Prinsip Mengajar Berdasar Sifat-Sifat Nabi Cetak E-mail
(2 votes)

Guru Sebagai Penggerak Utama Siswa

Prinsip Mengajar Berdasar Sifat-Sifat NabiMendidik, mengajar, membimbing, dan melatih adalah, hal yang berbeda. Mendidik, lebih condong ke arah upaya pembinaan pribadi, sikap mental, dan akhlak anak didik. Tak sekadar transfer of knowledge, tetapi juga transfer of values, mencakup aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif, agar tumbuh sebagai manusia yang berkepribadian. Mengajar, lebih condong ke usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran sehingga menimbulkan terjadinya proses belajar pada diri siswa. Guru mendapatkan peran sebagai organisator kegiatan belajar siswa. Membimbing, lebih condong ke arah pemberian motivasi dan pembinaan. Cara penyampaian atau transfer bahan ajar menggunakan metode dan strategi yang sesuai dengan perbedaan individual masing-masing siswa. Sedangkan melatih, lebih condong ke hal keteladanan/menjadi contoh dalam hal moral dan kepribadian, yakni melalui praktik kerja, simulasi, atau magang (halaman 17-22).

Sebagai seorang pendidik, guru menempati posisi penting tak tertawar. Di samping harus dapat menempatkan diri sebagai teladan bagi siswanya, mengenal karakter siswa didik, mengetahui metode-metode penanaman nilai, ia juga harus memiliki pengetahuan tentang materi yang akan diajarkan. Sebagai pengajar ia dituntut menguasai keterampilan membuat ilustrasi, mendefinisikan, menganalisis, membuat sintesis, merespons, mendengarkan, menciptakan kepercayaan, memberikan pandangan yang bervariasi, menyediakan media untuk mengkaji materi standar, serta memaksimalkan semangat ketika mempelajari materi standar. Sebagai pembimbing seorang guru diharapkan mampu merencanakan tujuan dan mengidentifikasi kompetensi yang hendak dicapai serta melihat keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Selain itu seorang guru juga diharapkan mampu menjadi seorang penasihat, pembaru, role model sekaligus teladan, pembangkit visi, pemindah ‘kemah’, pembawa ‘cerita’, sebagai aktor dalam mengarahkan kegiatan, emansipator atas anak didik yang mengalami keterpurukan, evaluator sekaligus kulmintaor atas sistem belajar yang telah ia rancangkan untuk anak didik (halaman 27-40).

Selain hal-hal di atas, buku ini juga dengan rinci membahas hal-hal apa saja yang layak dihindari serta sikap-sikap yang harus dimiliki seorang guru, sosok yang digugu dan ditiru. Di antaranya; masuk kelas tanpa persiapan, plin plan dalam bersikap, mengeluarkan ancaman, meninggikan suara, tidak adil, membiarkan suasana kelas yang membosankan, serta menampakkan perilaku negatif saat mengajar.

Alangkah baiknya seorang guru mencontoh sifat-sifat mulia Nabi Muhammad ketika mengajar, di mana kita sudah mafhum bahwa beliau adalah guru yang amat mumpuni. Jujur adalah sifat utama yang harus dimiliki, selain bisa dipercaya, menyampaikan ilmu dengan benar dan tepat sasaran, cerdas dalam memilih strategi pembelajaran, ikhlas, disiplin, mampu mengontrol emosi, rendah hati, senang memakai jalan musyawarah, memiliki jiwa humoris, sabar, serta penuh kasih terhadap anak didik. Pun dalam hal strategi belajar mengajar. Saat transfer ilmu kepada para sahabatnya, Nabi selalu menerapkan beberapa sikap; mendorong murid menjadi seorang pembelajar, menciptakan suasana belajar yang nyaman, menerapkan metode praktik langsung, mengajari sesuai kemampuan murid, sering menciptakan variasi dalam mengajar (baik dengan variasi suara, pemusatan perhatian murid, kesenyapan atau kebisuan guru, kontak pandang, mimik wajah, dan atau gerak-gerik guru), memudahkan dan tidak memberatkan, mengajar dengan cerita-cerita, atau juga menggunakan teknik visual.

Di samping guru sebagai subjek, murid yang merupakan objek dari kegiatan belajar mengajar juga menempati posisi urgen dalam hal penentuan metode yang akan dipilih. Cara ajar terhadap anak usia dini, tentu saja berbeda dengan cara ajar terhadap anak usia puber. Buku ini mengajak kita memahami bahwa persoalan belajar mengajar bukanlah hal sepele, sebab berkaitan dengan pembentukan karakter anak didik yang kelak akan mewarnai sekaligus menggantikan peran kita.* (Adi Zam-Zam)

 

Judul

: Prinsip Mengajar Berdasar Sifat-Sifat Nabi

Penulis

: Sitiatava Rizema Putra

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2014

Genre 

: Pendidikan

Tebal

: 216 Halaman

ISBN

: 978-6022-554-97-4

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENDIDIKAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447861

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit