu; Jaga Waktumu Sebelum Kau Kecewa Cetak E-mail
(1 vote)

Kiat Jitu Mengelola Waktu

Demi Waktu; Jaga Waktumu Sebelum Kau KecewaTidak ada satu pun yang sanggup menghentikan laju waktu. Kendati hanya rangkaian detik demi detik, waktu begitu perkasa dan luar biasa. Membawa sebuah perubahan dan menghantar sesuatu pada titik pasti; mati, rusak, atau binasa. Anehnya, waktu merupakan sebuah hal yang paling banyak terlupakan. Memang tak berbentuk, tapi selalu membawa kejutan yang tak sederhana. Keberuntungan bagi mereka yang berhasil memanfaatkan dan kerugian bagi mereka yang menyia-nyiakannya.

Lewat buku Demi Waktu ini penulis mencoba mengingatkan kita tentang arti penting waktu; bagaimana mengelola dan memanfaatkan dalam rangka meraih keberhasilan dan kebahagiaan di dunia dan kelak di akherat.

Sebetulnya, Allah telah mengingatkan tentang pentingnya waktu. Ini ditunjukkan dengan banyaknya ayat-ayat al-Qur’an yang menggunakan lafadz bermakna waktu atau masa untuk mengungkapkan sebuah sumpah, seperti dalam surat al-Lail ayat 1-2, al-Fajr ayat 1-2, al-Ashr ayat 1-2, dll. (hal. 18-19). Sehingga kalau orang Barat mengungkap pentingnya waktu dengan kalimat “time is money”, maka bagi kita, “waktu adalah nyawa”. Menyia-nyiakan waktu sama saja dengan bunuh diri (hal. 26). Selain kesehatan, waktu adalah anugerah terbesar yang diberikan Allah pada manusia (hal. 30).

Setelah sadar akan pentingnya waktu, selanjutnya kita harus mensyukurinya, yakni menggunakan waktu sesuai perintah Sang Pemberi Waktu. Mensyukuri dengan cara beribadah yang baik, mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan Allah merupakan bentuk balasan kita atas segala karunia terbesar itu. Karena sesungguhnya, tidak ada alasan lain seseorang diciptakan di bumi, kecuali untuk beribadah kepada-Nya (hal. 34-35).

Menggunakan seluruh waktu dan kesempatan untuk beribadah bukan berarti selalu shalat, selalu membaca al-Qur’an, atau selalu hadir dalam majlis taklim dengan mengesampingkan tugas-tugas lain. Akan tetapi, mengarahkan semua kegiatan dan aktivitas kita pada sebuah hal yang bermanfaat bagi diri dan orang lain. Sehingga, setiap gerak indra kita tidak kosong, tapi bernilai ibadah yang berpahala. Misalnya, mata untuk membaca, telinga untuk mendengar nasehat-nasehat baik, mulut utuk mengucapkan kata-kata sopan nan indah dan membaca kitab Allah, tangan untuk menolong, kaki untuk menuju tempat ilmu, dan hati untuk menangkap makna ayat-ayat-Nya (hal. 63).

Tentu memanfaatkan waktu bukan hal mudah. Ada setan yang tak henti menggoda setiap hamba. Melalaikan mereka dengan hal-hal yang tak berguna dan cenderung merugikan. Sayang, setan terlalu lihai, sehingga mereka tak sadar telah tertipu. Padahal setan hanya membawa mereka ke dalam kesenangan sekejap yang akan berbuah penyesalan tak berbatas di akherat kelak. (hal. 74).

Untuk mengalahkan setan, tak ada jalan lain selain melawan. Sering setan muncul pada waktu senggang dengan menggiring seseorang pada situasi bermalas-malasan. Dari sana saitan akan “menjerat” kesadaran seseorang sehingga akan mudah melupakan pentingnya waktu yang tersiakan. Oleh karena itu, menggunakan setiap waktu luang untuk kebaikan adalah langkah awal untuk menepis rayuan setan. Kerjakan hal-hal yang bermanfaat. Tinggalkan hal yang tak berarti, terutama bagi akherat.

Seseorang yang tak sanggup melepaskan diri dari jerat setan hanya sanggup menaruh harapan berbukit-bukit, tanpa mau bangkit untuk bekerja meraih harapan demi harapan itu. Tentu tak salah menaruh harapan tapi harus pada tempat yang benar. Tempat harapan ada dua. Pertama, mengharapkan ampunan bagi diri kita dengan taubat ketika kita merasa ampunan itu terlampau jauh dari bentangan dosa yang telah kita gelar. Kedua, mengharap kenikmatan surga sehingga kita tidak hanya membatasi diri untuk melakukan hal-hal yang wajib. Sedang untuk urusan duniawi, kita tak cukup hanya menancapkan angan dan harapan. Kita harus bangkit, berusaha sendiri untuk mewujudkan. Memetik rezeki yang telah ditebarkan Sang Maha Pemurah dengan memadukan antara usaha, doa, dan harapan (hal. 86-87).

Untuk menegaskan betapa pentingnya sebuah waktu, penulis juga menghadirkan kisah para ulama besar. Tentu beragam, tapi ada satu benang merah yang menyatukan, yakni bahwa mereka bisa mejadi ulama besar karena sanggup memanfaatkan waktu dengan benar. Seutuhnya untuk menjalankan fungsi mereka di dunia; menjadi hamba yang tak ada tugas lain kecuali beribadah pada Sang Khaliqnya.

Siapapun yang menggunakan waktu untuk sesuatu hal tidak berguna, ia pasti telah kehilangan waktu untuk hal yang berguna karena waktu hanya datang sekali dan tak terulang selamanya. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Demi Waktu; Jaga Waktumu Sebelum Kau Kecewa

Penulis

: Fitria Septiani

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam

Tebal

: 216 Halaman

ISBN

: 978-6022-556-06-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM - WAKTU

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28562101

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit