ON Cetak E-mail
(2 votes)

Jurus Move On dengan 4 ON

ONMove on artinya bergerak. Berpindah dari sebuah situasi ke situasi lain. Perpindahan ke arah lebih tinggi yang lebih berkelas alias lebih baik dari sebelumnya. Jika saat ini kita tengah mengalami kegalauan atas beragam problema hidup yang datang menerpa, itu tandanya kita harus segera move on. Bahkan, bagi Anda yang merasa hidupnya baik-baik saja pun, move on tetap diperlukan. Sebab, dunia ini terus berubah. Bahkan, tubuh kita pun mengalami perubahan-perubahan tanpa kita mampu menghentikannya.

Hidup itu ibarat mengayuh sepeda. Agar tetap seimbang, kita harus move on, demikian kata Albert Einstein. Jika kita memilih berhenti mengayuh, sepeda pun akan jatuh. Jika kita tidak mau berubah, dunia akan terus mengalami perubahan dan itu artinya ‘nasib’ kita akan tertinggal, bahkan kemungkinan kita akan menjadi barang rongsokan yang bernilai rendah dan akhirnya dicampakkan di tempat sampah. Dan saat usia kian menua, kita hanya menjadi beban bagi orang-orang di sekitar kita.

Salah satu ciri kehidupan adalah mengalami perubahan secara berkala. Bertumbuh dari yang awalnya kecil menjadi besar. Ibarat bayi yang tidak pernah berhenti mengalami pertumbuhan. Dari merangkak, kemudian latihan berdiri, berjalan, berlari, demikian seterusnya sampai ia tumbuh menjadi anak-anak, remaja, dewasa hingga akhirnya lanjut usia. Jadi, jika dalam hidup ini kita hanya bersikap statis, tidak mau berubah, maka pada hakikatnya kita telah mati sebelum masanya (hal 10).

Perubahan itu sendiri bukan hal yang mudah, tidak selalu indah dan menyenangkan. Perubahan itu butuh perjuangan keras, step by step, telaten, sabar dan pantang menyerah. Itulah sebabnya banyak orang tidak mau melakukan perubahan (move on) karena mereka cenderung memilih kehidupan yang mudah dan serba instan. Padahal, tanpa melakukan perubahan, kehidupan yang kita jalani terasa hambar. Imbasnya, kita akan terjebak pada rutinitas itu-itu saja yang menjemukan bahkan tak jarang menyebabkan stres dan munculnya beragam penyakit.

Jamil Azzaini, dalam buku ini mengajak pembaca mengatasi beragam persoalan hidup dengan menggunakan jurus 4 cara (4 ON), yakni visi-ON, acti-ON, passi-ON, dan collaborati-ON. Dalam hidup ini, setiap orang tentu memiliki banyak keinginan. Di antara beragam keinginan itu, pasti ada keinginan terbesar yang ingin diraih, inilah visi-ON. Segera temukan visi-ON hidup kita, sebab hidup tanpa visi ibarat bepergian jauh tanpa memiliki arah tujuan (hal 12).

Memiliki visi saja tentu tidak cukup. Harus ada acti-ON agar visi kita dapat terwujud. Action cerdas dalam rangka mewujudkan vision adalah action yang sesuai passi-ON. Gabungan antara vision, action, dan passion akan menghasilkan karya berkualitas dan bisa dibanggakan. Hidup menjadi lebih berenergi, dinamis, dan selalu kreatif menciptakan hal-hal baru.

Rezeki setiap orang tidak pernah tertukar. Tugas kita adalah mengusahakannya (action) dengan kerja keras, cerdas, dan ikhlas. Kerja keras yang dilakukan berulang-ulang akan melahirkan myelin (muscle memory). Myelin adalah sumber dari segala talenta yang dibentuk melalui latihan terpogram. Myelin ini tersebar merata dalam bentuk sistem saraf pada otot-otot manusia yang memberi perintah dan menyimpan informasi (hal 90-91).

Action tidak sekadar action. Tapi harus disertai passion. Melakukan sesuatu tanpa passion, ibarat robot. Hidup hanya asal hidup. Action-nya hanya karena tugas dan kewajiban, tidak ada penjiwaan dan semangat. Hasilnya bisa ditebak; tidak akan berkembang atau bahkan berantakan. Yang lebih tragis, kehidupan orang yang melakukan action tanpa passion akan terasa hampa, terjebak rutinitas, menjenuhkan, dan miskin kreativitas. Agar action dalam hidup ini selalu bergairah dan menyenangkan, segera temukan profesi yang benar-benar kita cintai, inilah yang dinamakan passion, melakukan sesuatu dengan cinta (hal 154-159).

Manusia adalah makhluk sosial. Ia tak dapat hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain. Adam sebagai manusia pertama juga merasa kesepian hidup sendiri. Ia butuh pendamping yang akan membuat hidupnya terasa lebih harmoni. Maka diciptakanlah Hawa sebagai pendamping Adam. Dalam profesi apa pun, kita juga membutuhkan orang lain untuk diajak berkolaborasi (collaborati-ON).

Pada dasarnya, kolaborasi akan menghasilkan kekuatan serta keuntungan lebih besar. Sebuah pertunjukan musik yang indah adalah hasil kolaborasi dari berbagai pemain musik yang memiliki ragam keahlian. Terkait hal ini, berkolaborasi dengan orang-orang hebat akan memperbesar peluang tertular menjadi hebat (hal 193-199).

Setelah mempraktikkan 4 ON, jangan terburu ingin meraih hasilnya. Sebab, tiap kesuksesan pasti butuh proses panjang berliku. Nikmatilah proses itu dengan sabar, tekun, pantang menyerah, terus memperbaiki diri dan selalu mendekatkan diri kepada-Nya agar setiap jalan yang kita tempuh senantiasa dimudahkan dan menuai hasil sesuai harapan. (Sam Edy Yuswanto)
 
 
 

Judul

: ON

Penulis

: Jamil Azzaini

Penerbit 

: Mizania

Tahun

: 2014

Genre 

: Motivasi

Tebal

: 280 Halaman

ISBN

: 978-6029-255-48-5

 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203398

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit