Buku Saku Olah Jiwa Cetak E-mail
(13 votes)

Rahasia Meraih Kebahagiaan Hidup

Buku Saku Olah JiwaAl-Hakim Al-Tirmidzi merupakan seorang ahli hadits yang selalu meriwayatkan serta mengamalkannya dengan benar. Maka tak heran, bila dalam buku yang membahas tentang etika jiwa ini, ia melandasinya dengan dalil-dalil yang bersumber dari kitab Alquran dan as-sunnah atau hadits-hadits nabi.

Buku ini merupakan salah satu karyanya yang mampu menyentuh hal paling mendasar tentang jiwa manusia dan juga mengulas mengenai tipu daya hawa nafsu sekaligus tingkatan para manusia dalam hal beribadah kepada-Nya. Bagi umat Islam, membersihkan jiwa dari setiap hal yang dapat mengotorinya adalah sebuah keniscayaan, agar bisa meraih ketenangan sekaligus kebahagiaan dalam hidup ini.

Allah memerintahkan kepada setiap hamba untuk mengesakan-Nya, baik melalui perkataan, perasaan, maupun perbuatan. Allah menjadikan hati sebagai penguasa tubuh dan hawa nafsu sebagai penggerak tubuh serta pembawa kerancuan pada kalbu. Setan akan berusaha selalu membujuk, membisiki dan menggoda hati manusia. Hawa nafsu memang kerap menanggapi dan tertarik dengan bisikan itu, akan tetapi hati orang-orang mukmin akan tetap tenang dengan imannya dan kalimat tauhid selalu menghiasi lidahnya.

Ketika tiba waktu menunaikan kewajiban, hawa nafsu kembali hadir menggoda dan setan pun melancarkan bisikan, sehingga jiwa cenderung mengikuti godaan hawa nafsu. Akibatnya, seseorang yang terbujuk oleh hawa nafsunya akan mudah melakukan tindakan kezaliman yang merugikan diri sendiri bahkan orang-orang yang ada di sekitarnya (hal 14-15).

Barang siapa tidak mampu mengolah jiwanya dengan baik, maka kemampuannya dalam menerima ketentuan dan kehendak Allah tergantung pada kekuatan imannya. Kesabaran dalam memikul beban berat di dalam jiwa, tergantung pada tingkat ketakwaan mereka. Kesanggupannya menghadapi beragam peristiwa kehidupan yang tidak menyenangkan tergantung pada hati mereka. Allah memerintahkan kita untuk melatih jiwa dan menjauhkannya dari sikap-sikap tercela, misalnya menginginkan sesuatu yang tidak diridhoi-Nya (hal 30-31).

Seorang hamba jika mampu menundukkan hawa nafsunya dan senantiasa merawat hatinya dengan baik, maka semua kotoran atau penyakit hati akan luruh. Hati akan menjadi bersih dan berkilau seperti emas yang baru ditempa. Seluruh debu dan noda yang menempel akan sirna, sebab hawa nafsu dan syahwat adalah dua unsur yang mengotori hati; perbuatan maksiat menimbulkan noda hitam pada permukaan hati (hal 57).

Sabar adalah salah satu kunci keimanan. Secara umum, sabar terbagi menjadi dua macam. Pertama, sabar atas musibah. Kedua, sabar terhadap ajakan hawa nafsu. Jika jiwa kita terlatih untuk tidak menaati hawa nafsu, maka kita pun akan menjadi pribadi yang terbiasa menolak ajakan hawa nafsu. Pada saat itulah, iman kita akan meningkat dan hati akan merasa lebih dekat dengan Sang Maha Pencipta (hal 63).

Budi pekerti yang buruk adalah akibat penelantaran jiwa, minimnya perhatian terhadap perintah Allah dan ketidaktahuan tentang-Nya. Seandainya mereka mengenal Allah dengan lebih dekat, mereka pasti tidak akan termakan bisikan dan bujukan nafsu. Nafsu hanya bisa memperdayai orang yang tidak mengenal Tuhan. Setan tidak akan sanggup melancarkan tipu dayanya ke dalam jiwa orang yang mengetahui Tuhan dan mengenal nafsu. Karena nafsu hanya bisa memperdayai hati yang dikuasai oleh syahwat (hal 90).

Hawa nafsu memang hanya akan mengajak manusia pada kenikmatan dunia semata. Hawa nafsu senantiasa rindu dan cenderung kepada dunia. Ia akan berontak ketika dibebani perintah dari Allah, seperti bumi yang berontak ketika dibebani makhluk di atasnya. Untuk menenangkan bumi, maka Allah menciptakan gunung sebagai pasaknya (hal 136).

Buku Saku Olah Jiwa setebal 214 halaman ini akan memandu kita menjadi hamba yang senantiasa tunduk pada perintah-Nya sehingga kita dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: Buku Saku Olah Jiwa

Penulis

: Al-Hakim Al-Tirmidzi

Penerbit 

: Zaman

Tahun

: 2013

Genre 

: Islam

Tebal

: 214 Halaman

ISBN

: 978-6021-687-03-1

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28289552

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit